top of page

Fakta Unik Taman Safari Bogor yang Selalu Ramai Pengunjung!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan destinasi wisata. Banyaknya kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke, berbagai macam dataran rendah hingga dataran tinggi, serta kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia menjadi alasan mengapa destinasi wisata alam di Indonesia tak akan membosankan bagi para wisatawan. Selain wisata alam, wisata kuliner di Indonesia juga masih menjadi alasan bagi wisatawan domestik maupun lokal untuk mengunjungi berbagai daerah di Indonesia. Ciri khas yang dimiliki di setiap hidangan dari berbagai macam daerah di Indonesia selalu berhasil mencuri hati bagi setiap wisatawan yang mencicipinya. Destinasi wisata lainnya yang menjadi favorit masyarakat Indonesia ialah wisata keluarga. Selain menghibur, beberapa wisata keluarga juga memberikan hiburan yang edukatif serta informatif. Sehingga ketika mengunjunginya, kamu bukan hanya me-refresh pikiran, tapi juga menambah ilmu pengetahuan baru.




Wisata Edukatif di Indonesia

Selain menjadi ‘rumah’ bagi macam-macam destinasi wisata, Indonesia pun juga menjadi ‘rumah’ bagi wisata yang bersifat edukatif. Tak jarang berbagai daerah di Indonesia yang mempunyai destinasi wisata yang mengedepankan satwa, sejarah, serta ilmu pengetahuan lainnya. Beberapa wisata edukatif yang populer di Indonesia antara lain yaitu Sea World di Jakarta, Museum Nasional di Jakarta, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, hingga KidZania di Jakarta. Selain itu, wisata edukatif lainnya yang tak pernah sepi akan pengunjung ialah Taman Safari Indonesia.


Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia ialah destinasi wisata keluarga yang tak hanya memberikan fasilitas bermain bagi kamu dan keluarga, tetapi juga memberikan banyak pengetahuan mengenai flora dan fauna dari Indonesia dan juga manca negara. Bagi kamu yang penasaran akan Taman Safari Indonesia, yuk simak fakta unik Taman Safari Indonesia berikut ini!


Tersedia di Berbagai Kota Besar di Indonesia

Menjadi salah satu wisata edukatif di Indonesia yang terbilang favorit, Taman Safari Indonesia telah membuka empat tempat wisata yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia Group. Di antaranya adalah Taman Safari Bogor yang terletak di Jawa Barat, Taman Safari Prigen yang terletak di Jawa Timur, Bali Safari Park yang terletak di Bali, dan Batang Dolphins Center yang terletak di Jawa Tengah. Berikut alamat lengkap serta jam operasional yang dapat kamu gunakan untuk acuan bila ingin mengunjungi empat wisata edukatif yang dikelola di bawah naungan Taman Safari Indonesia Group:


1. Taman Safari Bogor

Alamat : Jl. Kapten Harun Kabir no. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat, 16750

Jam operasional : Senin – Jumat 09.00 – 17.00

Sabtu & Minggu 08.30 – 17.00


2. Taman Safari Prigen

Alamat : RT 12/RW 06, Gn. Princi, Jatiarjo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, 67157

Jam operasional : Senin – Jumat 08.30 – 16.00

Sabtu & Minggu 08.30 – 17.00


3. Bali Safari Park

Alamat : Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra no. KM 19, Serongga, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali, 80551

Jam operasional : Senin – Minggu 09.00 – 17.00


4. Batang Dolphins Center

Alamat : Jl. Pantai Sigandu – Ujungnegoro, Kidanglor, Klidang Lor, Kec. Batang, Kab. Batang, Jawa Tengah 51216

Jam operasional : Senin – Minggu 08.30 – 17.00


Koleksi Satwa Domestik dan Internasional



Taman Safari Indonesia memang banyak memiliki koleksi satwa yang unik. Meskipun begitu, Taman Safari Indonesia Group tak hanya memamerkan satwa-satwa asli Indonesia saja, melainkan satwa yang bertempat tinggal asli di luar negeri. Salah satu contohnya yaitu Australian Outback atau marsupialia yang ada di Taman Safari Bogor. Marsupialia merupakan hewan berkantung yang berasal dari Australia. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan yang termasuk sebagai kategori kucing besar. Hewan yang termasuk dalam kategori ini antara lain jaguar, leopard, kucing mas, dan macan tutul.


