top of page

Ide Game Seru untuk Liburan Keluarga

Berlibur bersama keluarga adalah salah satu agenda yang wajib kamu lakukan, terutama jika kamu sudah terjebak dalam rutinitas sehari-hari dan penat dengan pekerjaan. Salah satu agenda wajib yang biasanya dilakukan oleh keluarga adalah merancang liburan bersama keluarga, baik itu liburan sekolah atau libur di akhir pekan.


Selain menentukan tempat menginap, seperti Villa Bango di kawasan puncak, untuk menjamin bahwa liburanmu bersama keluarga lancar, maka kamu harus lebih dulu membuat itinerary bersama pasanganmu, termasuk di dalamnya adalah ide-ide games yang bisa membuat pengalaman berlibur kamu bersama keluarga semakin lengkap dan akan terus diingat. Berbagai fasilitas Villa Bango seperti lapangan basket, atau badminton bisa menjadi fasilitas yang kamu maksimalkan untuk bermain games bersama keluarga. Nah, berikut ini beberapa ide game seru untuk liburan keluarga yang bisa kamu lakukan.



Game Skenario

Ide game yang pertama adalah game yang hanya bermodalkan barang-barang sekitar saja. Ide game yang pertama ini sebenarnya sangat simpel, yaitu keluarga dibagi menjadi grup dengan jumlah genap, 2 atau 4 grup, dengan jumlah member bebas.


Cara bermainnya pun mudah, setiap anggota diharuskan menjelaskan tentang sebuah narasi atau skenario, dengan menyertakan barang yang telah disediakan. Anggota yang kehabisan ide cerita atau tidak mampu menjelaskan untaian kalimat dari anggota sebelumnya, maka tereliminasi.


Untuk game yang satu ini, akan lebih seru jika kamu melakukannya di lapangan basket atau lapangan bulu tangkis yang disediakan oleh Villa Bango.



Rute Ranjau

Ide Game Seru untuk liburan bersama keluarga yang kedua adalah ladang ranjau. Sama seperti game yang pertama, untuk Rute Ranjau, properti yang digunakan juga barang-barang seadanya. Bisa batu, cone atau bola.


Peraturannya juga lumayan simpel yaitu setiap tim terdiri dari dua orang, yang dibagi menjadi orang yang berjalan di atas ranjau, dan satu lainnya sebagai pemandu. Untuk pemandu hanya bertugas menjadi orang yang mengarahkan saja, sementara untuk orang yang berjalan menggunakan penutup mata dan menuju garis akhir hanya mengandalkan suara dari anggota tim lainnya.


Jika ingin lebih menarik lagi, kamu juga bisa membuat rute sendiri dengan hanya bermodalkan tali rafia. Atau juga memaksimalkan fasilitas fun games dari Villa Bango dengan harga dimulai dari Rp 125ribu per orang.


Saling Ikat


Ide game seru yang ketiga ini mungkin lebih cocok jika kamu pergi bersama keluarga besar atau jika kamu memiliki anggota keluarga yang banyak. Untuk game saling ikat ini, kamu membutuhkan minimal 8 orang untuk berpartisipasi.


Cara mainnya juga sangat mudah, para pemain membentuk lingkaran. Pada hitungan ketiga, setiap orang harus mengulurkan tangan kanan dan mengambil tangan siapapun. Selanjutnya, lakukan hal yang sama untuk tangan kiri, jadi setiap orang memegang tangan masing-masing.


Tahap terakhir adalah setiap orang perlu melepaskan tangan dengan waktu yang telah ditentukan. Siapa yang melepaskan paling terakhir akan kalah.


Tebak Barang


Jika kamu ingin game seru untuk liburan bersama keluarga yang simpel namun sangat seru, mungkin ide game yang keempat ini bisa menjadi opsi, terutama jika kamu pergi ke Villa Bango dengan keluarga besar.


