top of page

Apa, Sih Beda Staycation dan Vacation?

Belakangan ini, istilah staycation semakin marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka para traveller sejati yang sering berlibur pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, banyaknya masyarakat yang menggunakan istilah staycation tidak menjadi tolak ukur dipahaminya arti dari istilah tersebut. Alih-alih dipahami, istilah ini malah lebih sering disalahartikan. Lalu, apa itu staycation? Dan apa perbedaannya dengan vacation? Simak penjelasannya di bawah ini agar kamu tidak keliru lagi.




Beda Staycation dan Vacation

Sebelum mendalami perbedaannya, Villa Bango kasih dulu definisi tersendiri untuk masing-masing istilah tersebut. Vacation merupakan sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang berarti liburan. Sedangkan staycation adalah gabungan dari kata Bahasa Inggris stay yang berarti tinggal dan vacation yang berarti liburan. Maka dari itu, diambil kesimpulan bahwa staycation merupakan keadaan dimana wisatawan lebih banyak menghabiskan waktu di penginapan daripada mengunjungi tempat wisata. Selain itu, staycation juga sering diartikan sebagai liburan yang tujuannya dekat dari rumah. Kesimpulan dari dua hal tersebut adalah staycation merupakan liburan yang tidak jauh dari rumah, dan wisatawan menghabiskan lebih banyak waktu di penginapan dibandingkan dengan waktu di tempat wisata.


Setelah mengetahui masing-masing definisi dari staycation dan vacation, dapat ditarik kesimpulan bahwa istilah vacation lebih mengacu kepada liburan yang terencana dengan matang, banyak mendatangi tempat wisata, juga dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Sedangkan staycation adalah sebuah istilah yang menjelaskan tentang liburan dalam waktu yang relatif singkat, tidak terlalu banyak mengunjungi tempat wisata, dan lebih banyak waktu di penginapan.



Nah, karena sekarang kamu sudah tau beda staycation dan vacation, jangan sampai salah menggunakan lagi, ya! Untuk kamu yang berencana staycation atau vacation di Puncak dengan orang terdekat, kamu bisa manfaatin fasilitas Villa Bango, Puncak Bogor yang lengkap dan bikin kamu nggak mau pulang! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page