top of page

Rekomendasi Daerah Wisata Bogor dan Puncak untuk Keluarga

Berkunjung ke daerah puncak mungkin adalah salah satu agenda wajib untuk keluarga yang ingin menikmati liburan dengan anggaran dan waktu yang sedikit. Baik saat akhir pekan atau liburan panjang, Puncak memang menjadi salah satu destinasi tujuan bagi banyak kalangan.




Alasan utamanya tentu jarak yang tidak jauh dari Jakarta, namun memiliki udara yang dingin dan sejuk, yang mungkin didambakan oleh banyak orang. Namun, ketika banyak orang fokus kepada daerah Puncak yang masih masuk ke dalam bagian dari kabupaten Bogor, beberapa destinasi wisata lainnya yang masih masuk ke dalam kabupaten ini terus bermunculan. Ini tentunya memberikan dampak positif bukan hanya kepada pemerintah daerah Bogor, namun juga kepada wisatawan yang mungkin sudah kehabisan ide atau kesenangan di daerah Puncak.


Jika kamu masuk ke dalam kategori ini, kamu tidak perlu khawatir untuk tetap mengunjungi Puncak dalam agenda liburan kamu selanjutnya, karena ada beberapa rekomendasi wisata yang dekat dengan daerah puncak dan tentunya bersahabat untuk keluarga.


Kebun Raya Bogor


Rekomendasi pertama bisa dimulai dari destinasi wisata yang klasik, yaitu Kebun Raya Bogor. Dikenal dengan berbagai macam atraksi yang cocok dikunjungi bersama keluarga, rasanya kamu tidak akan lengkap jika datang ke kabupaten Bogor jika tidak datang ke kebun yang ada di tengah. Selain memiliki area yang luas dan rerumputan yang mungkin jarang ditemukan, kamu dan keluarga atau pasangan juga bisa berjalan kaki mengelilingi taman yang luas ini, dan menikmati pepohonan dan udara yang segar. Atau, jika kamu sedang ingin berolahraga dengan suasana yang berbeda, kamu juga bisa bermain sepeda.


Ramai dan populernya Kebun Raya Bogor bukan hanya dilandasi oleh fakta bahwa kebun raya ini sangat luas dan memiliki lokasi yang strategis, namun juga karena Kebun Raya Bogor merupakan salah satu atau satu-satunya kebun botani paling besar se-Asia tenggara. Ini tak mengherankan karena selain hamparan rumput dan taman yang luas, di dalam komplek juga ada laboratorium juga museum yang juga merupakan atraksi tersendiri.


Gunung Pancar


Sebelum media sosial TikTok muncul, destinasi wisata yang satu ini sudan sempat viral lebih dulu. Alasan utamanya tentu karena banyak dan rindangnya pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga bukan hanya kamu akan disuguhi udara yang dingin dan sejuk, namun juga kamu bisa merasakan suasana alam pegunungan yang mungkin belum pernah kamu coba. Selain tentunya udara yang segar, ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memasang hammock di antara dua pohon pinus dan bersantai sambil menikmati udara yang sejuk, atau juga salah satu aktivitas paling populer yaitu berfoto di antara pohon-pohon pinus.


Selain cocok masuk ke dalam akun media sosial seperti Instagram, gunung pancar juga kerap menjadi langganan untuk foto prewedding bagi banyak pasangan yang ingin menikah. Meskipun kebanyakan dikunjungi oleh pasangan, namun Gunung Pancar juga sangat bisa dikunjungi oleh keluarga, terutama bagi keluarga yang memiliki jiwa petualang dan ingin membangun tenda, atau ingin memperkenalkan suasana alam kepada anak-anak.



Situ Gede Bogor


Setelah menikmati yang hijau-hijau, kamu bisa beralih ke destinasi wisata bahari yaitu danau. Di kabupaten Bogor sendiri ada salah satu danau yang bisa menjadi pilihan wisata kamu bersama keluarga yaitu Situ Gede Bogor. Duduk menghabiskan waktu untuk melamun memikirkan banyak hal. Suasana danau yang tenang dan alam yang indah bisa menjadi tempat yang cocok untuk healing, baik seorang diri, bersama pasangan atau keluarga.


