top of page

Tips Bepergian dengan Balita

Akhir tahun sudah di depan mata, dan biasanya ketika berbicara tentang akhir tahun, maka liburan adalah salah satu agenda yang wajib dilakukan. Entah itu bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga, liburan di akhir tahun adalah salah satu kegiatan yang umum dilakukan oleh banyak orang, termasuk para pasangan yang baru mempunyai anak.




Tentu, sebagai orang tua baru, pasangan muda memiliki banyak dilema dan pertimbangan, dengan porsi yang paling besar adalah bagaimana menikmati liburan sekaligus menjaga agar anak tetap sehat dan terjaga, apalagi jika bepergian ke daerah yang memiliki cuaca ekstrem, seperti puncak yang dingin atau daerah pantai yang panas.


Jika kamu adalah orang tau baru, dan dalam waktu dekat ingin mengunjungi puncak dan menginap di Villa, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk bisa menjalani liburan dengan anak kamu yang masih balita.


Persiapkan Kursi khusus Balita


Tips yang pertama dan yang terpenting adalah siapkan kursi khusus balita, baik yang digunakan di dalam mobil atau ketika sampai ke tempat tujuan. Tentunya, menyiapkan kursi balita semenjak awal bisa mempermudah aktivitas kamu dengan anak, karena tidak semua tempat wisata mempunyai kursi balita. Apalagi, di zaman sekarang, sudah banyak kursi balita lipat yang tidak terlalu banyak memakan tempat, jadi aman dan tidak mengganggu barang-barang bawaan kamu.


Siapkan Camilan


Meskipun perjalanan atau liburan kamu dekat, tapi menyiapkan camilan untuk si kecil juga perlu untuk meminimalisir kesulitan saat di perjalanan. Dengan menyiapkan camilan atau makanan kesukaan si kecil sebelum berangkat, maka kamu tidak perlu pusing untuk mampir ke minimarket atau restoran terdekat yang bisa memakan banyak waktu dan bisa mengganggu jadwal liburan kamu. Usahakan sediakan camilan yang kaya akan nutrisi dan terpenting, adalah makanan kesukaan si kecil.


Tisu basah dan kelengkapan alat higienis


Ini juga salah satu aspek terpenting yang harus kamu lakukan untuk menjamin liburan kamu lancar. Menyiapkan tisu basah, serta kelengkapan balita yang steril akan memudahkan baik di perjalanan menuju tempat wisata maupun ketika nantinya sudah sampai. Dalam beberapa kasus, balita tentu memiliki pendekatan yang berbeda terkait alat makan dan juga cara mereka makan, sehingga aspek ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anak kamu tetap terjaga.


Minimalisir alat elektronik


Liburan keluarga adalah salah satu cara terbaik untuk membuat semua anggota keluarga rileks dan meminimalisir gadget elektronik, termasuk untuk anak balita kamu. Selain tentunya memaksimalkan fasilitas yang ada di destinasi tujuan, kamu juga bisa memulainya dengan menyediakan mainan yang bisa meningkatkan stimulus anak, seperti buku gambar atau buku mewarnai dengan berbagai pola dan warna.


Efisiensi Koper


Ketika kamu berlibur bersama balita, ada banyak hal yang mesti kamu ‘korbankan’, termasuk penggunaan koper. Baju anak yang memang tidak terlalu besar ukurannya membuatnya tak memakan banyak ruang di dalam koper, dan oleh karenanya kamu bisa melakukan efisiensi koper yang membuat kamu tidak perlu membawa banyak koper.


Hal ini tentu akan berdampak positif kepada liburan kamu, mulai proses unpacking yang mudah hingga risiko barang ketinggalan yang bisa kamu cegah.


