top of page

Kenalan dengan Mitos Tahun Baru

Ketika jarum jam sudah menyentuh angka 12 pada tanggal 31 Desember, hampir seluruh orang di dunia tahu apa artinya. Pergantian tahun yang dirayakan dengan petasan, kembang api dan orang-orang tersayang.




Baik kamu menghabiskan tahun baru di rumah, restoran atau tempat penginapan, perayaan tahun baru merupakan tradisi yang lebih besar daripada petasan atau kembang api, ada banyak mitos dan legenda tahun baru yang sudah sangat populer dan mungkin ada beberapa yang tidak kamu tahu. Seperti misal, tahukah kamu bahwa kamu ada mitos yang menyatakan bahwa kamu harus berhati-hati membiarkan orang masuk ke dalam rumah kamus saat tahun baru, juga mitos lainnya yang mungkin kamu mau terapkan untuk tahun baru yang sudah ada di depan mata.


Ciuman tengah malam


Ini mungkin merupakan salah satu mitos yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Meskipun ciuman merupakan simbol untuk menunjukkan semangat menyambut tahun baru, namun ada yang beranggapan ciuman kamu akan meninggalkan nilai sentimentil kepada orang tersebut sampai tahun depan alias pergantian tahun kembali.


Makan anggur


Ini merupakan sebuah mitos yang berkembang di salah satu negara Eropa yaitu Spanyol. Mitos yang satu ini lebih bermakna positif karena keberuntungan akan menyertai orang yang mengikutinya. Syaratnya pun juga mudah, kamu hanya perlu memakan 12 buah anggur saat jam 12 malam–satu untuk setiap bulan–dari tusuk satai yang umumnya diletakkan di atas cocktail.


Uang tunai


Apakah kamu menginginkan setahun penuh keuangan kamu terjaga? Maka kamu bisa lari ke mesin anjungan tunai mandiri terdekat dan isi dompet kamu dengan uang tunai. Selain itu, jangan pinjamkan uang sebelum pergantian tahun atau pada tanggal 1 Januari, juga jangan memulai tahun dengan utang yang tak terbayarkan, atau kamu akan mengalami kesulitan uang selama beberapa bulan kedepan.


Isi lemari sembako


Cari toko kelontong mana yang tetap buka pada tanggal 1 Januari, karena ada anggapan bahwa jika kamu memiliki lemari sembako yang kosong, maka mitos mengatakan bahwa kamu akan mengalami kesialan sepanjang tahun.


Buka pintu sebelum tengah malam


Mitos yang satu ini khusus membuka pintu sebelum tengah malam, ini berkaitan dengan membiarkan tahun lalu ‘keluar’ dari rumah kamu dan mempersilakan tahun baru ‘masuk’ ke dalam rumah. Jika kamu tinggal di daerah atau kota yang dingin, maka kamu tidak perlu membuka pintu rumah terlalu lama karena akan memengaruhi suhu yang ada di dalam rumah.



Membersihkan rumah


Mitos lainnya yang mungkin akan memicu perdebatan adalah tentang kebersihan. Jika kamu tipe yang sangat memercayai mitos dan dengan membersihkan atau mencuci barang-barang yang ada di rumah, kamu bisa membersihkan keberuntungan, maka jangan lakukan hal apapun yang bisa membersihkan keberuntungan kamu, termasuk di dalamnya mencuci piring atau mencuci baju.



Jangan menangis


Usahakan jangan menangis saat tahun baru, karena ketika kamu memutuskan untuk menangis saat tahun baru, ada anggapan bahwa kamu akan terus-menerus sedih sepanjang tahun.


Lobster


Ini merupakan mitos yang sebenarnya relatif populer di berbagai negara. Jika kamu merupakan tipe orang yang menyukai untuk menyantap makanan mewah, terutama ketika acara spesial seperti tahun Baru, maka ide untuk menyantap lobster mungkin bisa kamu tepikan terlebih dahulu. Banyak budaya beranggapan bahwa menikmati seekor lobster pada malam pergantian tahun bisa memberikan kesialan karena lobster bergerak mundur, yang pada akhirnya tiba pada kesimpulan bahwa kamu akan mengalami kemunduran selama setahun kedepan.


