top of page

Ini Dia Rekomendasi Rafting di Bogor, Dekat Villa Bango!

Musim liburan segera datang, masyarakat pun mulai merancang ide kegiatan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang terdekat. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan sejumlah masyarakat yang telah menunggu datangnya waktu liburan untuk istirahat sejenak dari aktivitas sehari-hari yang cukup melelahkan. Bagi masyarakat Indonesia, banyak kegiatan serta destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi sembari menghabiskan waktu liburan. Mulai dari kota-kota terkenal di Indonesia seperti Yogyakarta, Semarang, Malang, hingga Bali. Kota-kota tersebut merupakan empat dari sekian banyak destinasi wisata yang cukup ramai setiap musim liburan tiba. Selain Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Bali, kota yang cukup populer dan ramai ketika musim liburan tiba ialah Jakarta. Yap! Meskipun sebagai ibukota yang selalu terlihat sibuk dan ramai, tak jarang wisatawan dari berbagai daerah yang memilih kota Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan. Wisatawan yang mengunjungi Jakarta untuk berlibur biasanya mencari beberapa destinasi wisata yang kental akan sejarah seperti Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas, taman rekreasi Dunia Fantasi atau Dufan, hingga salah satu ikon terkenal di Jakarta yaitu Bundaran Hotel Indonesia atau lebih hits dengan nama Bundaran HI. Meskipun Jakarta cukup terkenal sebagai destinasi wisata yang ramai di setiap musim liburan, ada salah satu kota yang terletak tak jauh dari Jakarta yang juga menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Jakarta, yaitu Bogor. Mengapa Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Jakarta? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!




Kota Wisata Bogor, Tak Jauh dari Jakarta

Bagi kamu wisatawan yang hendak berlibur ke Jakarta, jangan lupa untuk juga mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terletak tak jauh dari Jakarta. Salah satu destinasi wisata favorit yang terletak tak jauh dari Jakarta ialah Kota Bogor. Karena letaknya yang hanya kisaran 60 kilometer dari Jakarta, waktu tempuh dari Jakarta ke Bogor pun hanya 1 hingga 1,5 jam saja. Dekat, bukan? Meskipun jaraknya terbilang dekat dengan Jakarta, Kota Bogor mempunyai banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata keluarga, wisata kuliner, hingga wisata alam. Satu dari sekian banyak wisata alam yang terkenal di bilangan Bogor yaitu rafting atau arung jeram. Berani adu adrenalinmu dengan bermain arung jeram bersama keluarga atau orang terdekat untuk menghabiskan waktu liburan? Perhatikan dulu hal-hal di bawah ini, ya!


Rafting atau Arung Jeram

Sebelum beranjak ke rekomendasi tempat rafting di Puncak, ada baiknya kamu ketahui dulu mengenai rafting dan arung jeram. Rafting dan arung jeram pada dasarnya ialah dua kegiatan dengan definisi yang sama, yaitu jelajah sungai menggunakan perahu dengan alat bantu dayung. Rafting merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat dibilang cukup ekstrem, mengingat medan dan juga menantang adrenalin setiap pesertanya. Meskipun termasuk ke dalam kategori olahraga ekstrem, rafting atau arung jeram memiliki banyak manfaat bagi setiap individu yang melakukannya. Manfaat yang dapat dirasakan setelah rafting yaitu:


1. Mengurangi stres

Ketika bermain arung jeram atau rafting, pemandangan indah alam sekitar serta suara gemericik air sungai yang segar dijamin ampuh untuk membantumu mengurangi rasa stress dan lelah ketika beraktivitas sehari-hari.


2. Latih jantung

Meskipun rafting dapat memacu adrenalin, namun hal ini juga dapat membawa manfaat baik bagi jantung yaitu setara dengan latihan kardio. Maka itu, olahraga ini juga dapat melatih jantung untuk


3. Melatih kekuatan otot,

Selain mengurangi stress dan melatih jantung, bermain arung jeram juga dapat melatih kekuatan otot. Manfaat ini didapatkan tak lain dan tak bukan dari kegiatan saat mendayung perahu arung jeram. Dengan mendayung, otot punggung, otot lengan, otot bahu, dan otot dada akan terlatih karena gerakan yang dilakukan saat mendayung membutuhkan gerakan koordinasi antara bagian tubuh tersebut.


4. Memacu adrenalin,

Hormon adrenalin merupakan salah satu hormon yang bermanfaat bagi tubuh karena dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, hingga pernapasan. Ketiga hal ini akan mendorong energi pada tubuh dan juga mempertajam indra.


5. Meningkatkan bonding bersama kelompok bermain

Manfaat yang tak kalah penting dari rafting atau arung jeram ialah meningkatkan bonding antar pemain dalam kelompok. Hal ini disebabkan oleh kegiatan rafting yang membutuhkan kerja tim yang baik serta koordinasi antar individu dalam tim yang baik pula. Sehingga ketika rafting selesai, masing-masing pemain akan merasakan kedekatan sosial antar pemainnya yang lebih erat.


Rafting di Bogor



Nah, setelah mengetahui definisi rafting dan juga manfaat yang dapat dirasakan setelah rafting, Villa Bango akan memberikan rekomendasi tempat rafting di Bogor yang wajib kamu kunjungi dan coba bersama keluarga. Penasaran apa saja? Jangan lewatkan penjabarannya di bawah ini, ya!


Ø Sungai Cisedane

Sungai Cisedane yang terletak di Muara Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu titik mulai rafting yang cukup terkenal dan menjadi favorit bagi banyak masyarakat. Bukan hanya medan sungainya yang menantang, namun juga kemudahan akses dan macam paket yang ditawarkan cukup bervariasi.


Ø Arung Jeram Bogor

Selain Sungai Cisedane, Arung Jeram Bogor juga menjadi salah satu titik kumpul favorit wisatawan yang ingin melakukan rafting bersama keluarga atau orang terdekat. Apabila kamu memilih titik kumpul Arung Jeram Bogor, kamu akan menjelajahi indahnya Hutan Halimun dengan perahu yang mengapung di sungai selebar 15 meter. Jelajah ini akan membuat pengalaman rafting di Bogor mu lebih menantang namun juga lebih mengasyikkan.


Ø Body Rafting Puncak

Apabila kamu ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang dari rafting biasa, kamu bisa mencoba body rafting di Puncak, Bogor. Berbeda dengan rafting pada umumnya, body rafting tidak menggunakan alat seperti perahu dan alat dayung untuk menyusuri sungai. Untuk menyusuri sungai, peserta body rafting diharuskan untuk berenang untuk dapat mencapai titik tujuan. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi wisatawan yang lebih memilih body rafting daripada rafting biasa. Villa Bango pun merekomendasikan body rafting bagi kamu yang berani adu adrenalinmu.



Rafting atau arung jeram memang menjadi kegiatan yang populer dan favorit bagi sejumlah wisatawan yang mengunjungi daerah Bogor, Jawa Barat. Selain tempatnya yang tak jauh dari ibukota, yaitu Jakarta, Bogor juga merupakan kota yang memiliki suhu yang relatif dingin. Sehingga siapapun yang berkunjung ke Bogor akan dimanjakan oleh udara sejuknya serta hamparan alamnya yang indah. Setelah rafting di Bogor, jangan lupa untuk pilih tempat istirahat atau akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan bagi kamu dan keluarga saat istirahat. Villa Bango dapat menjadi preferensi akomodasi nyaman serta cocok untuk keluarga berkapasitas besar. Reservasi sekarang dengan klik di sini.

KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page