top of page

Tips Puasa Ramadan 2023 yang Wajib Kamu Coba!

Updated: Mar 23, 2023

Tak terasa sudah memasuki satu minggu menuju bulan suci umat Muslim seluruh dunia, yaitu bulan ramadhan. Bulan yang dikenal dengan bulan turunnya Alquran ini dijalani oleh umat Muslim dengan berpuasa selama satu bulan penuh, memperbanyak membaca Alquran, dan ditutup oleh Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda kemenangan umat Muslim yang telah menjalani satu bulan penuh menahan nafsu. Tak jarang ketika menjalani ibadah puasa, rasa bosan dan lapar seringkali datang menghampiri. Tak cukup sampai di situ, bagi sebagian orang yang belum terbiasa puasa pasti sering kali merasakan ngantuk pada saat puasa, khususnya di siang hari.


Jangan khawatir! Banyak tips puasa yang dapat kamu coba untuk puasa yang lebih asyik pada bulan ramadhan nanti. Kali ini, Villa Bango tak hanya merangkum tips berpuasa untuk kamu yang menjalankan, namun Villa Bango juga akan berbagi langkah-langkah menjaga kesehatan di bulan ramadhan dengan tips sehat saat puasa pada bulan ramadhan yang akan datang minggu depan.


Beribadah Bersama Keluarga
Beribadah Bersama Keluarga


Tips Puasa ala Villa Bango

Pernah merasa bosan saat puasa? Atau bahkan rasa ngantuk yang luar biasa hingga menghabiskan hari-hari bulan ramadhan dengan tidur siang? Itu tandanya kamu sedang mengalami masa-masa jenuh saat berpuasa. Hal tersebut adalah hal yang wajar karena bagi sebagian orang, puasa mungkin bukan hal yang rutin dilakukan setiap bulannya. Sehingga ketika mereka melaksanakan puasa wajib di bulan ramadhan, bosan dan ngantuk yang hebat sering kali melanda terutama di siang hari. Bagi kamu yang merasakan hal-hal tersebut dan merasa cukup terganggu, kamu mungkin bisa melakukan beberapa tips puasa ala Villa Bango di bawah ini.


1. Niatkan untuk Beribadah

Hal-hal seperti bosan dan ngantuk mungkin bisa menjadi salah satu godaan saat melakukan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Namun, hal tersebut bisa saja hanya godaan sementara yang akan hilang beberapa saat setelahnya. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu ingat bahwa puasa di bulan suci ramadhan memberikan banyak pahala dan makna yang mendalam sehingga kamu bisa lebih fokus dan khusyu ketika menjalaninya. Hal ini juga dapat menjadi reminder untuk kamu agar tetap semangat berpuasa karena puasa di bulan suci ramadhan hanya terjadi sekali dalam setahun dan pastinya sangat memorable setiap tahunnya.


2. Membaca Alquran dan Beribadah

Setelah meyakini dan mengingat mengenai pahala dan makna dari puasa di bulan suci ramadhan, tips puasa selanjutnya adalah membaca Alquran dan beribadah. Membaca Alquran adalah hal yang paling mulia ketika bulan ramadhan karena pada bulan ini lah Alquran diturunkan, sehingga membuat kita lebih merasakan dalamnya makna ramadhan yang sedang dijalani. Jika kamu sudah berkeluarga, kamu bisa menjalankan tips puasa ini bersama keluargamu, lho! Agar manfaat yang didapat dari tips puasa ini juga dapat dirasakan oleh anggota keluarga.


3. Menonton Serial atau Film

Tips puasa kali ini mungkin akan berbeda jauh dengan tips-tips puasa lainnya. Yup! Maraton nonton serial atau film dapat menjadi salah satu solusi bagi kamu yang bosan dan ngantuk saat sedang puasa. Dengan memilih serial atau film yang pas, kamu tidak akan merasakan waktu yang berjalan karena terfokus pada alur cerita yang dibawakan. Sehingga, kamu akan merasa waktu berjalan lebih cepat setelah merampungkan serial dan film yang kamu sukai tersebut. Eits, tapi jangan sampai kamu menonton serial atau film yang menunjukkan kelezatan makanan, ya! Nanti makin laper!


