top of page

3 Ide Kegiatan untuk Menghabiskan Libur Sekolah 2022

Tak terasa tahun 2022 telah memasuki bulan Juni, bulan dimana pertengahan tahun pertama akan segera berakhir. Bergantinya kalender ke bulan ke-6 ini juga menjadi pertanda berakhirnya semester genap bagi para siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan para mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Setelah melewati berbagai ujian, termasuk ujian kenaikan kelas pada semester genap kemarin, para peserta didik akan dihadiahkan libur panjang pada bulan Juni hingga bulan Juli ini. Bukan tanpa alasan, libur panjang yang diberikan selama dua pekan ini akan menjadi waktu istirahat bagi para peserta didik untuk kemudian bersiap kembali memasuki tahun ajaran baru yang akan dimulai pada pertengahan Juli 2022 mendatang. Maka dari itu, sebelum mengakhiri masa liburan kenaikan kelas 2022, Villa Bango sudah merangkum beberapa ide kegiatan dan destinasi untuk kamu kunjungi ketika menghabiskan libur panjang di Puncak, Bogor. Penasaran apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini, ya!





Libur Akhir Tahun Ajaran 2022

Setelah satu semester menjalani kegiatan belajar mengajar di sekolah, kini para peserta didik dapat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang terdekat sebelum kembali fokus kepada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Jadwal libur kenaikan kelas pada setiap sekolah tentu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan jadwal dalam kalender akademik setiap sekolah yang berbeda-beda pula. Namun, jadwal libur kenaikan kelas biasanya dilakukan setelah pembagian rapor yang bertujuan untuk memonitor kegiatan belajar mengajar serta pemahaman pembelajaran oleh masing-masing siswa. Pada tahun 2022, libur kenaikan kelas akan dilaksanakan pada pekan terakhir bulan Juni 2022 hingga pekan pertama bulan Juli 2022. Meskipun ada beberapa sekolah yang tidak serentak dengan jadwal ini, namun mayoritas sekolah telah mengacu pada jadwal tersebut. Agar liburan kali ini memberikan suasana baru dan nyaman bagi si kecil, coba beberapa ide liburan dan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika ke Puncak, Bogor!


1. Mengunjungi Taman Safari Bogor


Taman Safari Bogor merupakan destinasi wisata yang mungkin tidak asing lagi bagi para wisatawan yang berasal dari daerah Jabodetabek. Pasalnya, Taman Safari Bogor telah dibuka sejak puluhan tahun lalu, yaitu pada tahun 1980. Destinasi wisata andalan di Bogor yang telah berumur 42 tahun ini pun telah resmi menjadi anggota The South East Asians Zoo Associations atau SEAZA. Taman Safari Bogor menjadi salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia yang tak hanya menghibur, namun juga menjadi sarana belajar yang menyenangkan bagi setiap pengunjungnya.


Di dalam area Taman Safari Bogor, kamu dan si kecil bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa dari berbagai belahan dunia. Tak hanya satwa jinak, namun satwa liar seperti macan dan harimau pun dapat kamu temui di Taman Safari Bogor. Tak hanya koleksi satwa yang beragam, Taman Safari Bogor juga menyediakan area untuk kamu dan si kecil istirahat setelah lelah melihat banyaknya ragam satwa yang diberikan. Taman Safari Bogor juga memiliki area cafe dan resto yang bersih juga beragam macamnya. Setelah selesai istirahat dan makan, kamu dan si kecil dapat mengunjungi area permainan yang pastinya akan menambah keseruan kamu ketika menghabiskan masa libur sekolah pada bulan Juni hingga bulan Juli nantinya. Untuk mengunjungi Taman Safari Indonesia, kamu perlu memperhatikan beberapa informasi penting berikut:


Alamat : Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Jam operasional : Senin – Jumat 09.00 – 17.00

Sabtu & Minggu 08.30 – 17.00

Harga tiket masuk : Wisatawan domestik di atas 6 tahun Rp 180.000

Wisatawan domestik 1-5 tahun Rp 160.000

Wisatawan mancanegara di atas 6 tahun Rp 350.000 (Safari Malam)

Wisatawan mancanegara 1-5 tahun Rp 300.000 (Safari Malam)


2. Mengunjungi Taman Wisata Matahari


Libur sekolah tak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi tempat wisata yang tak hanya edukatif, tetapi juga dapat menghibur si kecil dengan berbagai kegiatan seru seperti outbond dan berenang. Untuk itu, Villa Bango merekomendasikan Taman Wisata Matahari di bilangan Puncak, Bogor untuk kamu kunjungi bersama si kecil ketika libur sekolah mendatang. Taman Wisata Matahari merupakan salah satu destinasi wisata yang terlengkap juga terbesar di wilayah Puncak, Bogor. Meskipun begitu, kamu tidak perlu takut akan pengunjung yang berdesak-desakan karena area yang dimiliki oleh Taman Wisata Matahari terbilang cukup luas. Dengan luasnya area yang dimiliki oleh destinasi wisata yang akrab disebut TWM Park ini, kamu dapat menikmati berbagai macam wahana, mulai dari wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan, hingga wahana wisata edukasi. TWM Park sangat cocok kamu kunjungi bersama si kecil ketika libur sekolah 2022 karena harga tiket masuk yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau untuk memasuki kawasan yang terbilang cukup lengkap ini. Untuk mengunjungi TWM Park, kamu harus memperhatikan beberapa informasi berikut:

Alamat : Puncak Rd No.KM.77, Leuwimalang, Cisarua, Bogor Regency, West Java 16750

Jam operasional : Senin – Minggu 08.00 – 16.00

Harga tiket masuk : Wisatawan domestik Rp 60.000

Wisatawan mancanegara Rp 150.000


3. Staycation di Villa Bango


Setelah lelah beraktivitas di destinasi wisata edukatif di atas, jangan lupa ajak si kecil untuk istirahat di Villa Bango, villa di Puncak Bogor yang terletak tidak jauh dari dua destinasi wisata tersebut. Di Villa Bango, kamu dan si kecil bisa menikmati nyamannya villa yang memiliki area ruang terbuka hijau yang luas sehingga udara sejuk khas Puncak akan menemani momen libur sekolah 2022 mendatang.



Selain itu, fasilitas yang ditawarkan Villa Bango juga tak kalah menarik, mulai dari kamar yang bersih dan berkapasitas besar, fasilitas olahraga untuk menunjang kesehatanmu selama staycation, dan yang tak kalah penting yaitu kolam renang yang luas dan bersih pula. Untuk lebih menikmati suasana alam Puncak, Villa Bango juga memiliki lahan sawah yang dapat kamu akses bersama keluarga ketika menginap di Villa Bango. Eits, jangan khawatir akan ramainya area Villa Bango, ya. Meskipun area yang ditawarkan cukup besar, namun Villa Bango hanya menerima satu penyewa setiap malamnya. Hal ini berarti kamu dapat menikmati seluruh area Villa Bango untuk rombongan kamu saja. Menarik, bukan?



Libur sekolah 2022 segera datang, pastikan kamu sudah menyiapkan agenda liburan yang menyenangkan untuk si kecil. Bagi kamu yang berada di wilayah Jabodetabek, Puncak Bogor mungkin dapat menjadi salah satu destinasi liburan untuk kamu dan si kecil beserta orang terdekat lainnya.

bottom of page