top of page

Tips Travelling di Tahun yang Baru

Setiap orang tentu memiliki resolusi, ada yang ingin hidup sehat, mengejar karir atau misalnya menghabiskan waktu dengan keluarga. Bentuk resolusi yang berbeda di tiap individu tentu tidak ada salahnya, asal semua bisa dijalani dengan sepenuh hati dan konsistensi yang tinggi.




Selain ketiga hal tersebut, salah satu yang juga menjadi resolusi banyak orang setiap tahun baru adalah jalan-jalan. Selain memiliki dampak positif jangka panjang, bepergian atau jalan-jalan juga tentunya merupakan agenda wajib, terutama bagi orang yang sudah rutin berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.


Jika kamu mempunyai tujuan atau resolusi untuk lebih banyak travelling atau bepergian di tahun yang baru ini, berikut beberapa impian travelling yang bisa kamu wujudkan di tahun 2023.


Kunjungi setidaknya dua tempat


Di tahun 2023, buatlah prioritas untuk mengunjungi lebih dari dua tempat, beberapa daerah memang berdiri berdekatan satu sama lain.


Misal, jika kamu berencana mengunjungi Surabaya, kamu bisa juga memasukkan kota Malang dalam agenda perjalanan kamu, ini tentunya bisa menjadi salah satu cara juga untuk menghemat waktu.


Surabaya memang dikenal sebagai salah satu daerah yang lebih kota dibandingkan dengan Malang, jadi, kamu bisa menikmati berbagai daerah wisata yang sangat modern di kota Surabaya, sebelum menikmati wisata yang lebih natural di kota Malang.


Kunjungi Pulau Baru


Bagi kamu yang ingin mencari kesenangan baru di tahun baru tapi belum sempat melakukannya, tahun 2023 mungkin adalah saat yang tepat untuk setidaknya mengunjungi satu pulau yang ada di luar domisili kamu. Misal, jika kamu tinggal di kota Yogyakarta, mungkin ada saatnya kamu mengunjungi Makassar atau kota Padang.


Ditambah dengan regulasi covid-19 yang sudah semakin mereda dan kendur, apa lagi yang kamu tunggu?


Kamu bisa menikmati eksotisnya beberapa kota di Pulau Sulawesi, mencari kuliner terbaik di Padang atau kota besar lainnya, bahkan menikmati wisata bahari di Pulau Lombok.


Hindari tempat yang umum


Keberadaan media sosial yang sudah semakin beragan seperti Tiktok membuat banyak orang atau influencer memberikan rekomendasi banyak hal. Mulai dari rekomendasi makanan yang enak, hingga tentunya destinasi wisata.


Tempat-tempat yang bisa dilabeli sebagai hidden gem ini tentunya juga layak kamu kunjungi. Namun, di tahun 2023 ini sudah saatnya kamu memilih tempat yang memang berbeda daripada yang lain. Misal, jika kamu mengunjungi daerah atau suatu kota, selain bisa mencari tahu tentang berbagai tempat di internet, kamu bisa juga bertanya kepada warga lokal terkait mana wisata yang belum banyak dikunjungi oleh orang. Dengan begitu kamu bisa menikmati kota atau destinasi wisata yang berbeda, dan layak dikunjungi untuk kunjungan kamu selanjutnya.


Tempat yang ‘berbahaya’


Berbahaya adalah kata yang subyektif, yang bisa berbeda sesuai dengan pengalaman pribadi dari setiap traveller. Apa yang dimaksud bahaya di sini mengacu kepada daerah yang memiliki reputasi kurang baik namun sebenarnya sangat layak dikunjungi.


Mungkin bisa ke beberapa kota yang memang tidak terlalu familier seperti subang, atau daerah-daerah lainnya yang bisa kamu eksplor. Selain mengunjungi daerah-daerah ini, kamu bisa juga menantang diri kamu sendiri dengan bepergian seorang diri. Ubah stereotip yang ada dan kamu bisa menunjukkan bahwa Indonesia atau dunia adalah tempat yang aman.


