top of page

Cara Supaya Liburan Akhir Tahun Lancar

Riset membuktikan bahwa liburan bisa menghilangkan stres dan bisa menjaga kesehatan mental seseorang. Itulah kenapa, setiap orang dianjurkan untuk menyisihkan waktu luang, baik untuk liburan pendek atau panjang.


Menurut riset terbaru, liburan yang merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang bisa mengurangi risiko sakit jantung dan depresi. Namun, untuk menjadi sebuah aktivitas menyenangkan bagi kamu atau orang-orang sekitarmu, tentunya ada tahapan atau tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya.



Apalagi, liburan akhir tahun tinggal sebulan lagi, maka akan sangat disayangkan jika menjalani liburan akhir dengan tidak maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan liburan akhir tahun supaya lancar.



Akomodasi


Hal pertama yang bisa mengurangi stres kamu untuk liburan akhir tahun dengan skala besar adalah menyiapkan akomodasi.


Dengan lalu lintas dan minat liburan yang tinggi menjelang akhir tahun, memilih akomodasi, mulai dari tempat menginap hingga transportasi adalah beberapa faktor yang harus kamu lakukan dari jauh-jauh hari. Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu adalah menentukan berapa banyak rombongan yang ingin pergi.


Jika liburan akhir tahun kamu bersama keluarga, hitung jumlah anggota keluarga ditambah dengan sopir atau asisten rumah tangga. Namun, jika kamu berlibur bersama teman atau komunitas, mungkin kamu bisa menunjuk orang yang bertanggung jawab untuk menulis siapa saja yang ikut liburan.


Setelah tahap ini kamu lakukan, barulah kamu bisa bergerak ke tahapan selanjutnya: pemesanan tempat. Untuk tahapan ini penting sekali untuk memilih mana tempat yang bisa mengakomodasi jumlah rombongan atau keluarga kamu.


Faktor lainnya yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih tempat, selain tentu kapasitas, adalah fasilitas yang diberikan. Umumnya, liburan akhir tahun adalah waktu ketika tempat wisata begitu ramai oleh banyak orang, jadi pastikan bahwa tempat yang kamu pilih sudah memiliki fasilitas yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian, mulai dari makana hingga aktivitas hiburan.


Jika kamu berdomisili di Jabodetabek, mungkin Villa Bango bisa menjadi pilihan liburan untuk akhir tahun, karena semua kualifikasi sudah dipenuhi oleh Villa Bango, mulai dari ketersediaan katering untuk makan harian, sampai paket aktivitas hiburan seperti paintball hingga fun games. Kamu bisa melakukan pemesanan lewat link ini ya.


Aktivitas


Ini juga sama pentingnya dengan memilih akomodasi yang tepat, dengan poros utama adalah menghitung jumlah rombongan. Jika kamu berlibur bersama keluarga besar, yang notabene juga diisi oleh kalangan manula, kamu bisa mulai memikirkan mobilitas mereka, beberapa aktivitas hiburan atau yang berkaitan dengan kenyamanan dari rombongan kamu.


Pilihlah kamar yang tidak menyulitkan dan mudah diakses, serta aktivitas hiburan yang minim menggunakan fisik. Tapi jangan juga lupakan rombongan anak-anak yang tentunya ingin juga menikmati liburan akhir tahun dengan aktivitas luar ruangan.


Ini masih berkaitan dengan akomodasi yang kamu pilih, selain tentunya memilih tempat menginap atau berlibur yang luas, pastikan juga ada area luar ruangan yang bisa dimainkan oleh anak-anak, mulai dari kolam renang, lapangan untuk berolahraga, sampai rumput yang hijau.


Anggaran


Berlibur bukan hanya tentang memilih tempat, memastikan semua bersenang-senang atau sekadar mengurangi stres. Berlibur juga tentang bagaimana kamu mampu mengatur anggaran dan mengalokasikannya pada pos-pos yang tepat.


Liburan akhir tahun kamu tentu bisa menyertakan destinasi wisata yang kamu tuju, serta biaya masuk dan biaya tambahan untuk seluruh anggota keluarga atau rombongan kamu. Satu catatan penting adalah ketika akhir tahun, tentu ada banyak orang yang juga memiliki pola pikir yang sama, jadi jika kamu memang merasa bahwa mengunjungi destinasi wisata akan mengeluarkan banyak anggaran dan tidak sepadan, mungkin kamu bisa memikirkan atau menaruh anggaran yang lebih fokus kepada aktivitas selama berlibur.


Bisa dengan membeli perlengkapan permainan seru untuk keluarga, menyewa beberapa kostum atau bahkan bisa juga dengan membeli beberapa bahan untuk barbekyu, jika kamu berpikiran untuk menikmati barbekyu saat pergantian tahun.


Namun jika kamu tipe yang ingin lebih mudah, maka kamu bisa memilih tempat penginapan yang bisa mengakomodasi ini, karena tentunya untuk melakukan aktivitas barbekyu bersama keluarga membutuhkan banyak persiapan dan waktu, dua faktor yang mungkin tidak kamu miliki menjelang liburan akhir tahun.


Selain tentu fasilitas barbekyu yang lengkap, anggota keluarga kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya.



Jadwal


Dari sekian banyak rencana liburan akhir tahun, mungkin ini adalah salah satu yang paling menjadi tantangan bagi banyak orang. Ketika kamu memutuskan untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman maupun komunitas, terutama ketika liburan akhir tahun, maka kamu harus menyesuaikan lebih dahulu jadwal keberangkatan dan kepulangan enam bulan sebelumnya. Kenapa? Karena nyatanya, banyak orang yang lebih sering menyepelekan liburan akhir tahun sehingga liburan tidak diikuti oleh semuanya karena jadwal yang tidak pas.


Maka dari itu, penting bagi kamu bersama anggota keluarga atau teman-teman menentukan tanggal jauh dari tanggal keberangkatan supaya semuanya berada dalam satu tujuan.




Jaga Kesehatan


Semenjak pandemi, ini adalah salah satu hal yang juga wajib diperhatikan. Akhir tahun sudah di depan mata, maka akan sayang jika kamu melewatkan keseruan liburan karena sakit. Semua agenda, baik dari aktivitas selama liburan, anggaran, jadwal cuti hingga hal-hal lainnya akan sia-sia jika kamu tidak fit baik sebelum liburan atau pada saat liburan.


Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal yang satu ini, cara termudah tentu dengan menjaga makanan, pola tidur hingga rajin berolahraga. Setelah pandemi, kesehatan adalah salah satu aspek yang penting, jadi sampai akhir tahun, jaga kesehatan kamu ya.


Lima tips ini memang simpel dan mudah, namun masih banyak orang meremehkan lima hal ini, utamanya ketika mereka liburan akhir tahun dengan waktu yang singkat dan dekat. Padahal, terlepas dari lokasi wisata kamu, baik itu vila di puncak atau pantai di Bali, kelima hal ini sangatlah penting.


Jika kamu sudah mencatat atau memahami lima hal ini, maka kamu bisa langsung mengikuti tips nomor satu, yaitu memilh akomodasi. Puncak tentunya adalah salah destinasi wisata yang bisa kamu coba karena jaraknya yang sangat dekat. Dan untuk mendapatkan vila dengan pemandangan yang indah, fasilitas lengkap dan sifatnya yang privat, kamu bisa memesan kamar kamu sekarang di Villa Bango lewat link yang satu ini ya!


KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page