Jangan tinggalkan rumah


Jangan tinggalkan rumah pada tanggal 1 Januari sampai ada tamu yang datang. Selain itu, siapapun orang tersebut akan berpengaruh kepada keberuntungan kamu sepanjang tahun. Mitos ini juga berlaku di Skotlandia yang bahkan merekomendasikan tamu tersebut juga turut membawa hadiah.


Ikan Herring


Ini mungkin mitos yang cukup unik dan kamu tidak akan merasakannya yaitu berkaitan dengan ikan herring. Ikan yang populer di Eropa ini memang dianjurkan untuk dimakan pada tengah malam, terutama untuk dua negara besar Eropa yaitu Jerman dan Swedia.




Berisik


Tahun baru mungkin identik dengan suara yang berisik, dan kamu mungkin adalah tipe yang menyukai selebrasi, termasuk membeli kembang api dan terompet pada tahun baru. Tapi tahukah kamu bahwa selebrasi yang kini sudah sangat populer di seluruh penjuru dunia bahwa tradisi membuat berisik pada pergantian hari bertujuan untuk menakuti roh jahat dan setan-setan yang mengganggu?


Pertimbangkan untuk makan ayam


Serupa dengan lobster yang identik dengan jalan mundur, ayam juga merupakan hidangan yang memiliki mitos sendiri pada tahun baru. Alasannya pun sederhana, karena ayam memiliki sayap dan oleh karenanya bisa menyebabkan keberuntungan kamu terbang menjauh dari dirimu.


Koper kosong


Kamu bisa berkeliling di rumah menggunakan koper kosong selama beberapa menit, namun, ini berarti bahwa kamu sudah mempersiapkan diri untuk berpetualang di tahun depan menuju tempat-tempat yang sangat menarik.


Lahir pada tahun baru


Untuk kamu yang lahir pada tahun baru, maka kamu sangat beruntung, karena mitosnya kamu akan beruntung sepanjang hidup kamu, apalagi jika kamu lahir pada malam harinya sebelum pergantian tahun, maka keberuntungan kamu akan jauh lebih besar.


Pecahkan piring


Ini adalah salah satu mitos atau tradisi dari negara Denmark yang sudah mengakar. Mitos ini mengharuskan kamu untuk melempar piring di pintu rumah teman-teman dan keluarga kamu untuk keberuntungan. Semakin banyak pintu, maka semakin banyak juga keberuntungan yang akan kamu dapatkan.


Ini tentunya bukan mitos yang populer di negara lain, misal, jika kamu tinggal di Indonesia atapun negara lainnya, maka belum tentu tetangga kamu suka dengan tradisi ini, selain karena berisik, maka mereka juga harus membersihkan sampah yang tidak kamu buat sendiri.


Menarik melihat beberapa mitos tentang tahun baru yang memang sudah di depan mata, apalagi, selama ini kita hanya berfokus kepada perayaan tahun baru tanpa ingin mempelajari beberapa latar belakang atau kebiasaan yang memang sangat unik di belahan dunia lainnya, seperti di eropa atau benua lainnya.


Selain mempelajari tentang mitos tahun baru, hal terpenting dari tahun baru adalah menyiapkan tempat berlibur yang nyaman dan tidak mengganggu kualitas liburan kamu. Untuk hal ini, kamu bisa menyerahkan ke Villa Bango yang memang memiliki sistem privat dan juga beberapa fasilitas tambahan yang tentunya membuat kualitas liburan tahun baru kamu semakin menyenangkan.


Beberapa fasilitas tambahan seperti barbekyu atau katering tentu akan membuat pengalaman liburan kamu jauh lebih menyenangkan, terutama jika kamu pergi bersama keluarga yang notabene membutuhkan perhatian khusus. Untuk memastikan bahwa slot kamar kamu masih tersedia, atau pemesanan kamar untuk periode waktu lainnya, kamu bisa mengeklik link satu ini untuk pemesanan.







KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page