top of page

Tips Menjaga Resolusi Tetap Berjalan

Menurut riset terbaru, hanya 12% orang di seluruh dunia yang bisa berhasil menjalankan resolusinya selama setahun penuh. Ini menunjukkan satu hal, bahwa perubahan itu berat. Namun, bukan berarti tidak mungkin.




Di penghujung tahun ini, selain merayakan liburan bersama orang-orang tersayang dan merayakan tahun baru seutuhnya, tidak ada salahnya untuk membuat atau menulis daftar resolusi yang ingin kamu capai di tahun depan.


Setelah menulis resolusi apa yang ingin kamu capai, kamu bisa mulai membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menaklukkan resolusi kamu dan mulai mengubah diri kamu menjadi pribadi yang memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.


Alasan kenapa resolusi gagal


Sebelum menentukan resolusi apa yang kamu ingin capai, penting untuk mengetahui beberapa alasan kenapa terkadang resolusi bisa gagal.


Tujuan yang tidak jelas


Setiap akhir tahun kamu ingin menurunkan berat badan, berhenti merokok atau mengurangi alkohol, yang semuanya adalah tujuan umum yang selalu terucap setiap tahunnya oleh banyak orang. Tahukah apa persamaan dari ketiga hal tersebut? Kebanyakan resolusi tahun baru terlalu abu-abu dan hanya berfokus kepada hasil daripada detail dan berorientasi para proses.


Dengan kata lain, tujuan mengurangi berat badan bukan hanya tentang apa yang kamu lakukan.


Bagi sebagian kita, ada tantangan yang sangat besar yang umumnya mengubah pola kehidupan kita, gaya hidup, kebiasaan, bahkan kemampuan kognitif.


Terkadang kita juga merasa bahwa perubahan besar ini tidak mampu kita cerna dengan baik, padahal justru bagian ini yang sangat penting, proses yang sangat sepadan dengan tenaga dan waktu yang kita habiskan.


Tidak mencatat


Perubahan bisa sangat candu, tapi apakah pernah kamu pernah memikirkan visual akhirnya? Karena resolusi tahun baru cenderung melibatkan perubahan kecil dan bertahap, kita tidak dihadapkan pada perubahan yang cukup besar. Itu kenapa penting untuk mencatat setiap progres yang kamu jalani.


Entah itu menghilangkan berat badan atau mengurangi asupan alkohol kamu, ada banyak aplikasi ponsel pintar di luar sana yang bisa membantu kamu untuk mencatat progres kamu, sehingga kamu bisa mencatat sekaligus menciptakan skenario atau jadwal untuk mendukung program kamu.


Bahkan ketika kamu tidak rajin atau terlupa untuk tetap berolahraga, melihat apa yang telah kamu capai tentunya akan menambah motivasi kamu untuk lebih giat lagi.



Kamu tidak punya tujuan


Mungkin sebagian dari kamu memiliki keinginan untuk memiliki bentuk perut yang bagus, atau hal-hal yang identik dengan visual lainnya. Tapi untuk apa? Terkadang kita terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu untuk menyenangkan orang lain, sehingga melupakan fokus alasan utama kenapa mereka mau melakukan perubahan tertentu.


Terlalu banyak tujuan


Ketika kamu terlena dengan optimisme ala tahun baru, terkadang kamu tergoda untuk mengubah segala aspek negatif dari hidup kamu sekaligus, tapi riset menunjukkan bahwa upaya ini tidak akan mengalami kesuksesan.


Contohnya, kamu mungkin ingin menurunkan berat badan, mengubah karir, pindah ke rumah baru dan juga membaca buku, tapi manusia normal mana yang punya waktu untuk mewujudkan ini semua?


Untuk membuat diri kamu punya peluang untuk meraih kesuksesan mewujudkan resolusi, jangan terlalu berkeras untuk mencoba semuanya. Fokus kepada satu tujuan utama dan berikan energi kamu untuk mewujudkan energi ini.



Tips supaya resolusi tetap berjalan


Setelah mengetahui beberapa masalah utama dari kenapa resolusi tidak berjalan dengan baik, sekarang berlanjut ke beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencapai dan mewujudkan resolusi-resolusi ini.


