top of page

Yuk, Staycation Rame-rame di Villa Bango, Cilember, Puncak!

Kamu yang selalu update dengan tren dan hal kekinian pasti sudah tidak asing dengan istilah staycation. Berbagai macam kalangan dalam masyarakat sedang ramai membicarakan tren staycation di banyak platform media sosial. Instagram dan Tiktok merupakan dua dari banyaknya platform media sosial yang sedang aktif membicarakan staycation. Hal ini juga terlihat pada beberapa platform penjualan tiket dan akomodasi yang mulai menggunakan istilah staycation untuk memberikan informasi atau bahkan mengadakan promo besar-besaran. Lalu, apa sih, staycation itu? Dan mengapa masyarakat banyak yang membahas dan memakai istilah staycation? Scroll sampai bawah, ya!




Pengertian Staycation

Istilah staycation pertama kali digunakan pada kisaran tahun 2007 sampai 2010. Munculnya istilah ini disebabkan oleh krisis ekonomi di Amerika Serikat yang berdampak pada budget masyarakatnya dalam hal liburan, khususnya transportasi dan akomodasi. Kembali lagi ke definisi staycation, dilansir dari Kontan.co.id yang mengutip Worldpackers, staycation adalah berlibur ke tempat atau destinasi yang berada cukup dekat dari kediaman tempat mereka tinggal. Dari definisi inilah, dapat ditarik kesimpulan bahwa apabila kamu sedang staycation, kamu bisa menghemat biaya perjalanan atau transportasi karena destinasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari rumah. Hal ini juga berarti bahwa menginap di hotel yang berada di satu domisili dengan kediaman kamu juga dapat disebut sebagai staycation. Bagaimana? Sudah ada gambaran, kan, mengenai konsep staycation?


Staycation di Indonesia

Meski istilahnya sudah mendunia sejak 2007, namun kepopulerannya mulai merambah naik di Indonesia semenjak pandemi virus Covid-19. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang masih belum berani untuk berlibur serta peraturan pembatasan sosial yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk melepas penat selama pandemi dengan staycation bersama keluarga dan orang terdekat. Namun, seiring berjalannya waktu dan melandainya grafik persebaran virus Covid-19 di Indonesia, tren staycation pun masih populer dan menjadi favorit bagi sebagian masyarakat. Alih-alih menurun, tren staycation justru berekspansi menjadi istilah baru, yaitu workation. Istilah workcation sendiri terdiri dari gabungan dua kata yaitu work dan vacation. Maka itu, pengertian workcation adalah menyelesaikan pekerjaan pada saat berlibur. Hingga kini, staycation dan workcation adalah dua konsep liburan yang masih digemari masyarakat Indonesia semenjak adanya pandemi virus Covid-19.


Staycation di Villa Bango

Satu lagi tempat yang bisa menjadi destinasi staycation atau workcation kamu, yaitu Villa Bango. Mengapa Villa Bango cocok untuk kamu jadikan tempat staycation atau workcation? Simak penjelasannya di bawah, ya!


Fasilitas Lengkap untuk Staycation


1. 8 Kamar yang Luas dan Bersih

Kamar merupakan salah satu aspek penting dalam staycation dan workcation karena pemilihan kamar yang baik akan berpengaruh kepada kualitas istirahat saat staycation atau workcation.


2. Karaoke


Lepas penat saat staycation atau workcation dengan bernyanyi lagu favorit? Bisa, dong! Villa Bango sudah siapkan fasilitas karaoke untuk kamu yang sudah menyiapkan lagu-lagu andalan untuk dinyanyikan.


3. Dapur dan Ruang Makan


Tetap sehat dan kenyang selama staycation atau workcation, kamu bisa masak bahan-bahan makanan yang telah kamu bawa di dapur Villa Bango. Eits, kamu yang suka masak mie malam-malam, juga bisa masak di sini, lho!


4. Ruang Pertemuan


Selain fasilitas untuk bersantai, Villa Bango juga menyediakan ruangan yang bisa kamu pakai apabila kamu workcation rame-rame dengan tim kantor. Kamu juga bisa menyewa peralatan meeting lengkap dengan proyektor dan mikrofon.


5. Mushalla


Staycation lancar, ibadah pun tenang. Itu lah yang Villa Bango dambakan bagi setiap tamu yang datang. Maka itu, kami berikan satu ruangan khusus untuk kamu beribadah dengan khusyuk.


6. Kolam Renang Pribadi


Salah satu fasilitas wajib buat destinasi staycation dan workcation, kolam renang! Refresh badan dan pikiran sembari berenang di sejuknya alam khas Puncak di Villa Bango, dijamin bikin betah dan nggak mau pulang!


7. Sawah Pribadi


Bosen main di kolam renang? Kamu bisa jalan pagi di sekitar sawah pribadi yang berada di area Villa Bango. Bukan gimmick, sawah ini ditanam padi yang nantinya akan dibagi ke staff dan warga sekitar Villa Bango yang membutuhkan hasil beras dari padi yang ditanam.


8. Area Olahraga


Bergeser sedikit dari sawah, kamu akan melihat lapangan olahraga yang cukup luas untuk kamu dan orang terdekat nikmati bersama. Apa saja itu? Ada lapangan sepakbola, lapangan basket, hingga lapangan voli. Bagi kamu yang tidak terlalu suka olahraga outdoor, Villa Bango juga menyiapkan papan tenis meja dan biliard beserta perlengkapan bermainnya yang bisa kamu nikmati di ruang pertemuan.


9. BBQ dan Api Unggun


Malam setelah lelah workcation atau main bersama keluarga sembari staycation, kamu bisa menyalakan api unggun di area Api Unggun Villa Bango. Biar nggak bosen, kamu bisa sambil menyantap BBQ yang bisa kamu pesan melalui staff Villa Bango.


10. Lahan Parkir Luas


Datang ramai dari Jabodetabek dan konvoi bersama keluarga atau rombongan kantor? Tenang, area parkir Villa Bango dijamin muat untuk kendaraan yang kamu bawa hingga 10 mobil.



Kapasitas Villa Bango, Cukup Sampai 60 Orang!

Hal yang menjadi pertimbangan ketika akan mengajak keluarga staycation atau mengajak teman kantor untuk workcation pastinya adalah kapasitas. Bukan tak mungkin, rombongan keluarga dan kantor yang terlalu ramai akan menyebabkan staycation atau workcation kurang maksimal. Tenang! Villa Bango punya solusinya.


Villa Bango merupakan villa di Puncak yang memiliki kapasitas besar, sehingga cocok untuk kamu datangi bersama rombongan keluarga atau teman kantor hingga 60 orang. Selain itu, area yang dimiliki Villa Bango bukan merupakan area tertutup melainkan Villa Bango memiliki area terbuka hijau yang dapat memastikan kebersihan sirkulasi udara demi kesehatan kamu dan rombongan. Area terbuka hijau yang luas ini juga memiliki beberapa spot foto yang dapat kamu gunakan untuk selfie bersama rombongan sebagai kenang-kenangan kamu saat menginap di Villa Bango.



Kelonggaran aturan PPKM di Indonesia yang dimulai pada bulan Mei 2022 merupakan salah satu kesempatan untuk kamu mengajak keluarga dan teman kantor untuk staycation juga workcation, sembari melepas rindu setelah dua tahun pembatasan sosial dan banyaknya aturan terkait berlibur di saat pandemi virus Covid-19. Villa Bango menyediakan tempat staycation dan workcation sekaligus dengan fasilitas yang lengkap, juga catering yang dapat kamu pesan melalui staff Villa Bango. Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi kami sekarang dengan klik link di sini.

bottom of page