top of page

Manfaat Morning Routine untuk Tubuh Kamu

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa morning routine atau ritual pagi memiliki dampak yang sangat positif kepada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Ritual pagi yang dieksekusi dengan baik akan membuat rutinitas harian kamu akan jauh lebih menyenangkan, dan dalam jangka panjang, akan meningkatkan kualitas hidup kamu.


Ritual pagi tak terbatas oleh tempat dan waktu, baik itu sebelum berangkat kerja maupun saat liburan, ritual pagi akan menjadi titik awal bagi kamu untuk membuat hari kamu lebih baik.




Berikut ini beberapa keuntungan dari ritual pagi dan juga tips ritual pagi yang efisien dan efektif–bagi kamu yang belum menjalankannya.



Keuntungan


Ritual bagi bukan tentang menambahkan agenda dari rutinitas harian kamu atau membuat hari kamu lebih spektakuler Lebih simpel dari hal tersebut, rutinitas bagi adalah tentang mengisi pagi kamu dengan aktivitas yang bisa menyegarkan, me-reset ulang dan membuat fokus hari kamu kedepannya.


Beberapa manfaat ritual pagi yang juga sudah terbukti dalam beberapa kasus, adalah meningkatkan kesehatan mental–termasuk di dalamnya mengatasi stres dan kegundahan, meningkatkan fokus dan gairah, sampai membuat kamu merasa lebih membumi


Selain meningkatkan kesehatan mental, keuntungan lainnya daripada ritual pagi adalah menciptakan struktur rutinitas kamu, karena dengan memuat ritual pagi, kamu sudah memberikan kendali terhadap apa yang akan kamu jalani kedepannya, dan dalam jangka panjang, juga bisa membuat kamu lebih sukses.


Terakhir, dan ini yang paling penting, mempunyai ritual pagi juga bisa membuat kamu mempunyai manajemen waktu yang lebih baik, sehingga kamu bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.


Sebuah rutinitas pagi yang solid akan meningkatkan mood kamu dan juga memberikan kamu lebih banyak energi di siang hari, mengurangi gelisah, meningkatkan level produktivitas dan secara lengkap, membuat kamu merasa lebih baik.


Semua ini bisa menjadi amunisi penting untuk kamu melawan banyak tantangan yang ada di depan.





Tips simpel untuk menjalankan ritual pagi kamu


Entah ketika kamu di rumah, atau berlibur di Villa Bango, menciptakan ritual pagi sangatlah penting. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu terapkan di pagi hari untuk menciptakan diri kamu versi yang lebih produktif, kreatif dan mengontrol hari kamu.


  1. Bangun pagi hari dan hindari tombol snooze


Hampir sebagian dari kita pasti pernah mengalami menekan tombol snooze di alarm pagi hari hanya untuk mendapatkan waktu tidur lima menit lagi. Terkadang, kamu malah kebablasan dan pada akhirnya terburu-buru berangkat ke kantor atau kampus.


Terkadang kita merasa bahwa tidur lebih lama akan membuat kita lebih banyak mendapatkan istirahat, padahal sebaliknya. Para pakar menyebutkan, menekan tombol snooze akan merusak siklus tidur kamu dan membuat kamu lebih cepat lelah karena mengganggu tidur REM kamu, sebuah tahapan ketika otak kamu diistirahatkan untuk nantinya dipakai belajar dan mengingat.


Rahasia utama dari menciptakan pagi yang benar adalah dengan langsung bangun saat alarm berbunyi. Trik lainnya adalah menghitung mundur dari lima ketika alarm berbunyi, yang juga dipopulerkan oleh salah satu pakar.


  1. Makan Sesuai Porsi


Untuk tips yang kedua memang sedikit agak berat karena tentunya upaya yang kamu lakukan akan sedikit lebih banyak. Tubuh setiap orang mempunyai cara dan kebutuhan yang berbeda, termasuk tubuh kamu.


Dengan mempelajari tubuh kamu serta keunikan caranya bekerja, tipe makanan apa yang dibutuhkan dan berapa banyak energi yang kamu perlukan untuk melalui aktivitas harian adalah kunci.


