top of page

Telaga Warna Puncak: Pesona Bukti Indahnya Wisata Alam Bogor

Wisata alam merupakan destinasi wisata yang tak akan membuat bosan para wisatawannya. Hal ini karena alam akan selalu memberikan suguhan pemandangan yang menakjubkan dan memberikan efek tenang bagi siapapun yang mengunjunginya. Salah satu wisata alam yang cukup sering dikunjungi di Jabodetabek adalah telaga. Telaga sendiri ialah danau kecil yang berguna untuk kelestarian lingkungan. Di Puncak, telaga yang cukup populer adalah Telaga Warna Puncak.



Telaga Warna Puncak

Pesona telaga warna puncak
Pesona telaga warna puncak. Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/telaga-warna-puncak/

Wisatawan Jabodetabek pasti sudah tidak asing lagi dengan telaga yang memiliki keindahan pemandangan luar biasa ini di Puncak. Telaga Warna namanya. Terletak di dataran tinggi, membuat telaga ini memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Namun, jika kamu baru berencana mengunjungi telaga ini, simak dulu beberapa fakta menarik, sejarah, rute, hingga harga tiket masuk ke Telaga Warna Puncak ini.


Fakta Menarik Telaga Warna Puncak


Pemandangan telaga warna puncak
pemandangan telaga warna puncak. Sumber: https://www.klook.com/id/activity/51929-telaga-warna-tea-walk-walking-tour-puncak/

Sebelum membahas indahnya Telaga Warna Puncak, kamu harus tahu bahwa Telaga Warna Puncak sudah diresmikan sebagai kawasan cagar alam oleh pemerintah. Hal ini berarti kawasan tersebut memiliki beragam jenis tumbuhan, lingkungan, atau ekosistem yang khas serta bersifat dilindungi. Selain itu, kawasan Telaga Warna Puncak juga terus berkembang secara natural.


Menarik, bukan? Eits, tunggu dulu. Ada satu fakta menarik lainnya mengenai Telaga Warna Puncak yang harus kamu ketahui juga. Telaga ini dapat berubah warna sesuai dengan kondisi matahari yang menyinarinya. Hal ini disebabkan oleh salah satu faktor yaitu kandungan sulfur yang cukup tinggi di telaga tersebut. Itulah alasan mengapa telaga tersebut dinamakan “Telaga Warna” karena warnanya yang kerap berubah sesuai kondisi tertentu.



Cerita di Balik Indahnya Telaga Warna Puncak


Di balik keindahannya, Telaga Warna Puncak menyimpan banyak keunikan yang membuat setiap orang yang berkunjung betah dan ingin berlama-lama bersantai di Telaga Warna Puncak. Jika kamu ingin melepas penat setelah lelahnya kegiatan Ibu Kota, maka Telaga Warna Puncak siap memanjakanmu dengan pemandangan danau yang tidak biasa. Pasalnya, selain pemandangan danau yang bisa berubah warna, Telaga Warna Puncak juga memiliki pemandangan kebun teh yang luar biasa.


Selain pemandangannya, Telaga Warna Puncak juga memiliki beragam jenis flora dan fauna liar yang tumbuh di kawasan telaga. Salah satu contohnya adalah kera yang bisa kamu temui ketika berkunjung ke Telaga Warna Puncak. Kemudian, kamu juga bisa mengambil banyak foto di Telaga Warna Puncak karena spot foto yang dimiliki Telaga Warna Puncak juga beragam dan unik.


Jika kamu menyukai petualangan, maka kamu wajib mencoba flying fox yang ada di Telaga Warna Puncak untuk membuat pengalaman berkunjungmu semakin berkesan. Namun, jika kamu hanya berniat untuk melepas penat dan bersantai, Telaga Warna Puncak tetap menjadi pilihan terbaik untuk destinasi telaga di kawasan Puncak, Bogor.



Rute Menuju Telaga Warna Puncak


Untuk berkunjung ke Telaga Warna Puncak, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.


Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, carilah jalan terdekat menuju Masjid At-Ta’awun. Kemudian, carilah resto Rindu Alam yang dekat dari Masjid At-Ta’awun. Dari situ, kamu akan menemukan petunjuk arah ke Telaga Warna Puncak. Akses menuju Telaga Warna Puncak juga cukup mudah dan tidak terlalu ekstrem.


Namun, jika kamu memilih untuk menggunakan kendaraan umum, kamu bisa mencari ojek atau angkot sekitar yang dapat mengantarkanmu ke Telaga Warna Puncak. Pasalnya, ada beberapa warga sekitar yang sering menawarkan pengantaran menuju Telaga Warna Puncak, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari jalur terbaik untuk menuju ke Telaga Warna Puncak.


Harga Tiket Masuk dan Operasional Telaga Warna Puncak


Jika kamu berencana untuk mengunjungi Telaga Warna Puncak, maka jangan lupa untuk mengingat beberapa hal penting seperti harga tiket masuk serta jam operasional Telaga Warna Puncak. Berikut informasi yang sudah dirangkum oleh Villa Bango.


Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Telaga Warna Puncak, pengunjung perlu membeli tiket masuk. Harga tiket terbagi berdasarkan kategori pengunjung, mulai dari tiket dewasa hingga tiket anak-anak. Terdapat pula kebijakan diskon khusus untuk kelompok atau acara tertentu.

Wisatawan Lokal (Hari biasa) Rp 5.000

Wisatawan Lokal (Hari libur) Rp 7.500


Jam Operasional

Telaga Warna Puncak buka setiap hari dengan jam operasional yang telah ditentukan. Namun, terkadang terdapat perubahan jadwal khusus, terutama pada hari libur nasional atau musim tertentu.


Fasilitas dan Aktivitas

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Telaga Warna Puncak dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kios makanan, toilet umum, tempat istirahat, dan area parkir yang luas. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berperahu dan menjelajahi sekitar telaga.


Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung, ada baiknya para pengunjung mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk membawa perlengkapan yang diperlukan. Selain itu, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, seperti menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di lokasi.


bottom of page