top of page

Ide Game Seru Saat Liburan Natal

Seperti yang kalian tahu, selain dikenal sebagai bulan terakhir dalam tahun, Desember juga identik dengan liburan akhir tahun yang menjadikan bulan ini kerap diisi dengan liburan bersama. Berlibur bersama keluarga bukan hanya bisa mengurangi stres, namun juga bisa menjadi tempat untuk mengobrol dan saling update tentang pencapaian dalam hidup masing-masing.




Nah, jika kamu mempunyai rencana untuk menghabiskan Hari Natal bersama keluarga, berikut beberapa ide permainan seru yang bisa kamu lakukan.


Lomba menggambar


Ide permainan pertama yang bisa kamu lakukan saat hari Natal adalah lomba menggambar. Dengan peralatan sederhana, seperti buku gambar dan spidol, kamu bisa mendapatkan keseruan yang berbeda.


Caranya tentu sangat mudah, yaitu setiap anggota keluarga harus dibagi ke beberapa tim, dan panita membisikkan kata yang mesti digambar. Biar sedikit lebih sulit, proses menggambar bisa sedikit lebih dimodifikasi, misal, menggambar di atas badan, atau menggambar dengan mata terpejam.


Harta karun


Ide permainan yang kedua yang pastinya akan disukai oleh anak-anak adalah bermain harta karun. Selain tentunya ini adalah cara yang lebih seru dalam memberi kado, anak-anak pasti jauh lebih suka dengan sesuatu yang lebih misterius.


Seperti permainan harta karun pada umumnya, setiap anak atau setiap orang diwajibkan untuk mencari harta karun tersembunyi, yang mungkin bisa dikemas dengan bungkus kado yang identik dengan Hari Natal. Atau jika kamu tidak ingin mengemas kado dengan ornamen natal, mungkin clue yang kamu gunakan bisa berhubungan dengan hal yang dekat dengan Hari Natal.


Tebak lagu atau film


Musim liburan juga identik dengan film klasik. Judul-judul film atau lagu bisa kamu gunakan untuk bermain bersama keluarga. Caranya pun mudah, bisa menggunakan buku gambar untuk memberikan clue atau jika memang kamu tidak sempat membeli buku gambar, kamu bisa menggunakan gerakan saja untuk memberikan clue.


Secret Santa


Ide permainan yang satu ini tentu sangat sesuai tema Hari Natal. Caranya pun mudah, setiap orang ditugaskan untuk membawa kado dengan harga yang telah ditentukan. Lalu setiap orang akan diundi dengan nomor kado, dan sampai akhir acara, tidak boleh disebutkan siapa yang memberikan kado tersebut.


Tebak isi kaus kaki


Ini juga sebenarnya merupakan permainan yang identik dengan Hari Natal dan sangat mudah untuk diterapkan. Hal yang perlu kamu persiapkan hanya hadiah dan kaus kaki. Caranya, masukkan hadiah kecil ke dalam kaus kaki dan sembunyikan di bagian yang ada di rumahmu. Nantinya, orang yang bisa menebak dan menemukan kaus kaki tersebut bisa mendapatkan hadiah di dalamnya. Hadiahnya tentu harus yang berukuran kecil dan clue yang kamu berikan sebisa mungkin tidak terlalu sulit.



Boneka rusa


Hari Natal juga identik dengan berbagai ornamen, salah satunya adalah rusa. Nah, ide permainan ini melibatkan rusa yang tentunya bukan rusa asli. Hal yang kamu butuhkan hanya gelang seukuran tangan orang dewasa dan juga boneka rusa. Atau jika kamu ingin menghemat anggaran, kamu bisa membuat boneka rusa dari kardus. Pemenang yang bisa memasukkan gelang ke tanduk rusa akan jadi pemenangnya.



Pindahkan Ornamen


Ini merupakan permainan yang sebenarnya relatif populer di Indonesia dan biasanya dimainkan saat lomba agustusan. Setiap pasang orang bertugas untuk memindahkan satu barang ke barang lain tanpa menggunakan tangan. Siapa yang berhasil menyelesaikan atau mengantar barang duluan akan mendapatkan hadiah yang telah ditentukan dari awal.



