top of page

Kenapa Perencanaan Penting Saat Liburan?

Tahun baru telah tiba dan juga kemunculan hal-hal yang terbatas selama satu tahun kalender kedepan. Jika salah satu resolusi tahun baru kamu adalah lebih banyak bepergian, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai merencanakan perjalanan kamu berikutnya. Entah seorang diri, bersama keluarga atau bersama pasangan




Melakukan perencanaan liburan mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi sebenarnya ada banyak keuntungan jika kamu mempersiapkan hal yang mesti dilakukan jauh-jauh hari sebelum melakukan keberangkatan. Berikut adalah delapan manfaat merencanakan perjalanan jauh hari sebelum liburan:


Lebih ‘Murah’

Kenangan yang akan kamu buat dalam perjalanan tidak ternilai harganya. Namun untuk mencapai tujuan kamu—termasuk tinggal di hotel yang nyaman, mencoba semua restoran yang enak, dan menikmati semua pengalaman lokal yang autentik—memerlukan investasi finansial jangka panjang


Salah satu manfaat utama merencanakan perjalanan jauh-jauh hari adalah memiliki waktu untuk menabung. Jadi, setiap destinasi wisata yang kamu kunjungi, hotel tempat kamu beristirahat, maupun restoran ikonik di destinasi wisata, akan terasa jauh lebih murah dibandingkan jika kamu tidak melakukan perencanaan.


Destinasi Wisata yang Tepat Sasaran


Dengan begitu banyak tempat menakjubkan untuk dilihat di dunia maupun Indonesia, mungkin sulit untuk memutuskan ke mana harus pergi pada liburan Anda berikutnya. (Banyuwangi memiliki kuil Savanna in Africa yang menakjubkan, Ambon bisa jadi surga untuk menikmati pantai, dan kamu dapat melihat budaya unik di Tanah Toraja. Dan ini hanya untuk beberapa nama!) Jika kamu bepergian dengan teman, penting untuk menemukan tur atau pemandu yang akan mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan setiap orang.


Merencanakan perjalanan kamu sebelum keberangkatan memungkinkan setiap orang untuk memikirkan apa yang mereka inginkan dari perjalanan, serta kerangka waktu ideal mereka untuk bepergian. Dengan cara ini, kamu pasti akan menemukan tur yang akan membuat semua orang senang! Atau bahkan diri kamu sendiri jika kamu memutuskan melakukan perjalanan seorang diri.


Lebih Memahami Destinasi Wisata


Saat kamu merencanakan liburan jauh hari, kamu dapat menggunakan waktu sebelum perjalanan untuk mempelajari panduan tujuan dan sumber daya lainnya yang bisa membantu kamu. Ini akan menjadi hal vital bagi kamu untuk mengenal tempat-tempat yang kamu tuju, dan memutuskan bagaimana menghabiskan waktu luang kamu di sana.


Merencanakan perjalanan sebelumnya memberi setiap orang waktu untuk mempertimbangkan dengan matang ke mana mereka ingin pergi dan apa yang ingin mereka rasakan, serta kerangka waktu yang tepat sasaran mereka untuk bepergian. Dengan cara ini, ketika saatnya tiba, kamu dapat bersantai dan menikmati liburan kamu dengan pikiran bahwa semuanya sudah selesai diurus.


Kamu bisa berlibur lebih lama


Jika kamu mempunyai impian untuk melakukan perjalanan yang lebih lama di masa mendatang, sebaiknya mulailah merencanakannya sekarang. Dengan cara ini, kamu akan memiliki banyak waktu untuk berkoordinasi dengan rekan kerja dan membuat semua penyesuaian yang diperlukan sebelum berlibur.


kamu harus meminta cuti dari pekerjaan, mengatur babysitter, dan hal-hal lainnya supaya kamu dapat bersantai dan menikmati perjalanan kamu tanpa khawatir terburu-buru pulang.


Potensi tiket Murah


Tentunya adalah sebuah hal wajar dan bisa membuat frustasi jika mengetahui bahwa harga tiket telah naik. Itu sebabnya, melakukan perencanaan sangat penting sehingga kamu dapat mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Apalagi, opsi penerbangan sekarang sudah semakin banyak jadi persaingan harga tiket tentunya akan lebih mudah untuk dilakukan.


