top of page

6 Tips Liburan Low Budget Ala Villa Bango Puncak

Bekerja mungkin bisa menjadi sangat membosankan bagi beberapa orang. Rutinitas sehari-hari yang dimulai dari pagi hari hingga malam hari ini biasanya menyita waktu bersama keluarga serta orang-orang terdekat. Selain kaum pekerja, aktivitas sehari-hari juga dapat membosankan bagi para ibu yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga. Tak jarang, baik pekerja maupun ibu rumah tangga meluangkan waktunya di sela-sela kesibukan masing-masing untuk liburan bersama keluarga dan orang terdekat. Namun, selain waktu yang susah untuk dicari, liburan bersama keluarga biasanya terkendala oleh budget atau anggaran yang terbatas. Untuk itu, Villa Bango sudah merangkum tips liburan low budget bagi kamu yang mau liburan bersama keluarga tanpa takut boros. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!


Tips Liburan Low Budget
Tips Liburan Low Budget


Apa Arti Low Budget?

Sebelum masuk ke topik utama artikel ini mengenai tips liburan low budget bagi calon wisatawan, yuk ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu arti low budget! Dalam Bahasa Inggris, low berarti rendah dan budget berarti anggaran. Maka itu, low budget dapat diartikan anggaran rendah atau lebih dikenal dengan berhemat. Namun, low budget bukan berarti pas-pasan, ya. Hanya saja, low budget dalam hal ini berarti mengurangi hal-hal yang tidak terlalu penting dalam itinerary atau perencanaan perjalanan kamu. Nah, karena sudah mengenal apa arti low budget, sudah saatnya kita bahas satu persatu tips liburan low budget bersama keluarga dari Villa Bango.


Tips Liburan Low Budget, No Boncos Boncos Club!

Liburan bersama keluarga adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap anggota keluarga. Maka dari itu, jangan sampai anggaran yang terbatas menghalangi liburan yang telah direncanakan dari jauh hari, ya. Jangan khawatir, Villa Bango sudah rangkum beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap berhemat ketika liburan bersama keluarga. Apa saja itu? Pastikan kamu simak sampai selesai karena akan ada tips bonus untuk menjaga pengeluaran saat liburan dari Villa Bango!


1. Bikin Perencanaan yang Matang

Tips awal yang sangat mendasar bagi setiap kegiatan liburan ialah perencanaan. Bagaimana tidak, perencanaan membantu kita untuk lebih mengetahui mengenai destinasi wisata, kegiatan atau kebiasaan warga lokal, hingga hemat anggaran karena dapat memesan transportasi atau akomodasi dari jauh-jauh hari. Membuat perencanaan liburan pun bukan suatu hal yang sulit, kok! Hanya saja, butuh ketelitian agar semua aspek dalam liburanmu dapat direncanakan dengan matang. Membuat perencanaan liburan agar liburanmu low budget, dapat kamu mulai dengan menentukan destinasi liburan. Pilihlah kota atau negara yang belum pernah kamu kunjungi agar tidak bosan. Setelah itu, detailkan rencana perjalananmu di kota atau negara tersebut dengan cara mencari destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Lalu, jangan lupa pastikan dengan siapa kamu akan berlibur. Hal ini dapat membantu proses pencarian tiket, akomodasi, hingga transport di kota atau negara tujuan liburanmu nanti.


2. Pilih Tanggal Di Luar Peak Season

Tips kedua agar liburanmu low budget adalah pilih tanggal di luar peak season. Peak season biasanya terjadi pada libur bersama tahunan yang membuat semua harga melonjak tinggi. Hindari tanggal-tanggal seperti awal dan akhir tahun, Lebaran, Natal, hingga hari-hari cuti bersama Nasional lainnya. Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi para pekerja karena sulitnya mengatur liburan di luar hari-hari libur tersebut. Tenang aja! Villa Bango punya solusinya untuk kamu. Setelah perencanaan tujuan, destinasi wisata, hingga rombongan liburan, kamu bisa memilih tanggal yang sekiranya tidak terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan sehingga kamu bisa dengan tenang mengajukan cuti. Hal ini juga dapat kamu siasati dengan cara menyimpan cuti yang kamu punya untuk kamu pakai di tanggal liburanmu bersama keluarga dan orang terdekat ini.


