top of page

Tingkatkan Kualitas Staycation dengan Tips Ini

Liburan bukan hanya kesempatan untuk melepaskan diri dari kesibukan dan melihat tempat-tempat baru - liburan juga baik untuk kesehatan kamu dan juga keluarga! Beristirahat sejenak terbukti dapat meningkatkan kepuasan hidup, kesehatan fisik, hingga membantu mengurangi depresi dan kecemasan.



Jika kamu masih ragu untuk berlibur, dampak positif lain dari liburan adalah dapat membantu membangun ketahanan dan memicu kreativitas. Liburan juga dapat berguna dalam membantu kamu untuk kembali ke rutinitas tidur yang sehat. Jadi jika kamu merasa sudah lelah dan penat, mungkin berlibur bisa menjadi pertimbangan.



Salah satu bentuk liburan yang populer dalam beberapa tahun kebelakang adalah staycation. Sebenarnya, apa itu staycation?


Staycation adalah cara sempurna untuk berlibur tanpa harus pergi terlalu jauh dari tempat tinggalmu. Secara sederhana, staycation adalah tipe liburan yang kamu ambil dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah, yang ideal bagi mereka yang ingin menghemat uang atau tidak punya waktu untuk merencanakan liburan yang jauh.


Staycation sendiri menjadi populer sejak ada resesi di tahun 2008 karena orang mencari pilihan perjalanan yang lebih terjangkau. Selain hemat, staycation juga sangat fleksibel karena tidak perlu merencanakan dari jauh-jauh hari atau mengikuti jadwal yang ketat. kamu dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan, dengan ritme kamu sendiri, yang merupakan salah satu bagian terbaik dari tipe liburan yang satu ini.


Santai


Satu hal tentang staycation, semuanya harus dilakukan dengan santai. Selaan itu, beberapa hal bisa kamu rencanakan di menit-menit akhir jika kamu mau


Karena itu, jangan terlalu berlebihan untuk melakukan perencanaan. Alih-alih, cobalah untuk menjaga hal-hal menjadi lebih sederhana dan sebebas mungkin dari stres. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antara lain:


  1. Biarkan jadwal kamu terbuka sehingga kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak direncanakan, seperti tidur siang kapanpun kamu mau.

  2. Pastikan kamu memilih tempat staycation yang memiliki ulasan yang bagus

  3. Jika kamu ingin menikmati staycation dengan nuansa rumah, kamu bisa


Detoks media Sosial


Matikan telepon kamu. Simpan laptop di laci meja dan tidak usah dibawa menginap. Selain itu, hindari terlalu banyak menonton TV — berita, khususnya.


Inti dari staycation ini adalah menghabiskan 100% staycation kamu untuk fokus pada diri sendiri dan teman atau keluarga kamu; jika kamu tidak bisa keluar 100% dari media sosial atau dunia luar, setidaknya tetapkan beberapa batasan. Misalnya, hanya membalas pesan pada waktu yang ditentukan atau menetapkan zona waktu bermain media sosial untuk kamu dan keluarga.


Menikmati waktu untuk relaks


Inti dari melakukan staycation adalah untuk mengisi ulang baterai sosial kamu, jadi pastikan kamu memanfaatkan waktu staycation sepenuhnya! Bermalas-malasan dan bersantailah dengan buku yang bagus, atau mencari spot terbaik di penginapan untuk melamun adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tanamkan pada diri kamu bahwa kamu pantas mendapatkannya!



Pergi keluar


Tidak dapat disangkal bahwa menghabiskan waktu di luar baik untuk tubuh kamu. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan bisa meningkatkan Vitamin D dan mendorong kamu untuk berolahraga lebih banyak. Selain itu, beraktivitas di luar juga membuat kamu lebih bahagia dan meningkatkan konsentrasi kamu.


