top of page

Tips Meal Prep untuk Liburan Panjang

Berlibur bersama keluarga adalah agenda yang umum dilakukan oleh banyak orang untuk mengusir kepenatan setelah sehari-hari bekerja. Meskipun tujuan utamanya bersenang-senang, tapi kamu bisa juga menekan biaya untuk tidak terlalu boros saat berlibur, misalnya dengan membuat itinerary sebelum berangkat, selektif dalam memilih tempat wisata hingga membuat preparasi makanan atau meal prep, terutama jika kamu liburan dalam waktu panjang.



Selama ini, meal prep atau preparasi makanan identik dengan orang-orang yang sedang terlibat dalam program diet atau orang-orang yang ingin menghemat anggaran. Padahal, praktik ini sangat bisa diaplikasikan dalam aspek lainnya, salah satunya adalah liburan.



Jika kamu sedang memiliki rencana untuk berlibur, misalnya menginap di Villa Bango, berikut beberapa tips membuat meal prep untuk liburan.


Tentukan dulu konsep liburanmu


Sebelum membahas tentang persiapan makanan, ada banyak faktor pertimbangan yang akan memengaruhi meal prep kamu, dalam hal jumlah dan pilihan makanan. Pertama, apakah dari waktu kamu berlibur, ada hari ketika kamu berencana untuk keluar? Jika iya, tentu kamu harus mengeliminasi atau meniadakan meal prep untuk hari itu. Kedua, usahakan pilihlah waktu yang tepat untuk memasak karena jangan sampai meal prep ini malah menurunkan kualitas liburan kamu.


Berikut beberapa tips meal prep untuk liburan panjang kamu.


Pembagian kelas makanan


Tips pertama mementukan meal prep untuk liburan panjang kamu adalah menulis dahulu menu masakan apa yang ingin kamu sajikan saat liburan nanti. Contoh, jika kamu memilih berlibura 7 hari, dan 5 hari di antaranya kamu ingin memasak, maka kamu harus menyiapkan minimal 15 menu masakan yang sesuai dengan selera keluarga atau grup kamu.


Setelah itu kamu bisa mulai memasak bahan-bahan setengah matang atau setengah jadi, supaya saat kamu berlibur, kamu tidak perlu lagi memasak dari awal. Ayam yang direndam bumbu kuning atau sayur sop bisa menjadi pilihan. Setelah itu, kamu bisa menyimpannya di freezer untuk nantinya dibawa saat tanggal keberangkatan.


Selain menyiapkan bahan setengah matang, kamu juga bisa membagikannya menjadi porsi yang sesuai dengan anggota keluarga kamu, sehingga kamu tidak perlu repot membaginya lagi ketika sampai di tempat liburan.


Terakhir, kamu bisa membersihkan beberapa bahan masakan yang bisa kamu lakukan berdekatan dengan tanggal keberangkatan, karena bahan makanan yang di tahap ini utamanya adalah bahan-bahan yang segar.


Bahan Premium


Memilih bahan makanan premium atau yang berkualitas tentunya adalah sebuah kewajiban, bukan hanya saat membuat meal prep liburan saja. Dengan memilih bahan premium atau segar, tentunya keluarga kamu bisa menikmati liburan dengan harga hotel bintang lima


Pilih waktu


Setelah memilih durasi liburan, tempat hingga destinasi wisata liburan panjang, maka kamu bisa beralih untuk menciptakan meal prep. Menyisihkan waktu untuk membuat perencanaan makanan penting karena kamu tentu tidak ingin melewatkan bahan makanan yang bergizi dan memastikan bahwa semua anggota keluarga kamu mendapatkan makanan yang sama.



Jangan salah pilih wadah

Semua meal prep kamu akan percuma jika kamu pada akhirnya tidak menggunakan wadah yang tepat. Pemilihan wadah food grade tentunya bisa menjadi penyeimbang dari bahan premium yang kamu pilih, selain tentunya meminimalisir risiko penurunan kualitas meal prep yang sudah kamu buat dengan susah payah untuk liburan panjang bersama keluarga.



