top of page

Tips Liburan Bersama Manula

Liburan akhir tahun sudah di depan mata, dan biasanya akhir tahun digunakan untuk liburan dengan keluarga besar. Selain menjadi sarana untuk mengobrol dan bercengkrama dengan sanak saudara, liburan akhir tahun juga menjadi amunisi untuk menyambut tahun yang baru.



Berlibur bersama keluarga besar berarti kamu juga berlibur dengan berbagai jenjang usia, mulai dari yang dewasa, anak kecil hingga manula.


Untuk kategori yang terakhir, sama dengan balita, kamu harus menyiapkan berbagai aspek dengan pendekatan yang berbeda, karena tentunya berbeda dengan orang dewasa, liburan dengan manula memiliki banyak tantangan yang wajib kamu ketahui.



Nah, supaya kamu tidak kewalahan saat nanti liburan bersama keluarga besar, berikut tips membuat suasana liburan yang menyenangkan untuk manula di akhir tahun.


Buat suasana yang menarik


Untuk tips yang pertama, hal yang bisa kamu lakukan adalah menyanyikan atau bernyanyi bersama lagu bertema liburan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan. Sambil bernyanyi, kamu bisa membuatkan minuman kesukaan dari manula yang ikut berlibur, misal, jika cuacanya dingin, maka kamu bisa menyiapkan air jahe dengan lemon dan madu, atau beberapa minuman kesukaan mereka. Gestur-gestur kecil ini akan sangat berkesan dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang tua atau nenek kamu yang ikut berlibur di akhir tahun, yang dalam jangka panjang akan meninggalkan kesan mendalam yang tak terlupakan.


Buat aktivitas bersama


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, berlibur akhir tahun bersama keluarga besar berarti ada banyak generasi yang terlibat, mulai dari balita hingga kakek dan nenek. Saat seperti ini, kamu bisa membuat waktu spesial yang melibatkan semua generasi ini, yang tentunya ramah untuk manula dan juga menyenangkan untuk anak kecil. Perlu dicatat juga bahwa aktivitas ini tidak bisa melibatkan banyak aktivitas fisik, jadi pilihlah aktivitas bersama seperti memasak, berkaraoke dan lain sebagainya. Akan lebih seru lagi jika kamu meng-upgrade-nya dengan membagi anggota keluarga besar menjadi beberapa kelompok. Pastikan juga bahwa destinasi wisata yang kamu pilih mampu mengakomodasi kebutuhan ini ya.


Lomba dekorasi


Aktivitas fisik yang jadi hambatan untuk manula, baik itu kakek ataupun nenek, membuat tidak banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga. Meskipun begitu, bukan berarti manula saat liburan keluarga harus diam saja, salah satu rekomendasi aktivitas yang menyenangkan yaitu mendekorasi ruangan.


Bisa dimulai dengan menyiapkan beberapa barang lama yang kamu bawa ke tempat liburan yang memiliki nilai sentimentil. Bagi menjadi beberapa tim, dan dekorasi berbagai sudut villa atau penginapan yang kamu tinggali, sambil sesekali menyisipkan sejarah barang-barang tersebut.


Dengan begitu, bukan hanya kakek nenek yang bersenang-senang, namun anak-anak dan cucu belajar nilai sejarah dari barang-barang tersebut. Kamu juga bisa berfoto di sudur yang telah didekorasi untuk menjadikannya kenang-kenangan.


Siap capai


Seperti berlibur dengan anak-anak atau balita, berlibur bersama manula juga berarti kamu harus siap capai atau letih. Dengan kemampuan gerak yang terbatas, dan potensi kecepatan berpikira yang berkurang, kamu juga harus siap membantu kebutuhan mereka, mulai dari menyiapkan makanan hingga hal-hal lainnya. Pastikan kamu dalam keadaan fisik yang baik ketika liburan akhir tahun dan tanamkan pikiran bahwa kamu akan bekerja lebih ekstra ketika berlibur bersama keluarga besar di akhir tahun, sesuatu yang bisa membantu pola pikir kamu supaya lebih siap.