Buat barisan dengan anggota tim membelakangi kamu, lalu orang paling terakhir melihat barang/tulisan yang telah ditentukan, lalu setelah dirasa cukup, maka orang tersebut mendemonstrasikan barang atau kata yang telah ditentukan, dengan tanpa mengeluarkan kata-kata atau suara.



Telur Mentah

Ide game seru untuk liburan keluarga yang kelima adalah telur mentah. Jangan terkecoh terlebih dahulu, game yang satu ini tidak menuntut kamu untuk makan telur mentah kok.


Bagi keluargamu menjadi beberapa grup kecil, berisi dua orang minimal. Lalu berikan setiap tim satu telur mentah. Nah, tugas setiap tim adalah membuat alat yang bisa melindungi telur tersebut, bisa disediakan terlebih dahulu atau bisa dicari di Villa Bango. Lalu, setelah memenuhi periode waktu tertentu, maka telur yang sudah dilindungi dilempar dari ketinggian yang telah disepakati, bagi yang telurnya pecah maka akan diberi hukuman.


Kubus


Ide game seru untuk liburan keluarga yang juga bisa menjadi referensi untuk kamu ketika menginap di Villa Bango adalah game membentuk kubus.


Sama seperti game saling ikat, setiap anggota keluarga membuat lingkaran, lalu setiap orang harus mengikat matanya supaya tidak bisa melihat, setelah itu letakkan tali rafia yang telah diikat mengelilingi lingkaran, lalu setiap orang diwajibkan mundur dua langkah.


Lalu setelah hitungan dimulai, tali yang diletakkan di atas rumput atau tanah harus dibuat membentuk kubus tanpa setiap orang membuka matanya, Jika ingin meningkatkan tingkat keseruannya, setiap anggota dilarang untuk bersuara, dan hanya beberapa orang saja yang boleh bersuara.


Perburuan

Ide game seru untuk liburan keluarga yang terakhir mungkin adalah salah satu game yang paling familier buat kamu yaitu game perburuan. Game ini mungkin sudah berkali-kali kamu mainkan, namun untuk membuat game lebih seru, kamu bisa mengubah aturannya menjadi lebih seru.


Salah satunya adalah membuat daftar perburuan lebih mudah, dengan misalnya membuat aturan lebih unik dengan syarat-syarat yang beda, mengambil selfie dengan penjaga Villa Bango atau berkunjung ke daerah wisata sekitar Villa Bango. Dengan begitu, anggota keluarga kamu bukan hanya menikmati game yang bisa menjadi nilai baru dalam liburan kamu, tapi juga bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Ini tentunya menjadi nilai plus yang perlu diperhatikan, karena bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu kedepan, jika kamu berkunjung kembali ke Villa Bango, kamu sudah bisa memiliki teman baru alias warga lokal yang mungkin bisa membantu kamu di masa depan.


Tentunya ide games yang telah dijabarkan di atas bisa menjadi opsi kamu untuk menjadikan liburan bersama keluarga menjadi lebih seru. Apalagi jika kamu menginap di Villa Bango dengan area luar ruangan yang sangat luas, maka ide game di atas bisa diterapkan dengan sangat mudah.



Area luar ruangan bukan satu-satunya fasilitas yang ditawarkan oleh Villa Bango. Sebagai salah satu villa dengan fasilitas yang sangat lengkap, akan sangat disayangkan jika kamu tidak memaksimalkan fasilitas lainnya. Malam hari setelah menghabiskan waktu bersama keluarga, kamu bisa BBQ-an di area yang telah disediakan, atau jika badan sudah agak lelah, ada juga fasilitas billiard yang disediakan oleh Villa Bango.


Jika kamu ingin menikmati fasilitas lengkap Villa Bango untuk keluarga kamu, silakan cari alamat Villa Bango di bawah ini.


Alamat Villa Bango Puncak, Bogor

Jl. Jogjogan no. 121, Cilember, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 16750

+62 812-8788-8239

Namun, sebelum menuju Villa Bango dan mencoba game-game di atas, pastikan kamu mengisi formulir pemesanan lewat Whatsapp ini ya.


bottom of page