Terdapat Hewan Purba

Selain koleksi satwa dari berbagai belahan dunia, Taman Safari Indonesia Group juga mempunyai koleksi satwa pada zaman purba. Ets, bukan di Nusa Tenggara Timur, melainkan di Taman Safari Bogor! Yup, betul sekali! Taman Safari Bogor memberikan kamu kesempatan untuk melihat bagaimana Komodo, sebagai hewan purba, menjalani aktivitas sehari-harinya. Apabila kamu dan keluarga berencana mengunjungi Taman Safari Bogor dan bertemu langsung dengan Komodo, jangan lupa abadikan momen seru ini, ya!


Safari Malam yang Mencekam nan Seru

Kamu ngaku bernyali? Coba dulu salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan di Taman Safari Bogor, yaitu Safari Malam. Beroperasi dari pukul 19.00 hingga 23.00, mencoba Safari Malam akan menambah keseruan ketika mengunjungi Taman Safari Bogor. Namun, bagi kamu yang tertarik untuk melakukan Safari Malam, catat waktu operasionalnya, ya! Safari Malam hanya beroperasional setiap malam Minggu atau malam liburan saja. Dengan harga tiket yang berkisar dari Rp 160.000 hingga Rp 350.000, kamu sudah dapat menikmati fasilitas Safari Journey, dua pertunjukan edukasi, hingga 24 macam permainan yang dapat memacu adrenalin.


Bermalam di Area Taman Safari Bogor

Ingin lebih lama dekat dengan satwa-satwa liar dari berbagai daerah di dunia? Kamu bisa bermalam di area Taman Safari Bogor! Pasalnya, Taman Safari Indonesia Group sudah menyiakan dua akomodasi yang dapat kamu pilih ketika akan bermalam di area Taman Safari Bogor. Berikut penjelasannya


1. Royal Safari Garden


Berkonsep family-friendly, Royal Safari Garden menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dari akomodasi lainnya. Pasalnya, kamu bisa mengunjungi area reptil serta burung. Kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk menunggangi kuda yang disediakan oleh pihak akomodasi. Selain itu, Royal Safari Garden juga memiliki resto yang menghidangkan makanan khas Indonesia. Tak hanya resto, kamu juga bisa bersantai dan menikmati suasana sekitar di Sky Garden Restaurant yang menyajikan hidangan lokal hingga Western.


2. Safari Resort


Tak jauh beda dengan Royal Safari Garden, Safari Resort juga menawarkan pengalaman menginap yang dekat dengan satwa. Namun, Safari Resort juga memberikan pengalaman menginap yang dekat dengan alam, yaitu dengan suasana sekitar yang masih hijau serta dipenuhi oleh banyak pepohonan dan view langsung Gunung Gede Pangrango. Ada banyak tipe kamar yang ditawarkan oleh Safari Resort, yaitu Lodge Room, Treehouse, Villa Hijau, Bungalow 2 Rooms, Bungalow 3 Rooms, serta Caravan. Kamu bisa memilih tipe kamar yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga dengan harga terjangkau.



Itu dia beberapa fakta unik dari Taman Safari Bogor yang telah dirangkum oleh Villa Bango. Bagi kamu yang berencana berlibur ke kawasan Puncak, Taman Safari Bogor merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu coba bersama keluarga dan orang terdekat untuk menambah wawasan sekaligus menjadi ide aktivitas selama berlibur di Puncak.

bottom of page