top of page

Rekomendasi Aktivitas Selama Liburan Bareng Keluarga

Ada banyak alasan kenapa kita memerlukan liburan, salah satu faktor utamanya adalah karena semua orang membutuhkan tempat baru untuk bersantai dan juga bersenang-senang. Baik ketika liburan sendiri atau bersama keluarga, hal terakhir yang kita inginkan tentu merasa bosan saat liburan. Jadi, penting bagi kita untuk melakukan perencanaan secara matang, termasuk melakukan riset untuk berbagai tipe aktivitas yang bisa dilakukan selama liburan supaya bisa menyenangkan dan tidak terlupakan.




Meskipun setiap daerah atau tujuan liburan memiliki ciri khasnya masing-masing, ada hal-hal sama yang bisa kamu masukkan ke dalam catatan atau perencanaan perjalanan kamu. Mulai dari hal-hal gratis yang bisa kamu coba saat liburan, beberapa aktivitas murah yang tidak bikin boncos anggaran, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa hal seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan saat liburan, termasuk aktivitas unik yang bahkan sebelumnya tidak kamu pikirkan. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas liburan bareng keluarga.


Aktivitas Gratis


Ketika kamu melakukan riset untuk melakukan aktivitas untuk liburan kamu selanjutnya, kamu mungkin akhirnya menemukan banyak hal menyenangkan. Meskipun banyak hal yang bisa kamu lakukan, kebanyakan dari kita tentu tidak memiliki anggaran berlebih untuk melakukan banyak aktivitas. Jadi, untuk memaksimalkan anggaran liburan kamu dengan tepat, kamu kemungkinan besar harus mencari aktivitas yang seru dan tidak menguras kantong. Berikut beberapa rekomendasinya.


Berjalan-jalan


Jalan-jalan adalah salah satu hal favorit yang bisa kamu lakukan selama liburan. Ini cara yang luar biasa untuk mengenal area tempat liburan kamu, sekaligus bersenang-senang dan berkontemplasi. Kamu bisa berjalan-jalan di dekat hotel, atau berjalan-jalan di lingkungan pusat kota atau daerah tempat kamu berlibur. Ketika berjalan-jalan, kamu akan jauh lebih senang karena dapat menikmati pemandangan, suara, bau. Tentu saja, selain menikmati waktu berkualitas, kamu juga harus memperhatikan lokasi dan menjaga keamanan.


Game Foto


Hampir seluruh orang suka mengambil foto ketika melakukan perjalanan dengan berbagai alasan, misal sebagai kenang-kenangan atau untuk diunggah ke media sosial. Jika kamu suka mengambil foto, maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya permainan saat liburan bersama keluarga. Ada banyak foto-foto dari tempat liburan kamu yang bisa diambil di internet atau kamu bisa mengambilnya sebelum anggota keluarga atau partner kamu bangun. Kamu bisa mengambil beberapa foto dan menyembunyikan objek lalu meminta anggota keluargamu untuk melakukan perburuan. Kamu bisa mengambil beberapa spot dengan agak berbeda, misal dari sudut pengambilan gambar atau gambar yang diperbesar supaya permainannya lebih seru.


Tempat Wisata Gratis


Meskipun banyak hal yang ingin kita lakukan pada liburan kita mungkin memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu melakukan riset lebih dalam, kamu akan menemukan beberapa destinasi wisata lokal dan bahkan museum yang gratis. Misalnya, Museum Joang 45 yang berlokasi di Jalan Menteng, yang telah berdiri sejak tahun 1974, bisa menjadi opsi kamu.


Sebagai museum yang telah berdiri dari tahun 90-an, kamu akan menemukan suasana yang sangat jadul dari museum ini. Selain itu, kamu juga akan menemukan beberapa fakta baru jika mengunjungi museum, termasuk fakta sejarah yang sebelumnya tidak kamu ketahui.


