top of page

Tips Jaga Resolusi Olahraga di Tahun Baru

Tahun baru memang merupakan salah satu anugerah bagi banyak orang, salah satunya adalah orang yang ingin membangun kebiasaan sehat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tahun baru adalah titik awal untuk menjalankan resolusi, salah satu yang paling populer adalah berolahraga atau membangun pola hidup yang lebih baik.




Ini juga didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Scranton, yang menyatakan bahwa hampir sepertiga dari seluruh resolusi yang ada di seluruh dunia berfokus kepada kesehatan atau membangun pola hidup yang sehat, termasuk di dalamnya memulai program penurunan berat badan.


Sayangnya, tingkat keberhasilan tidak sebanding dengan keinginan orang untuk memulai pola hidup sehat, karena pada banyak kasus, justru banyak orang yang gagal melakukan resolusi ini.


Jika kamu salah satu orang yang tertarik untuk mengubah gaya hidup di tahun 2023, maka kamu berada di tempat yang tepat. Berikut beberapa tips jaga resolusi hidup sehat yang bisa kamu ikuti supaya gaya hidup sehat kamu bisa berjalan dengan baik.


Sederhana


Banyak orang gagal menjalani atau mengubah gaya hidup sehat karena mereka menginginkan sesuatu yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Perubahan ekstrem ini tentunya berdampak kepada banyak hal, salah satunya adalah kekecewaan dan rasa bersalah yang sebenarnya sangat bisa dihindari. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa fokus kepada satu atau dua hal yang benar-benar ingin kamu tuju supaya tingkat keberhasilan kamu meningkat.


Pertimbangkan matang-matang


Terkadang kamu mencari terlalu banyak referensi, baik dari media sosial atau teman-teman terdekat, tentang olahraga yang bisa mengurangi banyak berat badan. Hal ini bisa membuat kamu semakin bingung dan bisa mengubah pendekatan kamu terhadap berolahraga yang bisa membuat kamu stres. Untuk itu, usahakan untuk lebih berkonsentrasi atau fokus kepada olahraga yang kamu sukai, karena dengan begitu kamu akan menjadi lebih bahagia, nyaman untuk menjalankannya dan tentunya akan lebih cepat puas.



Formula ajaib


Dalam olahraga, apapun bentuknya, ada sebuah formula yang populer yaitu FITTE yang merupakan akronim dari frekuensi, intensitas, time, tipe dan enjoyment. Tentu semua ini sama pentingnya, walaupun jika dikerucutkan maka kenikmatan atau enjoyment adalah yang paling penting.


Jika kamu menyukai salah satu olahraga, maka mulai upayakan untuk menjadikannya rutinitas, misal, bangun atau bergabung dengan komunitas, mencari metode terbaik dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu memaksakan untuk menikmati olahraga yang bahkan kamu sendiri tidak menyukainya.


Tetap realistis


Tips lainnya untuk kamu yang ingin lebih bugar di tahun 2023 adalah menjadi lebih realistis. Jangan terlalu obsesi untuk mengurangi berat badan secara ekstrem. Pertimbangkan banyak faktor, seperti kesibukan kamu dan hal lainnya yang bisa menjadi tantangan. Dengan mengetahui realita yang ada, kamu bisa lebih realistis dalam menjalankan resolusi.


Buat checkpoint


Ini berhubungan dengan obsesi dalam menjalankan resolusi. Daripada langsung berfokus untuk menyelesaikan banyak hal dalam satu periode, misal mengurangi berat badan, akan lebih baik jika kamu membaginya menjadi pencapaian dalam beberapa bulan, misal untuk 3 bulan sekali.


Namun checkpoint ini juga harus realistis. Misal, dalam 3 bulan kamu mau menurukan 2 kilogram berat badan, atau jika kamu tidak begitu ingin menurunkan banyak berat badan, bisa diperpanjang menjadi 4 bulan atau 6 bulan. Intinya, checkpoint yang harus dilakukan harus realistis dan tidak mempersulit program mengubah gaya hidup kamu.