4. Membersihkan Kamar atau Rumah

Selain menonton serial atau film, hal lainnya yang membuat waktu terasa berjalan cepat ialah membersihkan kamar atau rumah. Selain sebagai persiapan menuju lebaran, aktivitas ini akan membuat kamu lupa akan waktu dan akhirnya membuang rasa bosan dan ngantuk ketika berpuasa. Meski begitu, jangan terlalu lelah ketika membersihkan kamar atau rumah, ya. Karena hal tersebut akan memicu haus dan lapar yang dapat membuat kamu melihat jam untuk menghitung berapa jam lagi menuju azan maghrib.


5. Olahraga Menjelang Buka Puasa

Tips puasa selanjutnya mungkin membuat kamu bertanya-tanya, bukannya olahraga membuat semakin haus dan lapar? Hal itu mungkin benar. Namun bagi sebagian orang, menjaga kesehatan di bulan Ramadhan juga merupakan hal yang wajib. Ada banyak cara untuk tetap menjaga kesehatan di bulan Ramadhan yaitu menjaga asupan gizi, mengonsumsi vitamin, serta berolahraga. Namun pada tips puasa ala Villa Bango kali ini, olahraga yang dimaksud adalah olahraga kecil yang dilakukan menjelang buka puasa. Diharapkan ketika selesai berolahraga dan badan kembali bugar, kamu dapat langsung bersiap untuk buka puasa. Jadi, waktu puasa tidak akan terasa begitu lama berlalu.


6. Berkebun

Meski terdengar kurang familiar, namun tips puasa kali ini dijamin membuatmu senang dan tak menghitung waktu menjelang buka puasa. Bagaimana tidak, berkebun adalah hal yang menyenangkan serta bermanfaat untuk konsentrasi serta dapat membantu produksi vitamin alami dalam tubuh. Vitamin yang dapat kamu dapatkan setelah melakukan aktivitas berkebun untuk mengurangi rasa jenuh saat berpuasa ialah vitamin D. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan oleh ketika kita berkebun, tubuh atau kulit kita akan terpapar oleh sinar matahari. Proses terpaparnya sinar matahari ke tubuh itulah yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Meskipun sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi tubuh, namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan menggunakan tabir surya agar menjaga kulit dari sinar jahat matahari.


Ngabuburit Bersama Teman
Ngabuburit Bersama Teman

7. Ngabuburit Bersama Teman

Jika sebelumnya Villa Bango sudah memberikan tips puasa yang dapat kamu lakukan di rumah dan bersama keluarga, tips puasa kali ini dapat kamu lakukan di luar rumah dan bersama teman-teman serta orang terdekat. Tips puasa agar tidak membosankan kali ini adalah ngabuburit bersama teman atau orang terdekat. Ngabuburit bisa kamu lakukan dengan jalan-jalan ke mall, mengunjungi pameran seni, berbagi takjil, berbelanja, hingga membuat video singkat untuk kamu share pada media sosial pribadimu yang bermanfaat bagi pengikutmu dan orang-orang yang menontonnya.



Itu dia beberapa tips puasa yang dapat kamu lakukan untuk bulan suci Ramadan tahun 2023 yang akan dimulai pada tanggal 23 Maret 2023 mendatang. Untuk itu, jangan lupa catat dan lakukan aktivitas yang telah dirangkum oleh Villa Bango di atas ketika jenuh, ngantuk, dan lapar menyerang saat puasa. Jika kamu melakukan salah satu dari aktivitas di atas, kamu bisa unggah ke media sosialmu dan tag Villa Bango. Kami akan sangat senang untuk melihat unggahan-unggahan kalian pada bulan suci Ramadan 2023 mendatang. Dengan ini, Villa Bango mengucapkan Marhaban Yaa Ramadhan, jangan lupa sucikan hati, pikiran, serta perbuatan untuk menyambut datangnya bulan suci umat manusia di seluruh dunia, yaitu bulan suci Ramadan.


KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page