top of page

Mengintip Keindahan Kebun Raya Bogor

Semua orang pasti tahu betapa pentingnya untuk sesekali melakukan liburan, entah itu hanya dengan diri sendiri, keluarga, teman-teman terdekat, atau bersama pasangan. Di era yang sekarang serba cepat dan banyak perubahan yang terjadi, sangat mudah untuk seorang individu merasa kewalahan dengan hal-hal tersebut. Baik itu dalam kehidupan pekerjaannya, sekolah, atau kehidupan pribadinya. Alangkah baiknya kalau kita bisa beristirahat sejenak dari kehidupan rutinitas masing-masing dan berlibur untuk melakukan kegiatan yang bisa menyegarkan badan dan pikiran.



Ternyata, banyak juga manfaat yang bisa kita rasakan kalau kita berlibur dari rutinitas kita sehari-hari, baik itu hanya berakhir pekan sejenak atau saat liburan panjang. Manfaat yang bisa kita rasakan untuk kesehatan kalau melakukan liburan diantaranya adalah menenangkan pikiran. Dengan meluangkan waktu dari pekerjaan atau belajar bisa membuat pikiran menjadi lebih relaks. Liburan juga bisa meningkatkan kreativitas karena dengan berpergian ke tempat baru, kita bisa mengetahui banyak sudut pandang di tempat lain dan mendapat inspirasi ide-ide beragam. Selain itu, kalau kita liburan bersama orang-orang terdekat kita bisa mendapatkan waktu berkualitas atau quality time bersama mereka. Saat kita merasakan bahagia, kesehatan mental kita juga bisa meningkat sehingga kita akan lebih produktif ketika kembali ke rutinitas sehari-hari.



Liburan Tidak Jauh Dari Ibu Kota ke Puncak, Bogor

Sebagai masyarakat Indonesia, kita sangat beruntung karena banyak sekali kota-kota dan tempat wisata yang dapat kita kunjungi. Salah satu destinasi liburan yang banyak menjadi pilihan masyarakat terutama dari daerah Jabodetabek adalah Puncak, Bogor! Hal ini bukan tanpa sebab, Puncak Bogor memiliki berbagai destinasi wisata baik alam maupun buatan yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-temanmu. Sejuknya udara Puncak yang dilengkapi dengan hijaunya pemandangan alam tentunya menjadi suasana yang berbeda dan lebih tenang dibandingkan dengan sibuknya suasana ibu kota. Puncak Bogor juga menawarkan beragam kuliner yang bisa kamu santap dan nikmati selama berada disana. Selain itu, jika kamu berkunjung dari Jakarta, Puncak Bogor bisa ditempuh hanya dalam waktu 2-3 jam sehingga tidak perlu memesan tiket kereta atau pesawat dan bisa menggunakan kendaraan pribadi.



Jalan-Jalan ke Kebun Raya Bogor

Kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata terutama yang bersifat edukatif, salah satu dari beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Puncak Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang cukup terkenal, baik untuk masyarakat Bogor sendiri, atau dari kota sekitarnya seperti Jakarta. Kebun Raya Bogor terletak di pusat Kota Bogor dan berada di samping Istana Kepresidenan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga karena bersifat family-friendly maupun bersama teman-teman.


Sekilas Tentang Kebun Raya Bogor

Selain menjadi destinasi tempat wisata, Kebun Raya Bogor juga terkenal menjadi pusat penelitian dan pusat konservasi kawasan tumbuhan di Indonesia. Berusia lebih dari 200 tahun, Kebun Raya Bogor berasal dari ide seorang profesor ilmu botani keturunan Jerman bernama George K. Reindwardt. Pada tahun 1817, Thomas S. Raffles, gubernur Hindia Belanda, saat itu mengembangkan halaman istana bogor menjadi sebuah taman dengan nuansa Inggris klasik. Faktanya, Kebun Raya Bogor sendiri memiliki luas sekitar 87 hektar dan kurang lebih 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di dalamnya.


Tempat-Tempat Menarik di Kebun Raya Bogor

Selain banyak cerita sejarah yang bisa kamu dapat dari tempat ini, Kebun Raya Bogor punya keistimewaan lain yaitu banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di sini. Mungkin selama ini kamu berpikir di Kebun Raya Bogor hanya berpiknik atau untuk melihat Bunga Rafflesia. Tetapi, banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa kamu lakukan, lho. Simak terus ya penjelasannya!


