top of page

4 Destinasi Healing di Puncak, Instagrammable Banget!

Dinamisnya kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia menjadi salah satu alasan mengapa unsur dan istilah-istilah bahasa sering berubah mengikuti perkembangan zaman. Meskipun kaidah kebahasaan sebuah bahasa itu sendiri bersifat mutlak, namun tak bisa dipungkiri perkembangan yang hadir dalam realita kehidupan masyarakat akan selalu berubah dan berdampak pula dalam penggunaan bahasa. Salah satu contoh riil yang telah terjadi di Indonesia adalah populernya istilah healing yang pada mulanya berasal dari Bahasa Inggris yang secara harfiah berarti sembuh. Namun dalam pemakaiannya, istilah healing memiliki banyak arti yang menyesuaikan dengan konteks pembicaraan tersebut.


Dalam konteks istilah populer di Indonesia, healing dapat diartikan sebagai proses penyembuhan atau pengobatan atas menurunnya kesehatan mental seseorang. Proses penyembuhan atau pengobatan yang kemudian dapat disebut sebagai healing juga bermacam-macam, mulai dari liburan ke tempat-tempat yang kental akan suasana alamnya seperti pantai atau gunung, mengunjungi satu-persatu cafe yang ada di kota domisili, atau bahkan ke luar negeri untuk mengeksplor tempat-tempat baru. Dalam penggunaannya, istilah healing dapat dijumpai di platform media sosial seperti Instagram, Twitter, serta Tiktok. Tak jarang istilah ini pun menjadi trending topic atau pembahasan yang sedang ramai dibincangkan oleh warganet. Nah, setelah mengetahui apa itu healing, apakah kamu salah satu pengguna istilah healing tersebut? Atau sedang mencari kegiatan untuk healing? Villa Bango punya ide healing lengkap dengan 5 destinasi yang bisa kamu kunjungi di Puncak, Bogor. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini!


Sumber: iStock by Getty Images



Healing ke Puncak, Bogor

Bagi sebagian orang, istilah healing mungkin sudah tidak asing lagi. Selain kepopulerannya di media sosial, istilah healing pun juga didukung dengan tingginya awareness mengenai kesehatan mental. Di saat pandemi seperti ini, healing menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi mental yang sehat. Hal ini terbukti dari banyaknya warganet yang membuat konten di media sosial yang membahas atau menggunakan istilah healing dalam unggahannya. Lalu, dimana tempat yang cocok untuk healing? Berikut ide healing dan tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi untuk healing di Puncak.


Wisata Curug di Puncak

Kota Bogor, khususnya Puncak, memang terkenal dengan wisata alamnya yang hijau nan indah. Tak hanya pemandangannya, namun juga suasana dan udara yang sejuk dan sangat khas Puncak. Villa Bango sudah rangkum 2 curug terbaik yang ada di Puncak, temukan jawabannya di bawah ini, ya!


1. Curug Cilember


Masih dekat dari Jl. Raya Puncak, Curug Cilember menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Puncak yang mendambakan healing berkonsep wisata alam. Sama seperti curug pada umumnya, untuk dapat sampai ke Curug Cilember, kamu harus menempuh perjalanan dengan motor atau mobil, dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Harga tiket masuk Curug Cilember juga bervariasi, mulai dari Rp 25.000 untuk wisatawan local dan Rp 75.000 untuk wisatawan mancanegara. Biaya parkir di Curug Cilember juga relatif murah, mulai dari Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Sebelum pergi ke Curug Cilember, jangan lupa untuk catat jam operasional Curug Cilember, yaitu setiap hari Senin sampai Minggu, jam 06.00 – 17.00.


