top of page

Tips Liburan Akhir Tahun Anti Mati Gaya

Liburan akhir tahun adalah agenda wajib bagi kebanyakan orang, apalagi dengan fakta bahwa pandemi sudah mereda, sehingga antusiasme masyarakat untuk menikmati liburan semakin tinggi. Ini juga dibantu dengan berbagai tempat wisata dan juga penginapan yang buka kembali, atau tempat wisata baru yang ingin mencoba peruntungan untuk dunia wisata yang tumbuh kembali.




Antusiasme tinggi terhadap liburan terkadang membuat kamu lupa beberapa kebutuhan mendasar yang kadang juga terjadi ketika kamu berencana liburan akhir tahun. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan melakukan tips di bawah ini supaya liburanmu bersama keluarga berkesan dan berjalan dengan lancar. Tips apa sajakah itu? Simak artikelnya sampai habis ya


Waktu yang tepat


Tips yang pertama adalah menentukan waktu yang tepat. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel bahwa liburan akhir tahun adalah praktek yang umum, dan oleh karenanya sering dilakukan oleh banyak orang untuk membuat waktu berkualitas bersama keluarga, makannya semua orang berbondong-bondong berlibur. Puncak adalah salah satu contohnya.


Dengan puncak sebagai destinasi wisata warga Jabodetabek, maka kemacetan dan arus lalu lintas yang padat sudah pasti akan terjadi.


Ini tentunya sebuah hal yang harus kamu antisipasi, apalagi jika kamu pergi liburan bersama keluarga dan masih memiliki balita.


Nah, waktu di sini juga bukan berarti bahwa kamu harus jeli dalam membaca situasi dan rute keberangkatan melalui Google Maps misalnya, namun juga sering membaca berita dan situasi, termasuk di dalamnya adalah aturan jalur berangkat dan pulang.


Khusus daerah wisata puncak kamu harus memperhatikan regulasi jalur buka tutup, untuk keberangkatan, kamu hanya bisa memilih waktu dari jam 08.30-10.30, sementara untuk jalur pulang, hanya ada satu arah ke arah bawah dari jam 14.00-16.00, sementara pada jam lainnya, jalur mobil dan motor tetap berlaku seperti biasa, yaitu dua arah.


Terlepas dari kedua jendela waktu yang bisa kamu gunakan baik untuk keberangkatan atau kepulangan dari dan ke puncak, satu hal yang perlu juga menjadi catatan adalah kemampuan adaptasi dan kesiapan fisik. Kedua faktor ini akan menjadi faktor penting dalam perjalanan liburan kamu ke puncak karena ketika akhir tahun, biasanya buka tutup jalan di puncak bisa terjadi lebih lama dan pada jendela waktu yang berbeda.



Penginapan


Ini sama pentingnya dengan memahami dan beradaptasi dengan jalur buka tutup puncak pada akhir pekan, yaitu melakukan pemesanan penginapan yang bukan hanya nyaman, namun juga lengkap dengan fasilitas yang sangat bagus. Untuk hal ini, Villa Bango yang mempunyai sistem privat dan memiliki luas yang sangat cukup bisa menjadi opsi kamu untuk berlibur bersama keluarga.


Mulai dari beberapa fasilitas olahraga, hingga persiapan untuk barbekyu semua tersedia di Villa Bango. Jadi, untuk menghindari kamu kehabisan spot di akhir tahun nanti, pastikan kamu sudah melakukan pemesanan penginapan Villa Bango melalui link yang satu ini.


Baca Juga: Tips Meal Prep


Lagu


Ini juga sebenarnya adalah salah satu aspek kecil yang sering disepelekan oleh banyak orang, padahal kenyataannya lagu adalah faktor yang bisa memengaruhi mood rombongan atau anggota keluarga kamu.


Meskipun hanya melakukan perjalanan ke puncak, yang notabene relatif dekat, kamu tetap harus menyediakan playlist yang bisa meningkatkan mood. Selain tentunya memilih lagu yang pas untuk dinyanyikan bersama.