Sisihkan waktu, atau pergi ke dokter gizi, untuk memahami kesehatan tubuh kamu dan bagaimana makanan memengaruhi mood, level energi dan juga mental kamu.


Semakin banyak kamu mengetahui nutrisi, semakin cerdas juga kamu dalam memilih jenis makanan, termasuk di dalamnya yang berkaitan dengan ritual pagi.



  1. Sisihkan waktu untuk olahraga kecil-kecilan


Olahraga yang reguler juga memberikan manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kualitas energi, memengaruhi mood baik hingga kemampuan kognitif.


Rutinitas olahraga kecil-kecilan di pagi hari bisa membantu kamu dalam beberapa hal. Pertama, meningkatkan kesehatan mental dan juga attention span atau konsentrasi. Kedua, rasa pencapaian, lebih segar dan terisi ulang habis berolahraga. Ketiga, meningkatkan metabolisme dan level energi kamu.


Ada beberapa olahraga kecil-kecilan atau peregangan yang bisa kamu lakukan, tapi kuncinya, sekali lagi, adalah dengan memahami cara kamu bekerja, apa kebutuhannya dan tentunya memilih apa aktivitas yang bisa kamu nikmati.


Baik itu yoga hingga sekadar berjalan pagi bersama anjing peliharaan kamu, tujuan utamanya adalah untuk mengakomodasi gerakan di pagi hari untuk membuat pagi kamu tentunya terasa jauh lebih baik.


  1. Buat Jurnal


Journaling atau menulis di jurnal adalah cara terbaik untuk menguraikan pikiran kamu, dan menulisnya di buku atau catatan kecil bisa sangat membantu untuk menjernihkan pikiranmu.


Meskipun bisa melakukannya hampir tiap hari, namun menulis jurnal di pagi hari bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan mental kamu. Sekali lagi, menulis jurnal bisa menguraikan pikiran yang ada di pikiran kamu sekaligus membebaskan otak kamu untuk mengingat hal yang lebih penting lainnya, seperti presentasi bisnis terdekat.


Selain itu, membuat jurnal di pagi hari juga bisa menentukan tujuan kamu sampai sehari ke depan. Jangan lupa tuliskan tujuan akhir kamu dalam jangka panjang karena hal ini penting supaya apa yang kamu lakukan masih seiring sejalan dengan tujuan jangka panjang kamu di masa depan.



  1. Sisihkan waktu untuk belajar


Menyisihkan waktu untuk belajar juga bisa memperkaya perspektif kamu dalam berbagai aspek kehidupan, dan juga bisa mengajak kamu untuk berpikir lebih kreatif.


Awali pagi kamu dengan membaca buku, mendengarkan siniar, menonton video YouTube, mengasah keterampilan menggambar atau sekadar memetik gitar. Apapun bisa kamu lakukan untuk memulai ritual kamu menjadi lebih produktif.


Tidak peduli seberapa sibuk kamu, dengan menyisihkan waktu untuk belajar setidaknya selama sepuluh menit setiap paginya, kamu bisa meningkatkan kehidupan profesional dan personal kamu kedepannya.


Menciptakan ritual pagi yang rutin bisa menjadi hal yang bisa kamu lakukan di akhir tahun 2022 ini, sebagai awalan untuk menyambut tahun 2023 yang lebih menantang. Beberapa alasan dan tips simpel yang dijabarkan di atas bisa menjadi bekal kamu untuk memulai ritual pagi, terlepas kamu sedang berada di rumah atau sedang berlibur ke tempat wisata, seperti di Villa Bango misalnya.


Jika kamu berencana untuk melakukan ritual pagi di rumah, atau memilih memulai ritual pagi di waktu libur, di daerah puncak misalnya, maka kamu bisa memilih Villa Bango sebagai destinasi kamu, apalagi kamu bisa menyewanya secara eksklusif jadi kamu bisa memulai ritual pagi kamu dengan cara yang tepat.


Pesan Villa Bango kamu sekarang dengan klik link atau tautan di sini ya!



KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page