top of page

Ide Aktivitas Liburan Untuk Keluarga

Terkadang rutinitas dan kesibukan sehari-hari bisa membuat kita sedikit melupakan keluarga. Terutama dengan teknologi dan media sosial yang menghiasi hidup kita, terkadang, agak sulit untuk menemukan cara yang tepat untuk memperat hubungan di dalam keluarga.



Rata-rata, anak-anak di Indonesia menghabiskan waktu hingga 7 jam untuk bermain ponsel mereka, yang tentunya memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang.



Jika kamu sedang mencari cara untuk mempererat hubungan antara anggota keluarga, terutama karna momen akhir tahun yang sudah semakin dekat, maka kamu berada di tempat yang tepat. Berikut daftar aktivitas kegiatan keluarga yang memang didesain untuk seluruh anggota keluarga lepas dari ponsel mereka dan berinteraksi satu sama lain. Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu bersenang-senang bersama keluarga?


Buat aktivitas bersama keluarga lebih sering dengan mencatat beberapa aktivitas yang pada jangka panjang, bisa menjadi aktivitas yang reguler dilakukan sehari-hari.


Satu lagi, beberapa aktivitas yang akan direkomendasikan ini memang gratis atau mengeluarkan biaya yang sedikit, yang juga berarti bahwa bisa diakses oleh kebanyakan keluarga. Mudah-mudahan, aktvitas yang akan direkomendaskan ini ada yang belum kamu coba, atau jika memang sudah, bisa kamu lakukan lagi untuk liburan akhir tahun.


Masak bareng


Kamu dan keluarga bisa berembuk bareng tentang makanan atau camilan apa yang bisa kamu masak secara bersama. Kalau anak-anak biasanya termasuk membuat dan menghias kue kering atau cupcakes. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mencoba resep keluarga yang turun-temurun.


Jika kamu berpikiran untuk membuat sesuatu yang simpel, kamu bisa mula dari keju leleh, panekuk kecil dan lain sebagainya. Kamu bisa mencoba sesuatu yang kreatif untuk pertama kali!


Buat kastil


Jika kamu memiliki halaman yang cukup luas, maka membuat kastil atau benteng bisa menjadi aktivitas yang kamu coba untuk menghilangkan rasa bosan. Ini tentunya merupakan salah satu aktivitas yang populer dan favorit di alam keluarga.


Jangan lupa untuk menghabiskan waktu di dalam kastil yang telah dibuat oleh anak kamu. Akan menjadi bonus jika ada anggota keluarga yang mau ‘bermalam’ di kastil tersebut.


petak umpet


Bahkan keluarga dengan anggota yang sedikit bisa bermain petak umpet. Sebagai salah satu permainan tradisional paling populer, petak umpet juga bisa mempererat ikatan antara anggota keluarga, terutama jika anak giliran menjaga dan ditugaskan untuk mencari tahu tentang orang tua.


Permainan ini bisa dimainkan baik di dalam rumah maupun di luar ruangan. Berapa banyak memori yang kamu dapatkan ketika bermain petak umpet saat masa kecil? Sekarang saatnya kamu membantu anak-anak untuk merasakan memori yang sama.


Membaca bersama


Berkumpul dalam satu ruangan dan membaca bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika kamu berada di lokasi yang dingin, semisal berlibur di Villa Bango, maka kamu bisa menyiapkan selimut yang tebal supaya lebih hangat. Atau, jika dirasa kurang hangat, kamu bisa menyalakan api unggun yang dilengkapi dengan cokelat panas. Setiap anggota keluarga bisa membaca buku masing-masing atau kamu bisa bercerita tentang cerita favorit anak-anak.


Mendaki bukit


Kamu bisa mencari bukit atau curug terdekat untuk merasakan sensasi alam. Udara yang segar akan memberikan dampak yang baik kepada tiap anggota keluarga. Kamu bisa mencoba berpura-pura sebagai petualang yang membuka jalan atau mencoba rute baru yang belum pernah dilalui oleh orang sebelumnya.