Bawa peralatan masak yang penting


Walaupun tidak berhubungan langsung, namun memilih peralatan masak untuk dibawa langsung saat berlibur adalah salah satu hal yang wajib kamu persiapkan juga jika pada akhirnya kamu membuat meal prep. Misal, jika kamu menginap di villa, maka tentunya peralatan masak yang ada sangat terbatas, maka akan sangat disayangkan jika kamu sudah menyiapkan bahan masakan tapi tidak bisa memasak.


Satu hal lainnya yang juga wajib kamu coba adalah menghubungi tempat menginap kamu sebelum berlibur untuk memastikan apakah fasilitas peralatan masak yang ada sesuai dengan bahan masak yang sudah kamu persiapkan dari rumah.




Variasi menu


Salah satu hal yang terkadang juga dilupakan oleh banyak orang yang melakukan meal prep adalah variasi menu. Banyak orang terkadang hanya fokus terhadap nutrisi yang terkandung di dalam makanan, tanpa mempertimbangkan variasi menu. Jangan sampai hal ini terjadi kepada kamu apalagi jika kamu memilih untuk liburan dengan jangka waktu yang lama. Tuliskan beberapa menu favorit keluarga dan lakukan meal prep atau preparasi makanan yang sesuai.



Tetap sesuai dengan daftar makanan


Jangan sampai tergoda untuk beralih ke berbagai bahan makanan lain selain dari meal prep yang sudah kamu siapkan. Ketika kamu berbelanja untuk meal prep kamu ke supermarket atau minimarket, jangan sampai impulsif untuk membeli hal yang lain.



Berikan label tanggal


Label tanggal juga merupakan detail kecil yang terkadang disepelekan, padahal ini penting bukan hanya untuk mengingatkan kapan tanggal terbaik untuk meal prep yang sudah disiapkan, tapi juga jika kamu menggunakan label tanggal, kamu juga bisa menggunakan label tanggal untuk penanda kapan waktu yang tepat untuk menyantap meal prep ini ketika berlibur



Itu dia tadi tips bikin meal prep atau persiapan makanan untuk berlibur panjang bersama keluarga. Selama ini ketika berbicara tentang meal prep, mungkin yang ada di pikiran kita bersama adalah program diet. Namun, selain menuju gaya hidup yang sehat, meal prep juga memiliki satu tujuan yaitu penghematan anggaran dalam makanan.


Tentunya ketika berlibur, apalagi liburan panjang, membuat meal prep bisa menjadi salah satu hal untuk mengakali bocornya anggaran, yang bisa dialihkan untuk kegiatan lainnya.


Nah, selain mempersiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga kamu, satu hal yang juga tidak kalah penting adalah memilih tempat terbaik yang mudah dijangkau, memiliki fasilitas yang prima dan terpenting, staf yang ramah. Bagi warga Jakarta, destinasi terdekat yang paling mudah dan populer adalah villa di daerah puncak, namun sayangnya tidak banyak yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap.


Salah satu villa yang memenuhi semua hal ini adalah Villa Bango, yang bisa menjadi tempat menghabiskan liburan–baik dalam jangka panjang ataupun pendek–dan bisa menampung maksimal 30 orang, membuatnya bisa menjadi pilihan bukan hanya untuk keluarga inti, tapi juga keluarga besar. Atau, jika kamu mempunyai komunitas atau melakukan reuni kelas, Villa Bango juga bisa mengakomodasi kebutuhan kamu.


Meal prep memang menjadi salah satu cara untuk menghemat anggaran dan menambah keseruan liburan, tapi di Villa Bango, kami juga menyediakan jasa memasak dengan harga tambahan yang tentunya memiliki rasa yang enak. Cocok bagi kamu yang ingin berlibur tanpa ingin repot dengan membuat daftar makanan ataupun hal-hal lainnya.


Pesan Villa Bango kamu sekarang lewat link yang ada di sini ya!



bottom of page