Ruang Terbuka Hijau


Di beberapa destinasi wisata, kamu kemungkinan besar akan menemukan banyak taman atau ruang terbuka hijau. Ini juga bisa masuk menjadi opsi kamu sebagai aktivitas yang gratis. Di kota-kota besar seperti Jakarta, dan kota lainnya, banyak taman atau ruang hijau dengan berbagai skala. Kamu dan keluarga bisa duduk bersantai sambil melihat aktivitas warga sekitar.


Jika kamu berlibur dengan membawa hewan peliharan, ruang terbuka hijau atau taman bisa menjadi opsi tempat bermain peliharaan kamu supaya ia juga tidak stres dan bisa mempunyai waktu bersenang-senang.


Kunjungi Pantai


Jika kamu cukup beruntung untuk berlibur ke tujuan dengan pantai yang bagus, maka kemungkinan besar mengunjungi pantai sudah menjadi bagian perencanaan perjalanan kamu dan keluarga. Pantai adalah hal gratis yang sangat disarankan untuk dikunjungi saat liburan. Sekadar untuk nongkrong di pantai sepanjang hari, atau bahkan hanya datang untuk menikmati matahari terbenam pagi atau sore hari bisa menjadi opsi.


Kamu juga tidak harus berada di pulau tropis atau dekat laut untuk menikmati pantai yang bagus. Banyak tempat yang mungkin kamu kunjungi bisa memiliki danau dengan area pantai yang bisa kamu nikmati, baik seorang diri ataupun bersama keluarga.



Aktivitas Murah


Selain aktivitas gratis, ada juga beberapa aktivitas yang lumayan murah yang bisa kamu coba. Apa sajakah itu.


Berkemah di alam terbuka - Ini adalah pilihan yang menyenangkan dan murah untuk liburan keluarga. Kamu dapat menyewa peralatan kemah atau membelinya sendiri dan menikmati waktu bersama keluarga di alam terbuka yang mungkin jarang kamu nikmati.


Membuat masakan bersama - Membuat makanan bersama-sama dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan untuk liburan keluarga. Kamu dapat membuat makanan favorit keluarga dan menikmatinya bersama sekaligus membuat waktu berkualitas yang mungkin jarang kamu lakukan.


Olahraga bersama - Olahraga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sehat untuk liburan keluarga. Ada Beberapa aktivitas atau olahraga yang bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga seperti bermain sepak bola, basket, atau olahraga lainnya bersama keluarga.



Kenapa Liburan Penting?


Selain fokus kepada aktivitasnya, ada beberapa hal penting atau manfaat dari liburan bersama keluarga.. Beberapa di antaranya:


Mengurangi stres: Liburan dapat membantu mengurangi tekanan dan stres yang terkumpul selama hari-hari kerja atau sekolah. Aktivitas liburan yang menyenangkan dapat membuat seseorang merasa lebih rileks dan tenang untuk menghadapi kesibukan yang sudah menghadang di depan


Menambah kualitas hidup: Liburan dapat membantu seseorang merasa lebih segar dan bahagia, sehingga dapat menambah kualitas hidup secara keseluruhan, baik untuk individu maupun untuk harmonisasi keluarga.


Meningkatkan hubungan sosial: Liburan dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan keluarga dan teman-teman. Aktivitas liburan yang dilakukan bersama dapat menjadi kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati waktu bersama orang yang dicintai, termasuk di dalamnya bercerita tentang banyak hal yang mungkin tidak ditemukan saat berkegiatan sehari-hari.


Memperbaiki kesehatan fisik: Liburan dapat menyediakan kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan, berkemah, atau berolahraga. Aktivitas fisik dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental yang mungkin bisa meningkatkan kualitas hidup kamu dan keluarga.


Menambah wawasan: Liburan dapat menyediakan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan menambah wawasan. Aktivitas seperti mengunjungi museum, pameran, atau tempat wisata dapat memberikan kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru.



Melakukan liburan bersama keluarga tentunya melibatkan banyak aktivitas, sehingga penting bagi kamu untuk mencari penginapan yang bukan hanya privat, tapi juga luas. Kamu bisa menjadikan Villa Bango opsi untuk menikmati aktivitas di atas dengan booking di link ini.













bottom of page