Siapkan keadaan darurat


Berlibur bersama manula juga berarti kamu harus mempersiapkan banyak hal dengan detail, mulai dari persiapan obat-obatan atau kebutuhan medis yang diperlukan jika mereka membutuhkan hingga lokasi destinasi.


Lokasi destinasi yang kamu pilih harus berdekatan dengan berbagai fasilitas kesehatan atau minimarket, ini tentunya bisa kamu lakukan hanya bermodalkan peta digital yang mempunyai fitur nearby yang bisa merekomendasikan mulai dari destinasi wisata, tempat makan hingga fasilitas kesehatan dan minimarket. Ini tentunya akan mempermudah kamu jika kamu terjebak dalam situasi yang tidak mengenakan dan memaksa kamu harus membawa orang tua atau kakek nenek kamu untuk pengobatan mendadak, atau misal mereka membutuhkan stok tambahan untuk obat-obatan yang dikonsumsi.


Masakan simpel


Salah satu tips berlibur bersama manula lainnya adalah menyiapkan makanan yang simpel. Sama seperti anak-anak yang terkadang membutuhkan makanan yang simpel, manula juga terkadang bisa makanan menu yang tidak terlalu rumit. Ini tentunya bisa memudahkan kamu untuk liburan akhir tahun bersama keluarga besar, yang notabene diisi oleh dua kategori usia ini. Kamu bisa mulai menyiapkan ayam ungkep dengan bumbu kuning dari rumah, menyetok sambal ataupun sayur simpel seperti sayur sop.


Namun, jika kamu ingin mendapatkan kualitas liburan yang baik, kamu juga bisa mencari tempat penginapan yang juga menyediakan paket katering, sehingga kamu tidak perlu repot menyiapkan makanan. Beruntung, Villa Bango yang ada di puncak menyediakan paket katering yang bisa mengakomodasi seluruh anggota keluarga besar kamu dan menyesuaikan preferensi mereka.



Fasilitas


Untuk fasilitas bisa berarti dua hal, pertama, kamu bisa bertanya kepada manula di keluarga besar kamu apakah mereka membutuhkan fasilitas terrtentu ketika berlibur nanti, misal, seprai yang harus dibawa dari rumah, ekstra kasur atapun hal tersebut. Setelah kamu menulis semua kebutuhan mereka, kamu bisa mulai melakukan survei mana sajakah tempat yang bisa mengakomodasi semua hal ini. Satu hal yang perlu dicatat, meskipun tips yang satu ini terkesan melelahkan, namun percayalah bahwa langkah ini perlu untuk membuat nuansa yang menyenangkan saat berlibur nanti.



Itu dia tadi beberapa tips liburan bersama manula atau orang tua yang bisa kamu aplikasikan untuk liburan akhir tahun yang tinggal sebulan lagi. Dengan menerapkan tips ini sedari awal mungkin, kamu tetap bisa menikmati liburan akhir tahun bersama seluruh keluarga besar dengan tenang dan orang tua atau kakek nenekmu juga akan merasakan hal yang sama. Tentunya, masih banyak hal yang bisa diaplikasikan untuk liburan akhir tahun, namun tips-tips di atas adalah rekomendasi wajib yang harus kamu lakukan.


Tentunya tips di atas ini tidak akan berjalan jika kamu tidak memilih destinasi penginapan mulai dari sekarang. Sebaiknya memang disarankan untuk memilih penginapan yang dekat karena potensi manula lebih cepat lelah sangat tinggi, dan karena faktor ini, puncak bisa menjadi opsi kamu kedepannya. Villa Bango yang memiliki sistem privat bisa menjadi opsi karena mampu menampung banyak tamu, yang cocok untuk liburan akhir tahun bersama keluarga, juga memiliki berbagai fasilitas yang sudah disinggung di atas, mulai dari katering yang bisa menyesuaikan preferensi tamu, permainan yang menyenangkan hingga area barbekyu yang bisa kamu maksimalkan saat liburan nanti. Nah, karena akhir tahun sudah semakin dekat, kamu bisa memesan kamar kamu di Villa Bango melalui link ini ya!










Comentarios


bottom of page