Jadi, alih-alih tetap terkurung di dalam selama staycation, keluarlah sebanyak mungkin. Jalan-jalan. Mendaki di taman terdekat, berolahraga di lapangan terbuka, atau jika tempat penginapan kamu memiliki sungai, kamu bisa di tepi perairan sepanjang hari


Perlu beberapa ide lagi? kamu bisa pergi berkemah, meskipun di halaman belakang penginapan, atau bersepeda singkat menyapa komunitas sekitar.


Belajar Hobi Baru


Kamu tidak harus menghabiskan seluruh waktu staycation dengan melakukan istirahat, atau bersantai atau nongkrong di tempat penginapan - kecuali itu yang ingin kamu lakukan.


kamu juga dapat menggunakan waktu bergahrag ini untuk akhirnya mempelajari sesuatu yang baru. Mungkin mengambil kelas memasak, baik secara langsung atau virtual, atau melakukan hobi baru yang sebelumnya belum pernah kamu coba


Eksplorasi


Dengan jadwal sibuk kamu, mungkin ada saatnya kamu kehilangan begitu banyak hal yang terjadi di kampung halaman kamu sendiri. Berapa kali kamu berpikir untuk pergi ke restoran atau toko kelontong atau mengunjungi museum di dekat rumah, tetapi kamu selalu tidak punya waktu? Alih-alih menundanya lagi, mengapa tidak menggunakan waktu luang ini untuk akhirnya berkeliling ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi? Pandemi yang sudah hampir selesai seharusnya bisa menjadi alasan kamu untuk berkeliling, meski itu hanya berkendara santai dan jelajahi kota saja



Jangan Lupa Bermain


Ada banyak manfaat bermain, baik kamu melakukannya sendiri, bersama orang tersayang, atau bersama hewan peliharaan. Manfaat tersebut antara lain menghilangkan stres, menangkal depresi, dan stimulasi mental. Bermain juga membuat kamu awet muda, energik, dan memperkuat hubungan kamu.


Butuh alasan lain? Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa melepaskan inner child kamu akan membuat kamu lebih sukses, terutama karena ini mendorong perspektif yang lebih berbeda.


Bahkan ada opsi lebih baik jika kamu tidak benar-benar ingin melakukan ini. kamu dapat menyelesaikan teka-teki, bermain video game, atau bermain uno di halaman tempat penginapan kamu. Jadi tunggu apa lagi? Keluar dan mainkan!



Keluar dari zona nyaman


Terus-menerus melakukan hal yang sama setiap hari bisa menjadi membosankan dan terasa seperti siklus tanpa akhir. Jika kamu tidak berhati-hati, itu bisa membuat kamu terjebak dalam kebiasaan yang dalam jangka panjang bisa berdampak buruk


Sekarang kamu memiliki waktu luang dan menyenangkan saat staycation, mengapa tidak menggunakannya untuk keuntungan kamu dengan bereksperimen? Lakukan sesuatu yang membuat kamu takut, seperti aktivitas terjun payung, makan di restoran baru, Cobalah memasak makanan baru atau sesimpel melakukan olahraga baru.


Apa pun yang kamu pilih, sekarang adalah waktu terbaik untuk keluar dari zona nyaman dan sedikit mendorong diri sendiri.


Staycation yang tepat ternyata memiliki beberapa cara atau tahap yang bisa membuat kamu memiliki kualitas menginap yang berbeda. Jika kamu bepergian bersama keluarga, tentunya tempat penginapan yang luas dan memiliki berbagai fasilitas harus masuk ke dalam pertimbangan untuk menentukan bagaimana kualitas staycation kamu, selain tentunya tips-tips di atas.


Salah satu penginapan yang bisa masuk ke dalam pertimbangan kamu untuk rencana staycation kamu seorang diri, bersama pasangan, atau keluarga adalah Villa Bango, karena sistemnya yang privat tidak akan mengganggu nuansa dan pengalaman menginap kamu bersama keluarga tersayang.


Supaya kamu tidak kehabisan slot untuk melakukan staycation yang berkualitas, ada baiknya kamu melakukan pemesanan lebih dulu. Kamu bisa menghubungi Villa Bango melalui website, halaman instagram, atau langsung pesan sekarang melalui link satu ini











bottom of page