Akses ke acara spesial


Menghadiri acara khusus, waktu terbatas, atau acara musiman adalah hal yang luar biasa dan dapat menambahkan sentuhan unik ke tempat-tempat yang kamu kunjungi pertama kali dan baru kembali. Meski demikian, hal-hal menarik ini itu juga bisa menimbulkan kendala, seperti tidak ada kamar di hotel, restoran yang dipesan penuh, dan tiket acara yang hampir tidak mungkin didapat. Kecuali jika kamu merencanakan jauh sebelumnya.


Di antara banyak manfaat bepergian pada tahun 2023 untuk jenis acara ini adalah perencana perjalanan yang bisa kamu lakukan dengan sedikit riset dan tanpa bantuan profesional.


Antisipasi


Meskipun tidak ada yang sebanding dengan benar-benar menikmati pemandangan, suara, rasa, dan tradisi suatu destinasi saat melakukan tur, salah satu manfaat bepergian di tahun 2023 adalah memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati antisipasi karena sudah lebih dulu melakukan perencanaan


perencana perjalanan dapat membantu mewujudkan perjalanan impian kamu asal dilakukan dengan benar. Mulai dari menemukan penerbangan dan akomodasi terbaik yang sesuai dengan anggaran dan jadwal kamu, juga hal-hal lainnya yang tentunya mungkin tak terlihat jika kamu tidak melakukan perencanaan lebih dahulu.


Terkoneksi


Di antara banyak keuntungan dari perjalanan kelompok adalah menjelajah bersama teman-teman wisata yang sama-sama ingin tahu dan memiliki jiwa petualang yang sama—dan hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa menjalin pertemanan baru seumur hidup di sepanjang jalan.


Bonus lain dari merencanakan perjalanan sebelumnya: menghabiskan waktu sebelum tur untuk mengenal sesama turis. Media sosial membuat ini lebih mudah dari sebelumnya. Banyak perusahaan membuat grup untuk setiap tur yang akan datang di Facebook, Instagram, atau bahkan Discord, sehingga kamu dapat mulai mengenal orang-orang yang akan menghabiskan perjalanan kamu bahkan sebelum kamu secara fisik bertemu mereka.




Ramah untuk keluarga


Merencanakan perjalanan bisa sangat menyenangkan, tetapi sangat penting untuk tidak lupa hal-hal penting ke depan agar kamu tidak terlantar tanpa tempat menginap untuk setiap malam.


Memesan hotel jauh-jauh hari akan memberikan kamu ketenangan pikiran, dan jika kamu memiliki anak, pastikan tujuannya berada dalam jarak berkendara sehingga mereka tidak terlalu lelah saat kamu mencapai tujuan akhir.


Mengunjungi tempat-tempat wisata, restoran, dan perhentian unik di sepanjang jalan akan membuat perjalanan darat semakin menyenangkan dan berkesan. Perjalanan adalah tujuannya, dan jika kamu merencanakannya dengan benar, Anda akan bersenang-senang.


Melalukan perencanaan sangat penting sebelum melakukan perjalanan karena kamu akan melakukan perjalanan dengan pikiran yang segar, tanpa perlu memikirkan hal-hal yang membuat stres dan khawatir. Perencanaan yang matang memang bisa dilakukan seorang diri, namun jika kamu berencana untuk melakukan perjalan dengan grup atau rombongan, maka ada baiknya kamu melakukan pertemuan untuk membahas hal-hal atau destinasi mana saja yang sesuai dengan waktu dan anggran masing-masing anggota grup.


Jika memang dirasa ada beberapa hal yang memberatkan, sebaiknya dilakukan perencaanan ulang untuk hal-hal tertentu.


Berbicara tentang grup, salah satu hal yang bisa kamu rencanakan adalah tempat penginapan yang bisa menampung banyak orang. Dan untuk hal ini, kamu bisa memilih Villa Bango sebagai penginapan kamu, karena bukan hanya kapasitasnya yang mencapai 30 orang, namun beberapa paket penting seperti katering dan hal lainnya bisa melancarkan perjalanan kamu. Pesan kamar kamu dan rombongan sekarang melalui link satu ini.









KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page