2. Curug Cibulao


Terletak tak jauh dari Curug Cilember, Curug Cibulao memiliki keindahan yang tak kalah menarik dari Curug Cilember. Airnya yang biru dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang membuat Curug Cibulao menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk healing. Meskipun untuk menjangkaunya kamu harus jalan melalui medan yang tak mudah, namun keindahan Curug Cibulao akan membayar lunas kelelahan kamu ketika tracking. Sebelum masuk ke Curug Cibulao, kamu diharuskan untuk membayar tiket masuk seharga Rp 15.000. Sedangkan untuk keselamatan kamu, jangan lupa juga untuk menyewa pelampung seharga Rp 10.000. Apabila ingin healing ke Curug Cibulao, kamu bisa mengunjungi curug ini setiap hari Senin sampai Minggu jam 07.00 – 16.00.


Sumber: iStock by Getty Images


Wisata Kebun Teh

Selain curug, daerah Puncak juga identik dengan kebun teh. Dataran tinggi Puncak menjadi salah satu faktor pendukung banyaknya warga yang menanam tanaman teh untuk kemudian diolah untuk menjadi minuman yang menyegarkan. Banyaknya kebun teh di Puncak juga menambah kesejukan dan kesegaran udara Puncak. Di antara banyaknya kebun teh di Puncak, ada 2 kebun teh yang sangat menarik untuk kamu kunjungi yaitu Kebun Teh Cisarua dan Kebun Teh Gunung Mas Puncak.


1. Kebun Teh Cisarua


Kebun teh yang terletak di Jl. Raya Puncak KM 87, Kebun Teh Cisarua memiliki pemandangan yang sangat indah. Hamparan pohon teh yang luas dan hijau dijamin akan menjadikan pengalaman healing kamu di Puncak semakin memorable. Lokasi Kebun Teh Cisarua pun tak jauh dari jantung daerah wisata Puncak, sehingga kamu tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk dapat sampai ke Kebun Teh Cisarua. Untuk menikmati keindahan pemandangan dan suasana di Kebun Teh Cisarua, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Pasalnya, tidak ada pos penjagaan atau pos pembelian tiket di Kebun Teh Cisarua sehingga dapat dikunjungi oleh siapapun tanpa memerlukan tiket masuk.


2. Kebun Teh Gunung Mas Puncak


Selain Kebun Teh Cisarua, Kebun Teh Gunung Mas Puncak juga menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kebun teh di daerah Puncak. Kebun Teh Gunung Mas Puncak juga bisa menjadi salah satu tujuan kamu ketika ingin healing di Puncak. Selain menikmati pemandangan sekitar kebun teh, kamu juga bisa healing dengan menikmati fasilitas yang ditawarkan di Kawasan Kebun Teh Gunung Mas Puncak yaitu paralayang, kunjungan ke pabrik teh, bermain flying fox di Kawasan outbond, hingga piknik. Berbeda dengan Kebun Teh Cisarua, untuk memasuki Kebun Teh Gunung Mas Puncak kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 15.500 per orang untuk membeli tiket masuk. Sedangkan untuk memarkir kendaraanmu, kamu harus membayar sebesar Rp 7.500 untuk mobil dan Rp 2.500 untuk motor.



Beraktivitas di masa pandemi virus Covid-19 seperti sekarang ini memang menjadi salah satu tantangan bagi sebagian masyarakat. Tak jarang masyarakat yang menjalani aktivitas padat saat bekerja ataupun belajar membutuhkan istirahat sebentar atau healing dari padatnya aktivitas tersebut untuk menjaga kesehatan mental agar tetap stabil. Hal ini pula yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat di berbagai platform media sosial, yaitu pentingnya healing dan istirahat sejenak setelah Lelah beraktivitas. Untuk itu, Villa Bango sudah merangkum beberapa ide aktivitas dan destinasi yang bisa kamu lakukan dan kunjungi untuk healing di Puncak, Bogor. Selain ide aktivitas dan destinasi tersebut, Villa Bango juga bisa menjadi salah satu tujuan kamu untuk healing bersama keluarga di bilangan Puncak. Selain fasilitasnya yang lengkap, Villa Bango juga memberikan suasana khas asli Puncak dengan udara yang sejuk dan area terbuka hijau yang luas. Mau tau lebih lanjut? Hubungi kami dengan klik link di sini.

bottom of page