Barang multifungsi


Jika kamu menyukai barang-barang yang serbaguna di rumah, maka kamu bisa membawanya saat liburan. Ketika kamu berlibur ke suatu tempat, tentu hal yang paling utama adalah kenyamanan tempat tersebut. Sayangnya, tidak semua kenyamanan itu berkaitan dengan peralatan yang lengkap, sehingga, penting bagi kamu untuk membawa barang-barang yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Seperti contoh, handuk besar yang bisa digunakan untuk mandi ataupun ketika menggunakan fasilitas kolam renang di Villa Bango.


Ransel untuk si kecil


Kamu juga bisa mendorong anak kamu untuk terbiasa membawa barang sendiri dengan memberikan ransel kecil atau tas pinggang kecil yang berisi mainan atau baju yang tipis. Ini tentunya bisa mendorong anak kamu untuk lebih paham dan bertanggung jawab terhadap barang bawaan sendiri, yang tentunya bisa berdampak positif di masa mendatang atau agenda liburan kamu selanjutnya.




Maksimalkan waktu istirahat


Salah satu cara terbaik untuk menghindari tantrum dari balita atau anak kecil adalah mendorong si anak untuk tidur. Menjaga rutin si kecil bisa membuat Ia kelelahan. Salah satu caranya tentu dengan mengganti bajunya dengan piyama atau baju tidur, atau jika Ia mempunyai baju kesayangan, bisa juga diterapkan. Tips ini bisa kamu lakukan ketika sampai di tempat wisata, atau ketika masih dalam perjalanan di dalam mobil atau transportasi umur.


Siapkan peralatan jalan-jalan


Jangan juga lupakan bahwa agenda utama kamu adalah liburan, jadi potensi mengunjungi berbagai tempat wisata sangat besar. Bawa stroller lipat, camilan hingga topi yang bisa melindungi si kecil, sehingga bukan hanya anak kamu akan merasa nyaman, kamu sebagai orang tua juga merasa aman.



Pastikan akomodasi tercukupi


Setiap tempat wisata atau menginap memiliki akomodasi atau fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan tamunya, termasuk yang ada di Villa Bango. Pastikan ketika kamu memesan atau menghubungi Villa Bango, fasilitas yang ada sudah sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu, jangan sungkan jika kamu membutuhkan sesuatu, karena staf yang ada di Villa Bango atau tempat manapun kalian menginap pasti menginginkan yang terbaik untuk tamunya, selama apa yang kamu minta masih masuk akal dan tidak sulit didapatkan.


Alat mandi si kecil


Ini adalah salah satu aspek yang terkadang juga dilupakan. Tidak semua fasilitas penginapan atau vila mempunyai alat mandi untuk anak-anak, sehingga, kamu juga harus siap membawa perlengkapan mandi anak supaya ketika sampai ke penginapan atau vila, kamu tidak kebingungan untuk mencari alat mandi untuk si kecil.


Alat mandi juga bukan hanya terbatas dari sikat gigi, pasta gigi, sampo hingga sabun, namun juga dudukan toilet yang harus digunakan ketika si kecil ingin buang air.


Siapkan si kecil untuk pemandangan yang benar-benar baru


Kamu juga bisa mempersiapkan anak kamu untuk menemui suasana baru yang mungkin baru pertama kali ia rasakan, jadi sepanjang perjalanan, kamu bisa bercerita tentang destinasi liburan yang akan kamu kunjungi, sehingga Ia memahami apa yang akan Ia tuju.


Nah, itu dia tadi beberapa tips liburan bersama balita yang wajib kamu terapkan supaya liburan kamu lancar dan bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga, apalagi berlibur bersama dengan balita berbeda dengan liburan bersama anak-anak yang sudah cukup dewasa yang tentunya lebih mudah untuk dinasehati atau diberitahu.


Namun, sebelum menerapkan tips-tips di atas, ada baiknya kamu memesan lebih dahulu tempat tujuan kamu, dan Villa Bango bisa kamu jadikan opsi karena fasilitas yang cukup lengkap dan area luar yang bisa menjadi tempat bermain anak. Pesan kamar kamu sekarang lewat link satu ini.







תגובות


bottom of page