1. Melihat Keindahan Taman Anggrek

Kalau kamu senang melihat cantiknya bunga-bunga, maka jangan sampai kamu melewatkan keindahan bunga Anggrek di Taman Anggrek. Di sini, kamu bisa melihat indahnya warna-warni lebih dari 400 jenis anggrek yang tumbuh. Taman ini terdiri dari Griya Anggrek sayap kanan dan sayap kiri. Kalau kamu ingin melihat spesies anggrek alami, kamu bisa ke Griya Anggrek sayap kanan, sedangkan Griya Anggrek sayap kiri bisa kamu kunjungi untuk melihat koleksi anggrek hybrid.


2. Agungnya Istana Presiden dari Danau Gunting

Kalau ke Kebun Raya Bogor, rasanya tak lengkap kalau tidak melihat Istana Presiden. Kamu bisa melihat Istana Presiden dari Danau Gunting yang indah pemandangannya. Saat kamu berada di sini, kamu akan ditemani dengan indahnya warna pink dari bunga teratai yang menyelimuti danau ini, terutama saat musim teratai sedang berbunga. Kamu juga bisa mengabadikan momen-momen dengan berfoto di Patung The Little Mermaid, Patung Tangan Tuhan, dll.


3. Nuansa Unik Taman Meksiko

Kalau kamu mencari suasana yang agak berbeda dari tempat-tempat lain di Kebun Raya Bogor, kamu bisa datang ke Taman Meksiko untuk melihat berbagai macam kaktus. Kamu bisa melihat hingga 100 jenis kaktus, sukulen, agave yang sangat beragam dari segi bentuk, ukuran, dan warna. Sama seperti namanya, kamu akan merasakan pemandangan seperti gurun di Meksiko. Spot ini juga tentunya sangat instagrammable sehingga cocok untuk kamu mengambil banyak foto di sini.


4. Melihat Monumen Lady Raffles

Monumen Lady Raffles ini akan segera kamu temui saat melewati pintu masuk utama. Di balik monumen ini, ada kisah sentimental mengenai istri pertama Sir Thomas Raffles yang bernama Olivia M. Devenish. Ia dipanggil Lady Raffles karena merupakan wanita yang dihormati di kalangan Belanda saat itu. Karena peran dan kehadirannya yang penting akhirnya Sir Thomas Raffles mendirikan monumen ini sebagai tanda cinta untuk mengenang mendiang istrinya.


5. Berwisata Sambil Belajar

Terakhir, tentunya kamu bisa melihat tempat-tempat wisata sambil belajar seperti di Laboratorium Botani Treub dan Museum Zoology. Laboratorium Treub ini terdiri dari berbagai macam laboratorium seperti Laboratorium Molekuler, Anatomi Morfologi, Konservasi Biji, Rumah Kaca, dan Ekologi Konservasi.


Selain itu, di Museum Zoology kamu juga bisa melihat kerangka-kerangka binatang yang diawetkan seperti ikan, burung, dan lain-lain. Sebagian koleksi di museum ini berasal dari Indonesia dan Jepang. Untuk menuju ke museum ini, kamu bisa melewati jalan yang terletak di gedung Laboratorium Botani Treub.


Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tak perlu khawatir dengan biaya jika kamu ingin berlibur ke Kebun Raya Bogor. Harga tiket masuk kebun raya bogor dibanderol dengan harga Rp 15.000 per orang untuk warga negara Indonesia dan Rp 25.000 untuk turis. Kalau kamu mengendarai mobil pribadi, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan tiket masuk sebesar Rp 50.000.



Kebun Raya Bogor memang punya daya tarik yang kuat bagi wisatawan Puncak maupun kota sekitarnya. Kalau kamu sedang mencari penginapan di sekitar Puncak untuk beristirahat setelah beraktivitas, kamu bisa coba ke Villa Bango! Villa berkapasitas besar dengan fasilitas lengkap dan kolam renang pribadi, cocok untuk tempat istirahatmu setelah berwisata keliling Puncak bersama keluarga. Hubungan untuk informasi lebih lanjut di sini.

bottom of page