top of page

Tips Self Reward yang Tepat

Self reward atau penghargaan diri adalah salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang, terutama di awal tahun yang cenderung merupakan waktu yang tepat untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri setelah setahun sebelumnya bekerja keras.



Meskipun banyak opini lain, memberikan self reward atau penghargaan diri adalah kebiasaan yang bagus untuk dibangun. Seberapa kecil pun, hadiah atau penghargaan adalah motivasi yang sangat baik untuk melanjutkan hidup yang berat, selain juga memberikan kebangaan untuk pencapaian kamu.



Penghargaan diri juga sangat berbeda di tiap orang. Ada yang gemar berbelanja daring untuk menambah gaya berpakaian, ada yang menonton konser musik, makan di restoran mahal atau berolahraga.


Terlepas dari bagaimana cara kamu memberikan hadiah kepada diri sendiri, penghargaan kepada diri sendiri adalah hal yang harus kamu pelajari terus menerus.


Kenapa penting untuk memberikan penghargaan kepada diri sendiri?


Memang sebuah tantangan untuk mengubah pola pikir bahwa memberikan penghargaan kepada diri sendiri adalah sebuah kebutuhan, namun, perubahan pola pikir ini akan memberikan keuntungan untuk kesehatan mental kamu.


Secara biologis, penghargaan bisa meningkatkan level dopamin dalam otak kamu. Sebagai zat yang bisa membuat kita bahagia, selain juga meningkatkan memori, membantu tidur hingga mengatur mood dan selera makan kita.


Peningkatan level dopamin akan sangat adiktif, dan secara natural manusia menginginkan hal tersebut, baik secara fisik maupun mental. Ketika kita bahagia, kita akan jadi lebih produktif.


Jangan terlalu khawatir kalau kamu akan bergantung kepada hadiah. Justru hal ini baik, karena kamu akan melatih pikiran kamu untuk mendapatkan hadiah hanya melalui kerja keras saja.


Peningkatan dopamin adalah salah satu alasan kenapa orang bergantung kepada gim video atau media sosial; gratifikasi konstan yang datang dari foto yang sudah diunggah atau level yang sudah selesai bisa menstimulasi otak kita. Dalam kasus ini, konsumsi berlebihan bisa merusak atau mengganggu motivasi untuk mendapatkan dopamin dari hal-hal yang lebih produktif seperti berolahraga, berinteraksi sosial atau hal-hal yang berbentuk fisik lainnya.


Membangun rutin yang berdampak positif kepada fisik dan mental butuh waktu dan kesabaran, namun hal terbaik memang datang dari dedikasi. Memberikan hadiah kepada diri kamu sendiri adalah tentang membentuk kebiasaan baru dan pengembangan diri dalam jangka panjang.


Kapan waktu yang tepat untuk menghadiahi diri kamu?


Kamu harus memberikan hadiah kepada diri kamu sendiri lebih sering dari biasanya. Banyak dari kita hanya fokus kepada hal negatif, seperti sisa pekerjaan yang belum tuntas atau kesulitan untuk sukses.


Mendapatkan kesenangan secara cepat tentu merupakan hal yang menyenangkan, tapi ada hal yang positif dari penghargaan yang ditunda. Menahan diri untuk tidak langsung memberikan hadiah akan membuat kamu lebih bekerja keras, memiliki determinasi dan ketika pada akhirnya tugas kamu selesai, kamu akan merasa lebih pantas mendapatkan hadiah. Memberikan hadiah untuk kesuksesan kamu, terlepas dari seberapa sering dan kecil, sangatlah penting.



Bagaimana menghadiahi diri kamu


Kamu bisa memanjakan diri kamu dengan banyak cara setelah pekerjaan selesai. Di bawah ini adalah beberapa ide yang bisa membantu kamu:


Mulai baca buku

Jika kamu menyukai membaca buku dan belum sempat membaca tumpukan buku yang sudah kamu beli, maka kamu bisa melakukannya sekarang. Langkah kecil seperti membaca buku adalah hal penting yang bisa kamu lakukan, karena selain meningkatkan dopamin, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan atau informasi baru.