Menonton film


Walaupun secara umum rekomendasi aktivitas untuk keluarga adalah menjauhkan diri dari layar ponsel, namun menonton film bersama harus masuk ke dalam rekomendasi aktivitas. Mulai dari selimut, bantal hingga popcorn bisa kamu gunakan untuk menambah pengalaman lebih baik.


Lomba dansa


Dansa cocok untuk semua anggota keluarga dari berbagai umur. Setiap anggota keluarga bisa memilih lagu yang cocok dan mengeluarkan dansa terbaiknya. Kamu bisa mencari referensi dari video yang ada di YouTube atau bebrapa kompetisi dansa lainnya.


Karaoke


Ini juga merupakan rekomendasi aktivitas yang sangat mudah dilakukan, kamu tinggal mencari lagu apa yang ada di YouTube dan kamu bisa mulai karaoke dengan anggaran yang murah. Jangan lupa bergantian dan saling dukung ketika anggota keluarga kamu bernyanyi. Jika ingin meningkatkan pengalaman, setiap anggota keluarga bisa mencoba untuk berduet ketika menyanyikan sebuah lagu.



Board game


Cari tahu anggota keluarga mana yang memiliki jiwa kompetitif yang tinggi dan ajak untuk bermain board game atau kartu remi. Untuk jenis permainan pun beragam, seperti monopoli atau jenga. Jika ingin lebih niat, kamu bisa mencari jenis board game lainnya di internet.



Bermain puzzle


Untuk anggota keluarga yang memiliki anak yang sudah beranjak dewasa atau remaja, puzzle bisa menjadi titik awal untuk menjalin kerjasama antara keluarga. Seberapa sering kamu bisa mengumpulkan orang dewasa dan fokus untuk melakukan aktivitas seperti puzzle? Tentunya sangat jarang, dan ini bisa menjadi sarana untuk bernostalgia masa kecil.


Bermain sandiwara


Bermain sandiwara adalah aktivitas klasik keluarga yang bisa membuat drama yang menarik. Setiap orang bisa mencoba untuk memperagakan adegan film atau adegan yang bisa menjawab pertanyaan, misal, judul film atau lagu yang bisa dijawab oleh anggota keluarga.


Bermain sepatu roda


Jika kamu cukup berani, bermain sepatu roda dengan anak-anak adalah agenda yang pasti disukai oleh mereka. Sudah banyak tempat penyewaan sepatu roda yang bisa kamu sewa tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.


Atau jika kamu mempunyai anggaran berlebih, kamu bisa berkunjung ke arena seluncur es yang bisa juga menjadi cara untuk memperkenalkan ice skating kepada keluarga atau anak-anak.


Pasar kaget atau wahana


Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia mengenal pasar kaget yang biasanya diisi oleh makanan enak ataupun permainan yang dinikmati. Terpenting, biasanya pasar kaget ini tidak terlalu menguras banyak uang alias murah-murah.


Membangun lego


Anak-anak suka jika kamu mau ‘berkorban’ untuk mereka. Jadi, kamu bisa duduk di lantai dan mulai membangun kepingan lego bersama anak-anak. Jangan lupa juga untuk mengabadikannya melalui foto supaya kamu bisa bernostalgia di masa mendatang dan terpenting, membuat si kecil merasa lebih tenang.


Rekomendasi aktivitas di atas bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ini menikmati akhir tahun dengan waktu berkualitas bersama keluarga. Aktivitas yang tidak terlalu menguras uang dan bisa dilakukan dengan mudah bisa menjadi pilihan untuk menyenangkan keluarga kamu.


Namun, beda halnya jika kamu mempunyai anggaran lebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk berlibur ke lokasi yang aman dan nyaman, juga memiliki sistem privat yang berarti bahwa kamu tidak perlu membagi penginapan bersama orang lain. Untuk hal ini, Villa Bango bisa menjadi pilihan dan supaya tidak kehabisan tempat, kamu bisa menghubungi kami untuk mendapatkan kamar di Villla Bango melalui link ini.







bottom of page