Pemilihan lagu bukan satu-satunya hal yang bisa kamu persiapkan guna menempuh perjalanan dan potensi kemacetan. Satu hal lainnya yang juga tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan baterai gawai dalam keadaan penuh. Dengan memastikan bahwa keadaan gawai atau ponsel kamu dalam keadaan penuh, maka kamu tidak akan kehabisan hiburan saat terjebak kemacetan.


Bukan hanya gawai atau ponsel pintar yang mesti dalam keadaan penuh, tapi juga power bank kamu. Jika lagu atau playlist berguna untuk meningkatkan mood kamu, maka power bank lebih difungsikan sebagai cadangan untuk hal-hal darurat, semisal menghubungi keluarga atau orang-orang tersayang selama dalam perjalanan.


Pertimbangkan menggunakan jasa sopir


Tujuan utama liburan akhir tahun tentunya adalah menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang yang kamu sayang, baik itu keluarga ataupun teman-teman terdekat. Terkadang, kamu tentunya ingin bisa mengobrol dan bercengkrama dengan mereka dengan keadaan fisik yang bagus.


Pertimbangkan untuk menggunakan jasa sopir untuk liburan akhir tahun kamu supaya kamu bisa juga menikmati liburan tanpa beban. Selain itu, bonus juga jika bisa mendapatkan sopir yang paham seluk beluk jalanan, yang tentunya akan sangat penting jika kamu terjebak kemacetan atau jika membutuhkan waktu untuk transit sebelum memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke vila.



Camilan


Ini mungkin terkesan sepele, namun camilan atau snack saat melakukan perjalanan juga sama pentingnya dengan semua faktor di atas. Apalagi jika kamu berlibur bersama keluarga dan anak-anak, yang memang membutuhkan camilan untuk mengisi waktu luang dengan asumsi bahwa perjalanan kamu ke tempat liburan akan terkena kemacetan.


Camilan yang kamu siapkan juga harus divariasikan, terutama bagi keluarga kecil yang ingin menjamin bahwa si kecil tetap mendapatkan asupan yang bergizi. Di berbagai minimarket sendiri sudah tersedia banyak camilan yang dikategorikan sesuai dengan rasa dan kategori umur, mulai dari camilan tradisional, camilan pedas penuh rasa hingga biskuit-biskuit yang tentunya memiliki gizi yang baik.


Jangan lupakan juga jika kamu liburan akhir tahun, maka akan banyak hari-hari yang membutuhkan camilan, jadi pastikan stok camilan kamu banyak sebagai pengisi dari liburan akhir tahun kamu.



Lima tips ini bisa kamu mulai pikirkan dan terapkan di bulan November ini karena liburan akhir tahun memang sudah sangat dekat dan tips-tips di atas bisa sangat berguna untuk memudahkan perjalanan kamu. Terutama jika kamu melakukan perjalanan darat yang tentunya memakan waktu relatif lebih lama.


Mumpung masih bulan November, kamu juga bisa mulai mengobrol bersama keluarga atau teman-teman untuk liburan akhir tahun, berapa lama perjalanan, anggaran hingga hal-hal kecil namun penting seperti yang telah dijabarkan di atas, sehingga meninggalkan kesan mendalam bagi orang-orang yang kamu sayang.


Setelah memastikan bahwa tips-tips di atas terpenuhi, kamu mulai bisa mencari opsi liburan dekat, dengan fasilitas yang lengkap dan bisa meninggalkan kesan. Ketika faktor ini bisa kamu temukan di Villa Bango, yang mempunyai lokasi strategis, fasilitas lengkap sampai penyediaan fasilitas barbekyu, katering, hingga beberapa games yang bisa kamu mainkan bersama keluarga.


Villa Bango merupakan salah satu tempat yang bukan hanya bisa memberikan kamu hiburan akhir tahun bersama orang-orang tersayang, tapi juga memberikan waktu kualitas untuk mempererat atau bonding dengan mereka guna menyambut tahun baru dengan semangat. Semua keunggulan ini tentunya akan sangat sayang jika kamu lewatkan, jadi pesan kamar kamu sekarang lewat link ini ya!







bottom of page