3. Beli Tiket pada Saat Promo

Setelah mengetahui kapan kamu akan berangkat, kamu juga bisa berkira-kira kapan waktu terbaik untuk pembelian tiket serta akomodasi liburan. Banyak aplikasi travel online yang memberikan diskon besar pada saat-saat tertentu, maka pastikan kamu selalu update dengan periode diskon besar-besaran dari masing-masing aplikasi travel online, ya! Dengan pembelian tiket di harga promo, liburan bersama keluarga atau orang terdekat akan lebih ramah di kantong.


4. Hindari Barang Bawaan Berlebih

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan agar liburanmu tetap low budget adalah memastikan bahwa barang yang akan kamu bawa untuk liburan nanti tidak berlebihan. Pasalnya, barang bawaan yang berlebihan akan merepotkan kamu pada saat liburan nanti. Selain itu, kelebihan barang bawaan juga akan mengakibatkan bengkaknya anggaran liburan. beberapa contohnya yaitu kamu harus membayar bagasi lebih untuk koper yang lebih besar atau mungkin kamu harus menyewa transport yang lebih besar agar cukup mengangkut barang bawaan kamu di bagasi. Hal-hal tersebut tentu membuat anggaran kamu untuk kebutuhan lainnya berkurang dan berdampak bagi liburanmu bersama keluarga atau orang terdekat. Jadi, pastikan barang bawaanmu cukup dan tidak berlebih, ya!


5. Jalan Sesuai Tujuan

Tips selanjutnya yang tak kalah penting adalah jalan sesuai tujuan atau itinerary perjalanan yang sudah direncanakan dan disepakati bersama seluruh rombongan. Sama halnya dengan dampak membawa barang bawaan berlebih, jalan atau mengunjungi tempat-tempat yang tidak termasuk ke dalam perencanaan perjalanan akan menambah anggaran liburanmu. Hal ini tentunya tidak berdampak baik bagi kegiatan liburan yang lainnya karena selain menyita anggaran, itu juga akan menyita waktu jalan-jalan di destinasi lainnya. Jadi, agar liburanmu bersama keluarga atau orang terdekat menjadi lebih nyaman, ada baiknya untuk tetap disiplin terhadap perencanaan yang sudah ada.


6. Beli Oleh-oleh yang Cukup

Jika tips-tips lainnya berbicara mengenai tips liburan low budget yang dapat kamu lakukan ketika perencanaan liburan, maka tips kali ini adalah tips liburan low budget yang dapat kamu lakukan ketika sedang dalam masa liburan tersebut. Oleh-oleh merupakan hal yang krusial bagi seorang wisatawan ketika sedang berlibur. Pasalnya, oleh-oleh yang dibeli tak jarang menjadi barang titipan bagi keluarga atau teman yang tidak ikut berlibur. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kendala tersendiri bagi wisatawan. Mulai dari repotnya mencari titipan oleh-oleh, kendala dalam membawa oleh-oleh, hingga keharusan membayar bagasi lebih karena berat bagasi melebihi yang sudah ditentukan. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memilah-milah apa saja oleh-oleh yang sekiranya perlu kamu beli dan yang tidak perlu kamu beli. Dengan memilah oleh-oleh liburan dengan bijak, kamu tak hanya mengurangi kendala saat berlibur namun juga mengurangi budget liburan.


Tips Bonus: Ajak Teman atau Saudara untuk Patungan

Tips terakhir yang merupakan tips bonus adalah mengajak orang-orang terdekat untuk liburan. Hal ini dapat mengurangi anggaran karena dengan bertambahnya personel liburan, maka bertambah pula individu yang ikut berpatungan untuk liburan tersebut. Misalnya kamu akan menyewa sebuah villa di Bali. Jika kamu pergi sendiri, seluruh biaya villa akan menjadi tanggungan pribadimu. Namun, jika kamu mengajak teman atau saudara, biaya villa akan dibagi sejumlah individu yang ikut tersebut. Dengan itu, kamu akan menghemat banyak budget dan dapat dialokasikan ke keperluan liburan lainnya.




Setelah mengetahui apa itu arti low budget, kamu dapat memperkirakan serta merencanakan liburan low budget bersama keluarga atau orang terdekat dengan mempertimbangkan 6 tips liburan low budget ala Villa Bango. Jika kamu berencana berlibur ke daerah Puncak, Bogor, maka jangan lupa kunjungi Villa Bango, villa luas di Puncak, Bogor yang cocok untuk keluarga dan tentunya hemat untuk acara. Klik link disini untuk info lebih lanjut atau WhatsApp kami dengan klik link disini.

Comments


bottom of page