top of page
Writer's pictureVilla Bango

Lifehack Liburan Low Budget: Staycation!

Liburan menjadi banyak pilihan orang untuk refreshing dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Bagaimana tidak? Dengan liburan, kita bisa terlepas dari tanggung jawab yang biasa kita lakukan sehari-hari, melakukan aktivitas yang diluar dari rutinitas kita, sehingga bisa membuat kita merasa lebih senang dan energi kita ke-recharged setelah liburan yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat. Tapi, ada satu hal yang sering dipikirkan oleh orang-orang saat ingin merencanakan liburan, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk liburan tersebut. Liburan biasanya menghabiskan cukup banyak biaya, bahkan terkadang orang menyiapkan tabungan terpisah khusus untuk berlibur. Apakah kamu salah satu orang yang khawatir tentang masalah biaya untuk liburan? Gak usah pusing lagi, lifehack liburan low budget yang bisa kamu lakukan bareng keluarga dan teman-teman: Staycation! Tanpa basa-basi, baca terus ya tips untuk liburan low budget dengan staycation tapi tetap seru biar bikin hati senang dan tenang.



Apa Itu Staycation?

Staycation adalah singkatan dari dua kata; stay dan vacation. Stay yang artinya tetap, sedangkan vacation artinya liburan. Istilah staycation sudah menjadi tren kekinian yang biasanya diartikan sebagai liburan yang dilakukan oleh orang-orang dengan menetap di suatu tempat tertentu. Terutama di kalangan milenial, liburan tidak harus melulu melibatkan banyak aktivitas ke luar kota atau bahkan luar negeri. Di dalam kota pun, liburan tetap bisa dilakukan. Selain itu, staycation juga dianggap sebagai konsep liburan singkat dengan berpergian ke tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Kalau mengutip dari Google Dictionary, staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri dan mendatangi tempat-tempat lokal di sekitar area tempat tinggal. Atau dalam kata lain, saat staycation kita menjadi turis di kota kita sendiri. Di Indonesia sendiri, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung, staycation sangat populer karena terbatasnya waktu liburan dan bisa dilakukan sebagai obat jenuh yang bisa dilakukan kapan saja. Jadi, staycation cocok banget buat jadi alternatif liburan kamu agar bisa refreshing sejenak dalam waktu singkat tanpa mengeluarkan biaya yang banyak karena kita hanya cukup menghabiskan waktu di satu tempat saja, seperti di villa.


Ide Kegiatan Saat Staycation

Saatnya kita lihat kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan bareng keluarga dan teman-teman terdekatmu saat staycation agar liburan lebih memorable!

1. Berenang

Liburan rasanya gak lengkap kalau kita gak berenang bareng sama orang-orang terdekat. Selain berolahraga, sekalian sambil refreshing badan dan pikiran, dijamin bikin hati dan pikiran tenang!


2. BBQ

Ide seru lainnya yang bisa kamu lakukan saat staycation adalah BBQ-an! Kalau BBQ-an, rasa kedekatan sama keluarga maupun teman-teman terasa lebih hangat sambil nikmatin makanan yang dibuat rame-rame.


3. Api unggun

Tidak hanya BBQ-an, kamu juga bisa nikmatin hidangan yang sudah dibuat dari BBQ-an sambil dibalut hangatnya api unggun dengan orang-orang terdekatmu. Quality time sambil berbincang santai pastinya akan membuat liburanmu menjadi lebih berkesan.


4. Olahraga sehat

Pengen staycation tapi juga jaga kesehatan badan? Olahraga solusinya! Apalagi kalau olahraga rame-rame di tempat outdoor sambil nikmatin udara segar. Olahraga yang bisa kamu lakukan misalnya adalah basket, futsal, voli, maupun tenis.


5. Karaoke dan nonton bareng

Salah satu aktivitas favorit bareng orang-orang terdekat: Karaoke! Kamu bisa nikmatin keseruan waktu bareng-bareng sambil nyanyi lagu-lagu favorit. Gak kalah seru dengan karaoke, nobar bareng keluarga atau temen juga asik banget sambil ngemil cemilan favoritmu!



Tips Staycation Low Budget

Kalau udah tau kira-kira mau beraktivitas apa saja, langsung aja catat tips dibawah ini biar kamu bisa me time atau quality time sama keluarga dan temen dengan biaya yang affordable agar dompet gak boncos!

1. Buat perincian biaya

Hal pertama yang penting banget kamu lakukan sebelum pergi staycation adalah mengontrol pengeluaran saat liburan nanti. Kamu bisa mulai dengan menentukan biaya yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan selama kamu staycation. Dengan penentuan biaya di awal, kamu bisa tahu batasan pengeluaran sehari-hari dan tidak beli hal-hal yang tidak diperlukan.


2. Pergi saat low season

Kalau kamu seneng liburan, pasti udah hafal kalau pergi saat high season bisa membuat kamu mengeluarkan biaya lebih banyak. Karena saat high season, orang-orang berbarengan ingin liburan jadi harga penginapan dan tiket wisata lainnya bisa menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, kamu bisa menghindari ini dengan pergi staycation saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur untuk menghemat biaya. Bahkan kalau memungkinkan, kamu bisa pergi di hari biasa (weekdays) karena biasanya harga penginapan saat weekdays akan lebih murah dibanding weekend.


3. Gunakan Diskon atau Promo yang Ditawarkan

Selain pergi saat low season, kamu juga bisa perhatikan apakah tempat penginapan tujuan kamu sedang mengadakan diskon/promo di rentang waktu kamu ingin staycation. Sambil mengejar diskon, kamu juga bisa sambil mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan liburan kamu atau belum. Dengan memanfaatkan diskon atau promo yang ada, kamu bisa mendapatkan harga penginapan termurah!


4. Persiapkan makanan atau snack dari rumah

Tips yang ini bakal bantu banget dalam menghemat biaya liburan kamu. Dengan membawa makanan atau snack sendiri, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk beli makanan di sekitar daerah penginapan. Selain itu, kamu juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu ke restoran atau tempat tertentu untuk membeli makanan, jadi punya waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan staycation.


5. Buat agenda kegiatan

Dengan membuat agenda kegiatan, kamu jadi bisa tahu biaya apa saja yang perlu dikeluarkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang udah kamu rencanakan. Tips ini juga bisa membantu kamu untuk menghemat waktu agar saat sampai di penginapan, tidak perlu bingung lagi ingin melakukan aktivitas apa saja.


Kalau kamu udah gak sabar pengen staycation dengan menghemat biaya, pas banget nih di Villa Bango juga sedang mengadakan promo khusus di bulan Juli! Kamu bisa menghemat kalau melakukan booking penginapan 2 malam di weekdays, dari harga Rp 11 juta jadi Rp 9 juta aja! Untuk informasi lebih lanjut tentang promo berserta syarat dan ketentuannya, kamu bisa baca di link berikut.



Seru banget kan kalau bisa staycation bareng keluarga dan teman-teman terdekat sambil bisa melakukan ide-ide staycation yang udah disebut tadi? Kamu mau staycation sambil melakukan kegiatan-kegiatan tadi di satu tempat yang sama biar bisa liburan low budget? Gak perlu lihat jauh-jauh lagi, langsung aja ke Villa Bango! Di Villa Bango, kamu bisa liburan sambil menginap di villa dengan fasilitas yang lengkap serta area yang luas sampai kapasitas 50 orang. Pokoknya pas banget buat yang mau liburan rame-rame! Untuk tahu lebih lanjut, langsung hubungi kami sekarang dengan klik link di sini.



Comments


bottom of page