Coba pergi sendiri


Berbicara tentang berpergian sendiri, kenapa tidak menjadikan 2023 sebagai pencarian jati diri? Bepergian sendiri bisa menjadi sebuah pengalaman yang baru untuk jiwa kamu. Langkah ini bisa mengeluarkan sisi petualang kamu karena kamu tentunya akan mempelajari pola komunikasi yang baru, yang menjadi indikasi bahwa kamu keluar dari zona yang nyaman dan dalam jangka panjang, bisa memberikan memori jangka panjang yang menyenangkan.




Eksplor daerah sendiri


Jika ada pelajaran tentang berpergian atau travelling dalam beberapa tahun terakhir selama pandemi, adalah bahwa kamu tidak perlu pergi menggunakan pesawat mewah untuk melihat indahnya dunia.


Faktanya, banyak permata seringkali tersembunyi tepat di halaman belakang kita sendiri. Pergilah ke kota unik dan sewa Airbnb atau hotel murah untuk bermalam. Cari air terjun atau danau terdekat, dan nikmati suara air yang tenang. Untuk orang tua hewan peliharaan, bawalah mereka dalam perjalanan mini ke suatu tempat yang dekat dengan rumah.


Menjelajahi apa yang sudah dekat dengan kita adalah pengingat yang bagus bahwa ada keindahan di mana pun kita memilih untuk melihatnya.



Carilah penginapan yang mewah


Hidup ini singkat: makan kue, beli sepatu, dan pesan kamar yang cukup besar di penginapan kamu untuk liburan berikutnya. Ada pilihan mewah di hampir setiap kota, dan meskipun mungkin tampak mahal, ketika menggunakan kartu kredit atau promo, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan tidak membuat kamu menghabiskan uang yang lebih banyak.


Coba berkemah


Baik mendirikan tenda di hutan belantara, tempat-tempat epik seperti di Bluran dan tidur di dalam van, atau berkemah di bawah langit puncak, berkemah adalah sesuatu yang harus dialami setiap pelancong setidaknya sekali.


Bagi mereka yang belum ikut serta dalam aktivitas luar ruangan yang menyatu dengan alam ini, cobalah di tahun 2023. Jika tidur di tenda di hutan belantara terdengar agak terlalu berani, glamping adalah alternatif yang bagus.


Road Trip!


Tidak setiap perjalanan perlu dilakukan dengan pesawat terbang, dan kenyataannya, beberapa pengalaman terbaik bisa didapatkan dalam perjalanan darat atau road trip. Bayangkan tentang semua tempat yang bisa kamu eksplor untuk ditemukan yang bisa terlewatkan jika kamu menggunakan moda kendaraan lain.


Lakukan perjalanan baik di negara asal kamu, atau sewa mobil di luar negeri dan mulai eksplor semuanya dari awal


Road trip adalah cara yang unik dan sangat menyenangkan untuk bepergian; cukup unduh beberapa buku bagus dalam kaset, temukan podcast yang bagus, hingga putar lagu kesukaan kamu di Spotify, dan nikmati perjalanannya.



Jangan tunda bepergian!


Ada banyak tips untuk meningkatkan perjalanan kamu di tahun 2023, tetapi yang paling penting adalah memprioritaskan perjalanan. Sangat mudah untuk membuat alasan mengapa kamu tidak dapat melakukan perjalanan sebanyak yang kita inginkan; apakah itu uang, tidak cukup waktu, atau tidak ada yang menemani.


Jika itu uang, pilih tujuan yang murah, atau tunda acara sosial di rumah dan sisihkan beberapa rupiah sehari untuk dana perjalanan. Jika tidak cukup waktu, mulailah memanfaatkan akhir menghemat cuti. Ada banyak cara yang bisa menghemat perjalanan kamu.


Nah, itu dia beberapa tips travelling di tahun 2023 yang bisa kamu lakukan untuk self reward kamu. Jika kamu berencana mencari tempat menginap yang dekat dan privat dalam waktu dekat, kamu bisa memilih villa bango dengan melakukan pemesanan melalui link yang satu ini.










KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page