Buat tujuan yang kecil


Coba buat tujuan terkecil yang bisa kamu pikirkan, yang bisa menjadi langkah awal untuk menuju tujuan yang lebih besar.


Contoh, misal resolusi kamu adalah membaca lebih banyak, namun kamu tidak pernah membaca buku sebelumnya, dan terakhir kali membaca pada bangku SMA atau SMP.


Membaca buku yang dengan judul yang berat mungkin bukan ide yang bagus dan realistis. Lebih baik kamu menciptakan tujuan kecil mulai dari membaca per bab atau halaman dari penulis yang lebih familier, dan hanya menghabiskan waktu tak lebih dari 5 menit. Setelah mencapai ini, kamu baru bisa beranjak ke hal kecil lainnya.


Cari motivasi utama


Apakah kamu mempunyai motivasi implisit, seperti misalnya, ingin membaca lebih banyak atau hanya terdorong membaca ketika melihat iklan acak di media sosial yang mengatakan bahwa untuk menjadi petinggi yang sukses, kamu wajib membaca banyak buku?


Sisihkan waktu untuk memikirkan tentang apa yang kamu inginkan dan apa motivasi kamu. Bagaimana membaca bisa membantu kehidupan kamu? Mungkin pekerjaan kamu menghargai kelancaran berbicara maupun pemilihan kata. Mungkin kamu perlu menjauh dari gawai dan alat-alat elektronik. Mungkin kamu lebih ingin menjadi orang yang memahami budaya.


Tidak ada jawaban yang salah atau benar, namun, ada baiknya kamu menentukan manakah tujuan yang bisa membuat kamu menjadi lebih baik



Mengejar bukan dikejar


Riset menunjukkan bahwa resolusi yang memaksa kita untuk bergerak misal, resolusi yang memaksa kita untuk beraktivitas seperti ke pusat kebugaran, cenderung memiliki potensi untuk lebih berhasil, jika dibandingkan dengan resolusi sebaliknya, seperti berhenti dari alkohol.


Contoh lainnya, jika kamu pekerja profesional yang mencari cara bekerja yang lebih efektif di kantor, kamu bisa mengubah prinsip “saya akan membiarkan kotak masuk email penuh” menjadi “saya akan merespon email dengan cepat”. Prinsip kecil seperti ini tentunya akan berdampak positif.


Progres


Di awal artikel telah dibahas bahwa melihat progres bisa menjadi motivasi utama untuk tetap menjalani resolusi kamu. Entah itu mencatat di atas kertas atau menggunakan kompyter jinjing. Apalagi, seiring perkembangan waktu, sudah banyak aplikasi pencatat seperti Google Sheet dan lain sebagainya. Semua hal ini bisa membuat kamu lebih mudah dalam mencatat progres, sehingga kamu semakin gigih dan disiplin dalam mewujudkan resolusi kamu.


Menjaga resolusi untuk tetap berjalan sepanjang tahun memang merupakan tantangan yang berat, namun dengan memahami kenapa resolusi bisa gagal dan bagaimana tips menjaga resolusi, maka kamu bisa menjalankan resolusi 2023 dengan lebih meyakinkan, bukan hanya untuk kamu, juga untuk orang lain.


Namun, sebelum jauh membicarakan resolusi, akhir tahun identik dengan liburan yang memang umum dilakukan oleh banyak orang untuk menyegarkan pikiran. Jika kamu dalam waktu dekat butuh waktu yang tenang untuk memikirkan resolusi, maka Villa Bango adalah jawaban yang sangat cocok buat kamu. Dengan sistem privat, maka selain bersenang-senang kamu bisa merancang resolusi yang sesuai dengan tips yang telah dijabarkan di atas. Supaya kamu tidak kehabisan slot baik untuk akhir tahun, awal tahun atau seterusnya, kamu bisa mengamankan kamar kau sekarang melalui link yang satu ini. Pesan sekarang jangan sampai menyesal jika kehabisan kamar ya!



















Comentários


bottom of page