Perencanaan waktu


Memiliki perencanaan waktu atau timeline untuk mengubah pola hidup juga sama pentingnya karena dengan menciptakan hal ini, kamu tidak mengendurkan semangat resolusi kamu. Jangka waktu juga penting karena menjadi parameter perkembangan perubahan gaya hidup kamu.


Kamu bisa menggunakan ponsel pintar kamu atau buku catatan untuk merencanakan kegiatan apa yang ingin kamu capai per minggu atau per bulan. Jika ternyata melenceng dalam perencanaan waktu kamu, kamu bisa melakukan evaluasi tiap bulan apakah ada kesalahan dari diri kamu atau ada faktor eksternal yang tidak kamu pertimbangkan.


Hadiah untuk diri sendiri


Ketika membuat rencana, salah satu bagian terpenting adalah memberi diri sendiri penghargaan atau hadiah jika telah mencapai suatu tahapan penting atau checkpoint. Namun hati-hati, jangan sampai membahayakan tujuan utama dari apa yang kamu tuju.




Perbanyak dukungan


Meskipun perjalanan resolusi harus kamu selesaikan dengan diri sendiri, namun dukungan dari orang luar juga sama pentingnya. Keberadaan faktor eksternal berperan penting supaya kamu bisa menjalankan resolusi juga sudah di ambang kegagalan. Pilih secara bijak orang-orang yang dapat dipercaya dan teman yang suportif, lalu jelaskan pada mereka mengenai resolusi tahun baru kamu juga termasuk di dalamnya perencanaan waktu kamu.


Jangan sungkan untuk meminta bantuan jika kamu mengalami kesulitan, sehingga perjalanan mengubah gaya hidup kamu tidak terlalu sulit.


Jangan menyerah


Terkadang, mengubah gaya hidup yang sudah berjalan selama bertahun-tahun tentunya sulit dan pasti akan ada kesalahan yang kamu lakukan. Namun, jangan jadikan ini sebagai sebuah alasan untuk menyerah. Kamu bisa bangkit dan memupuk kembali kepercayaan diri kamu untuk berhasil menjadi lebih sehat di tahun 2023. Jangan sungkan untuk maafkan diri sendiri dan lanjutkan terus perjuanganmu di tahun 2023 ini.


Kontrol diri kamu


Semua pencapaian kamu tentunya di bawah kendalimu. Orang lain dapat memberi saran dan dukungan, tapi kamu sendiri yang akan menentukan bagaimana hasilnya nanti. Mereka yang terus menerima omongan orang lain tanpa mendengarkan selain dirinya sendiri, tidak akan bisa melakukan perubahan, termasuk gaya hidup yang lebih sehat.


Menjadi lebih sehat di tahun 2023 tentunya akan jauh lebih baik bukan hanya untuk tahun ini, namun juga untuk beberapa tahun kedepan. Kesehatan termasuk investasi yang tak ternilai harganya, karena dengan menjadi lebih sehat, kamu tentunya akan lebih produktif dan menyelesaikan banyak hal, yang dalam jangka panjang bisa mempermudah kamu untuk mencapai beragam cita-cita yang akan jauh lebih sulit jika kamu tidak memiliki badan yang bugar.


Badan yang bugar juga tentunya bisa menjadikan mood kamu lebih baik, yang akan membuat aura positif bisa menyebar untuk orang-orang yang ada di sekeliling kamu.


Selain mengubah pola hidup di rumah, berolahraga di tempat liburan juga bisa membantu kamu untuk menjalani resolusi penuh perubahan ini. Villa Bango sebagai villa yang mempunyai sistem privat tentunya bisa menjadi pilihan bagi kamu, karena selain bisa menampung banyak orang, Villa Bango juga mempunyai berbagai macam fasilitas yang sangat cocok kamu coba, seperti lapangan bulu tangkis, basket hingga kolam renang yang bisa menunjang aktivitas kesehatan kamu. Dengan berbagai fasilitas ini tentunya sayang jika kamu melewatkannya, pesan kamar kamu di Villa Bango melalui link ini supaya tidak kehabisan ya!

















KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page