Kenapa Game Penting untuk Keluarga?


Bermain fun games bersama keluarga tentunya merupakan agenda yang sangat menyenangkan, baik ketika dilakukan saat liburan atau akhir pekan. Lalu apa saja keuntungan dari fun games bersama keluarga?


  • Anak-anak yang bermain permainan seperti di atas akan mendapatkan keterampilan baru yang bisa diaplikasikan di kehidupan sosial, seperti misalnya belajar untuk saling berbagi dan untuk bergantian satu sama lain.


  • Selain tentunya belajar keterampilan sosial, bermain game seru bareng keluarga juga bisa memberikan udara segar kepada anak. Di era modern dan digital seperti sekarang, mainan konvensional akan membuat anak-anak menghirup udara segar dan jauh lebih kreatif.


  • Hal terpenting, yang juga memiliki dampak positif kepada anak-anak adalah mereka akan belajar untuk bekerja sama satu sama lain, dan tentunya melatih komunikasi kepada orang di luar lingkaran mereka sendiri.




Alasan kenapa Hari Natal kamu butuh permainan keluarga


Hari Natal yang identik dengan liburan keluarga bisa menjadi sarana untuk bermain permainan seru bersama-sama. Tentunya, ini memberikan dampak positif jangka panjang yang terkadang banyak orang suka sepelekan, apa sajakah itu?


Menciptakan percakapan


Terkadang, rutinitas sangat sibuk membuat kita menyadari bahwa hal terpenting adalah keluarga, salah satunya anak yang bertambah dewasa. Ini membuat waktu bersama antara orang tua dan anak tidak banyak, jadi sudah sepatutnya jalur percakapan ini dibuka supaya komunikasi berjalan dengan baik.


Permainan seru pada Hari Natal bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengobrol namun dengan suasana yang santai dan tidak terlalu tegang, sehingga kamu bisa mendapatkan banyak obrolan menarik dan karakter dari anggota keluarga kamu.



Baca juga: tips meminta cuti


Bisa jadi tradisi


Jika kamu memilih untuk melakukan permainan pada saat Hari Natal, maka bukan tidak mungkin kamu sudah membuat tradisi baru. Apa sebenarnya yang membuat tradisi menarik? Adalah kegiatan yang direncanakan dan harus dilakukan tanpa interupsi lebih lanjut.


Tradisi bagus karena menciptakan kenyamanan dan juga familier sehingga seluruh anggota keluarga nyaman dan mau melakukan aktivitas ini secara berkala dan tiap tahunnya.


Kerjasama itu harus


Beberapa permainan akan sangat sulit dilakukan tanpa rekan. Kamu harus mempunyai rekan yang bisa diandalkan untuk permainan saat Hari Natal. Mulai dari sepupu kamu, ayah atau anak kamu atau siapapun yang bisa kamu andalkan untuk memenangkan pertandingan, atau setidaknya bisa memberikan dukungan saat kamu sedang bermain.


Kepercayaan diri


Meskipun tidak selalu harus ada pemenang ataupun yang kalah, permainan saat liburan keluarga seperti Hari Natal bisa menjadi ajang untuk menambah kepercayaan diri setiap anggota keluarga. Di penghujung tahun, kepercayaan diri bisa jadi bekal yang sangat berguna untuk menyambut awal tahun.


Bermain permainan bersama keluarga pada saat liburan Natal bisa menjadi sarana untuk menguatkan hubungan untuk menyambut awal tahun yang baru. Setiap anggota bisa berpartisipasi dengan semangat kompetisi namun juga ikut bersenang-senang untuk menghilangkan stres sepanjang tahun. Nah, jika kamu berencana untuk melakukan permainan saat liburan keluarga, namun tidak ingin terlalu ribet menyiapkan peralatan, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari penginapan yang juga menyediakan opsi permainan seru. Jika wilayah puncak yang kamu tuju, maka Villa Bango bisa menjadi opsi. Pesan kamar kamu sekarang melalui link yang satu ini supaya tidak kehabisan.












KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page