top of page

Manfaat Berenang untuk Tubuh Kamu

Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari menjaga pola makan dan siklus tidur hingga rutin berolahraga. Tentunya, semua ini wajib dilakukan secara berkesinambungan dan berkala supaya pola hidup sehat yang ideal terbentuk.


Dari sekian banyak olahraga yang populer, berenang tentunya merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Alasan utamanya karena tentu banyak fasilitas berenang yang dikembangkan oleh pihak swasta maupun pemerintah.




Di sisi lain, banyak pakar menyarankan orang dewasa untuk berolahraga ringan selama 75 menit per minggu. Dan berenang bisa menjadi salah satu sarana untuk mencapai hal ini karena dua alasan. Pertama, karena berenang bisa menggerakkan hampir seluruh bagian tubuh kamu, dan yang kedua, juga sistem kardiovaskular kamu. Satu jam berenang bisa membakar kalori seperti ketika kamu berlari, tanpa memberikan dampak signifikan pada tulang dan sendi kamu.


Jika kamu sudah bosan berenang di beberapa hall di kota kamu, ada baiknya kamu variasikan dengan tempat berenang lainnya, seperti yang ada di Villa Bango. Namun, sebelum menuju kesana, berikut beberapa keuntungan dari berenang yang wajib kamu ketahui.


1. Membuat seluruh tubuh bergerak


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berenang bisa menggerakkan seluruh tubuh kamu tanpa perlu memberikan dampak signifikan kepada sendi atau tulang kamu. Lebih dari itu, berenang juga bisa memberikan banyak manfaat lain, beberapa di antaranya adalah meningkatkan detak jantung tanpa membuat stres tubuh, membentuk otot hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Setiap gerakan renang bisa memberikan dampak positif kepada tubuh, jadi kamu tidak perlu takut untuk mencoba berbagai gaya renang ya.


2. Menggerakan organ tubuh dalam juga


Ketika otot kamu bergerak, maka sistem kardiovaskular kamu juga. Berenang bisa membuat jantung dan paru-paru kamu kuat dan para pakar memprediksi bahwa bisa mengurangi risiko kematian.


3. Bisa dilakukan oleh orang dengan cedera dan beberapa kondisi lain


Jika kamu mempunyai artritis, cedera, atau beberapa isu lain yang berkaitan dengan olahraga yang high impact, maka berenang bisa sangat cocok untuk kamu. Studi menunjukkan bahwa penderita penyakit tulang berkurang rasa sakitnya ketika berenang dan bermain sepeda. Ditambah fakta, bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara sepeda dan berenang, maka pilihan olahraga berenang bisa sangat menguntungkan bagi beberapa penderita penyakit artritis dan penyakit tulang.


4. Cocok bagi pengidap asma


Arthritis dan orang yang cedera tulang bukan satu-satunya pihak yang diuntungkan oleh berenang. Suasana atau nuansa lembab yang ada di kolam renang adalah aktivitas yang sangat cocok untuk para pengidap asma. Bukan hanya itu, olahraga yang berkaitan dengan menahan napas tentu bisa melatih paru-paru, meskipun penting juga untuk.



5. Memperbaiki pola tidur kamu


Berenang bisa membuat tidur kamu lebih lelap di malam hari. Orang dewasa yang memiliki masalah insomnia yang berpartisipasi dalam sebuah studi menyatakan bahwa ketika Ia rutin berenang, kualitas tidur dan hidupnya berangsur lebih baik.


Ini tentunya menjadi informasi yang positif mengingat bahwa berenang juga merupakan aktivitas yang bisa diakses oleh semua orang, termasuk orang tua. Oleh karena itu, manula juga sangat cocok untuk menjadikan aktivitas berenang sebagai agenda yang rutin, meskipun tetap harus dilakukan pengawasan ketat ya


6. Memperbaiki mood kamu


Sebuah riset mengevaluasi grup kecil orang dengan demensia, dan melihat perkembangan mood ke arah yang lebih positif setelah mengikuti program akuatik selama 3 bulan. Berenang dan aktivitas akuatik bukan hanya terbukti menguntungkan secara psikologis untuk orang demensia, namun juga terbukti telah memberikan banyak manfaat untuk meningkat mood orang pada umumnya.