Pemerintah daerah yang melakukan pengelolaan membuat fasilitas dan kenyamanan dari tempat ini juga sangat terjaga. Jika sudah bosan melamun atau ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa mencoba berkeliling dengan sekoci atau perahu kecil, atau jika kamu punya banyak waktu dan kesabaran, tidak ada salahnya juga kamu untuk membawa kail pancing ke sini karena Situ Gede Bogor yang memiliki danau yang luas juga kerap menjadi lokasi pancing, baik untuk para wisatawan atau masyarakat lokal yang juga memang menyukai destinasi wisata yang satu ini.


Gunung Batu


Setelah mencoba destinasi wisata yang relatif aman dan santai, mungkin sudah saatnya kamu mencoba destinasi wisata yang sedikit menguras keringat, dan destinasi wisata itu bernama Gunung Batu.


Jangan dulu terintimidasi mendengar kata gunung, karena Gunung Batu sebenarnya merupakan salah satu gunung dengan ketinggian yang relatif rendah, yaitu ‘hanya’ 875 meter di atas permukaan laut. Jadi, sangat cocok untuk didaki oleh kamu maupun keluarga.


Meskipun relatif rendah, namun gunung ini memiliki daya tariknya sendiri yaitu spot yang sangat cantik untuk menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam. Jika kamu dan orang-orang tersayang berencana untuk mengunjungi Gunung Batu, salah satu catatan penting yang harus kamu perhatikan adalah jalur pendakian yang masih berbentuk tanah, jadi jika nanti tiba musim hujan, pastikan untuk mendaki dengan hati-hati karena jalur akan jauh lebih licin daripada biasanya.



Bukit Alesano


Nah, kalau destinasi wisata yang satu ini cocok bagi kamu yang takut ketinggian atau memang belum memiliki niat untuk naik gunung. Bukit Alesano yang berada di kabupaten Boor ini menawarkan pemandangan kabupaten Bogor yang syahdu, selain juga udara dingin di malam hari, yang biasa kamu temukan di gunung, Bukit Alesano juga bisa menjadi tempat kamu untuk berkemah. Untuk menambah nilai estetik, bukan hanya kamu bisa menikmati matahari terbit, tapi kamu juga bisa mendapatkan latar foto yang bagus karena Bukit Alesano juga dipenuhi oleh ilalang. Sama seperti Kebun Raya Bogor atau destinasi lainnya di kabupaten Bogor, disarankan untuk mengunjungi Bukit Alesano saat awal pekan atau menghindari akhir pekan, karena destinasi wisata yang satu ini memang sudah relatif populer, baik untuk wisatawan lokal kota Bogor, maupun wisatawan daerah-daerah lainnya.


Tentunya kabupaten Bogor memiliki banyak pesona dan destinasi wisata, selain dari wisata alam, yang layak kamu kunjungi. Beberapa wisata kuliner juga kerap menjadi langganan warga ibukota yang ingin menikmati sensasi dan ragam kuliner yang berbeda,


Jika kamu dan keluarga berencana untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di atas, untuk efisiensi waktu, kamu bisa memilih penginapan yang berdekatan, misalnya yang berada di kawasan Puncak atau Cisarua.


Salah satu penginapan yang bisa kamu pertimbangkan adalah Villa Bango. Berlokasi di Cisarua, Villa Bango yang luas memiliki sistem privat yang hanya bisa dipesan untuk satu rombongan, jadi kamu tidak perlu pusing bersinggungan dengan orang lain dan bisa menikmati privasi seutuhnya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas tambahan yang tentunya layak kamu coba sebelum datang ke destinasi wisata di atas. Pesan kamar kamu sekarang di Villa Bango melalui link satu ini.











bottom of page