Menikmati acara kesukaan kamu

Kamu juga bisa menikmati hal-hal yang simpel, seperti menikmati acara favorit kamu di televisi atau YouTube untuk sekadar nostalgia


Es krim atau cokelat

Selain menikmati episode terbaik dari acara kesukaan kamu, cara lain yang juga simpel adalah menikmati satu mangkuk es krim atau cokelat. Kamu bisa membelinya di minimarket terdekat atau toko favorit kesukaanmu.


Pergi ke restoran favoritmu

Cara lainnya untuk menghargai diri kamu adalah dengan menikmati makanan di restoran favorit kamu. Jika sebelumnya kamu menahan-nahan untuk menikmati makanan, kamu bisa menghargai diri kamu lebih dengan menikmati makanan yang sudah kamu idam-idamkan sejak lama.


Olahraga atau ikut kelas

Sudah banyak pusat kebugaran yang bukan hanya menawarkan satu kelas saja, namun juga beragam. Kamu bisa menghargai diri kamu sendiri dengan mengikuti salah satu kelas yang membuat kamu tertarik.



Apa keuntungan beri penghargaan kepada diri sendiri?


Jangan meremehkan dampak positif dari memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Dorongan yang berulang bisa memberikan kepercayaan diri, sehingga kamu semakin bangga dan antusias terhadap segala hal yang kamu lakukan.


Selain peningkatan level dopamin, beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan termasuk:


Mengurangi rasa malas

Ketika kamu mengetahui bahwa kamu bisa mendapatkan sensasi menyenangkan saat menyelesaikan tugas yang kamu kerjakan sejak lama, maka kamu akan jauh lebih jarang menunda pekerjaan dan menambah motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat.


Lebih fokus

Mengetahui bahwa kamu harus menyelesaikan pekerjaan yang ada di tangan akan membantu kamu jauh lebih fokus untuk mencapai hadiah di akhir pekerjaan.


Mudah menghindari gangguan

Mengapa kamu mengangkat telepon dan menelusuri Instagram ketika menyelesaikan pekerjaan kamu berarti kamu bisa mandi dan memakai masker wajah? Berfokus pada apa yang kamu inginkan, yaitu hadiah, akan membuat kamu tetap fokus pada cara mencapainya.


Dorongan positif akan menjadi hal biasa

Menyelesaikan tugas kamu satu persatu adalah hal yang sangat menyenangkan, juga sebagai bahan bakar untuk rutinitas harian kamu. Dengan sedikit keberuntungan, menyelesaikan tugas kamu akan sama menyenangkannya dengan menuju tujuan akhir.


Hal yang kita butuhkan terkadang hanya dorongan saja. Hadiah di akhir akan membuat mental kamu positif selain juga tentunya memberikan momentum untuk tetap berada di jalan yang tepat.


Bergerak maju


Beberapa orang bisa memberikan kamu semangat selagi kamu mengerjakan tanggung jawabmu, tapi pada akhirnya semuanya akan bergantung dengan apa yang kamu pilih. Kamu adalah sumber inspirasi dan motivasi yang jauh lebih besar. Memanjakan diri kamu bukanlah hal yang egois, melainkan itu adalah hal yang natural dan jauh lebih sehat.


Salah satu cara untuk menghargai diri kamu adalah dengan memberikan hadiah dalam bentuk lain, misalnya menyisakan sedikit waktu untuk berlibur di suatu tempat yang alami dan sejuk, seperti yang ada di Villa Bango. Dengan pemandangan gunung yang indah, juga sistem privat, kamu akan mendapatkan tempat penginapan yang sangat nyaman untuk mengatur ulang mental kamu untuk kembali menjalani kesibukan beraktivitas sehari-hari yang melelahkan. Jika kamu berencana untuk healing ke Villa Bango, kamu bisa memesan kamar kamu sekarang melalui link yang satu ini.





















KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page