7. Bisa membantu mengatur stres


Riset membuktikan, 101 orang yang berenang di YMCA Taiwan menjadi subyek tes dan 44 orang dinyatakan depresi rendah dan merasa stres karena gaya hidup yang memiliki ritme yang cepat. Setelah berenang, angkanya menurun drastis menjadi sekitar 8 saja.


Meskipun banyak riset lanjutan yang harus dilakukan, bisa disimpulkan bahwa berenang memiliki potensi besar untuk menghilangkan stres dengan cara yang relatif cepat.


8. Aman bagi ibu hamil


Perempuan dan calon bayi mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari berenang karena sangat menguntungkan bagi bayi. Tak hanya itu, berenang juga merupakan aktivitas yang sangat bisa dilakukan di semua trimester.


Sementara itu, di sisi lain, efek kaporit juga tidak ada sama sekali kepada bayi dari wanita hamil, Bahkan, dengan rutin berenang, ibu hamil bahkan bisa ‘berlatih’ melahirkan.


9. Bagus juga untuk anak


Seorang anak membutuhkan waktu 60 menit aerobik setiap harinya, dan terkadang salah satu tantangan adalah memilih olahraga yang menarik dan menyenangkan untuk anak kecil. Pilihannya jatuh kepada berenang.


Jadi, berenang bukan hanya bagus untuk ibu hamil, tapi juga bagus dan menyenangkan untuk anak-anak


10. Terjangkau


Berolahraga mungkin bisa menjadi opsi olahraga yang paling terjangkau jika dibandingkan olahraga lain, seperti bersepeda misalnya. Banyak penyewaan kolam renang yang memberikan harga rasional untuk kepada para penggunanya. Bahkan, jika anak kamu bersekolah di salah satu sekolah swasta, fasilitas kolam renang mungkin sudah masuk ke dalam fasilitas yang disediakan oleh sekolah.



Tips Berenang untuk Pemula


Nah, jika ada di antara kamu yang baru ingin pertama kali mencoba berenang, berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan atau pelajari.


Pemanasan


Seperti olahraga lainnya, berenang juga membutuhkan otot yang sudah panas. Biasanya jika kamu ikut les, kamu akan diajarkan untuk peregangan lebih dahulu karena ini bisa menghindari risiko kamu keram atau mengalami cedera berkepanjangan


Ikuti aturan


Biasanya, kamu akan menyewa sebuah kolam renang yang digunakan oleh orang banyak atau kolam renang umum. Itulah kenapa, penting bagi kamu untuk memahami peraturan yang ada, karena setiap kolam renang memiliki peraturan yang berbeda dan yang terpenting, peraturan ini dibuat untuk kebersamaan banyak orang.



Selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, ternyata berenang juga merupakan olahraga yang masih sangat terjangkau, baik dari segi biaya sampai dengan kelas umur. Meskipun akan sangat menyenangkan menggunakan kolam renang fasilitas umum bersama keluarga, tidak ada salahnya juga menyisihkan waktu untuk menggunakan fasilitas kolam renang yang agak sedikit berbeda, misal dengan memilih villa dengan fasilitas kolam renang.


Dari sekian banyak pilihan, kamu bisa menggunakan fasilitas kolam renang yang ada di Villa Bango, karena dengan sistem pesanan yang privat membuat kamu bisa menikmati fasilitas yang ada dengan orang-orang tersayang. Beberapa fasilitas tambahan seperti area barbekyu hingga lapangan olahraga juga bisa membuat liburan kamu terasa lebih intim dan menyenangkan. Lokasinya yang masih dalam jangkauan, yaitu di puncak, juga memudahkan kamu untuk mengatur manajemen waktu lebih baik. Supaya kamu bisa menikmati semua fasilitas ini, kamu bisa pesan sekarang lewat link yang ada di sini ya!








bottom of page