top of page

Tips Liburan Akhir Tahun untuk Bayi dan Dewasa

Akhir tahun adalah waktu yang paling pas untuk liburan keluarga. Baik para orang tua atau anak-anak biasanya mendapatkan waktu liburan yang cukup panjang. Sehingga, sangat cocok untuk mengunakan akhir tahun sebagai wadah untuk menikmati waktu berkualitas.




Pada banyak kasus, banyak orang memilih waktu berlibur dengan berkunjung ke tempat-tempat yang jauh, daripada menghabiskan waktu di sekitar rumah. Tujuan utamanya tentu untuk menyegarkan pikiran dari pemandangan yang itu-itu saja.


Melakukan perjalanan liburan, baik itu ke lokasi dekat seperti puncak, atau jauh seperti keluar negeri, tentunya dibutuhkan persiapan yang matang, dan itu kenapa kamu harus mengamankan beberapa aspek sebelum melakukan perjalanan jauh.


Nah, karena waktu liburan akhir tahun sudah semakin dekat, maka berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya perjalanan liburan kamu menyenangkan dan tentunya, aman.


Sebelum pergi


Perjalanan yang aman dimulai dari sebelum kamu meninggalkan rumah. Mulai dari mengecek apakah semua kunci berfungsi dengan baik, hingga listrik atau stop kontak yang tidak lagi tersambung.


Pengamanan


Untuk mencegah potensi pencurian, kamu harus membuat seolah-olah rumah kamu tetap ditinggali oleh orang. Sehingga, pencuri juga ragu untuk memasuki rumah kamu atau melakukan pencurian.


Berikut beberapa tips memperketat pengamanan kamu sebelum kamu melakukan perjalanan.


Beritahu tetangga rencana perjalanan kamu. Pilih tetangga yang kamu percaya, dan minta tolong kepada mereka untuk memberitahu jika ada aktivitas mencurigakan.


Kunci pintu dan jendela. Pastikan untuk mengecek tiga kali bahwa semua jendela, pintu ataupun segala yang berpotensi sebagai pintu masuk harus terkunci, kamu bisa menambahkan gembok jika perlu.


Hentikan paket. Seminggu sebelum keberangkatan, pastikan bahwa kamu atau anggota keluarga tidak melakukan pembelanjaan lagi. Kurir yang datang ke rumah tentunya akan kesulitan jika tidak ada orang di rumah, yang akan mengakibatkan kurir kebingungan.


Sewa tukang kebun. Tips satu ini cocok untuk kamu yang ingin liburan akhir tahun jangka panjang dan tentunya memiliki kebun yang cukup besar. Pastikan juga bahwa tukang kebun hanya datang pada hari tertentu dan merupakan tukang kebun yang sudah sangat kamu kenal.


Simpan barang yang bisa dipakai untuk memanjat. Ini sebenarnya untuk meminimalisir risiko pencurian. Hindari menaruh tangga atau apapun yang bisa digunakan untuk memanjat atap rumah kamu.



Liburan aman bersama keluarga


Setiap orang mempunyai kebutuhan perjalanan yang berbeda, tergantung dari umur dan kemampuan. Pastikan bahwa setiap anggota keluarga


Tips bepergian untuk anak-anak:


Bawa kursi bayi. Entah kamu berkendara atau menaiki pesawat, anak kecil membutuhkan kursi bayi untuk berpergian. Jika kamu menggunakan moda transportasi pesawat dan sering melakukan liburan, tidak ada salahnya untuk berinvestasi dengan membeli kursi bayi yang lebih ringan karena tentunya akan lebih mudah untuk dipindahkan.


Tisu basah. Tisu basah yang ramah terhadap bayi sudah banyak tersedia. Untuk alasan kebersihan, kamu bisa menggunakan tisu basah untuk mengelap beberapa peralatan, mulai dari kursi bayi hingga nampan makanan.


Rutin Cuci tangan. Setiap kali kamu mempunyai kesempatan, kamu bisa mencuci tayang anak-anakmu. Meskipun hand sanitizer menjanjikan, namun tidak ada yang bisa mengalahkan kebersihan dari cuci tangan.


Pilih motif masker yang lucu. Ini merupakan tips yang bisa kamu lakukan sebagai seru-seruan ketika berlibur. Dengan memilih masker yang lucu, bukan hanya kamu menjaga anakmu dari virus, tapi juga bisa membuatnya lebih cantik.


Pertimbangkan pelacak GPS. Ini bisa jug menjadi pertimbangan ketika kamu berlibur dengan anak. Kamu bisa menaruh gps ini di septu anak atau tas ransel jika memungkinkan.



Tips bepergian untuk orang dewasa:


Minim risiko. Kamu tidak ingin perjalanan darat atau udara malah membahayakan anggota keluarga kamu. Itulah kenapa kamu bisa memilih untuk cek kesehatan untuk seluruh anggota keluarga kamu. Jika ada hasil yang negatif, kamu bisa mempertimbangkan untuk menunda perjalananmu.


Gunakan sepatu yang kokoh. Tersandung atau jatuh memang bisa menjadi ancaman yang berarti, oleh karena itu gunakan septu yang kokoh jika kamu terpaksa untuk berlari atau menempuh medan yang berat.


Perbanyak aktivitas luar ruangan. Liburan akhir tahun akan sangat sayang jika dihabiskan hanya di kamar saja. Jika kamu memilih berlibur di vila, kamu bisa menggunakan lapangan untuk berolahraga, piknik, hingga barbekyu. Jika kamu menginap di hotel, kamu bisa mulai membuat daftar kunjung ke berbagai destinasi wisata terdekat.


Aplikasi kesehatan. Dengan teknologi yang terus berkembang, maka aplikasi kesehatan juga bermunculan. Jika kamu ingin perjalanan sedikit lebih nyaman dan aman, kamu bisa mengunduh aplikasi kesehatan untuk jaga-jaga andai kamu terjebak dalam keadaan darurat.



Ketika sedang berlibur


Saat sudah sampai di destinasi wisata, ada beberapa hal juga yang bisa kamu coba untuk menjamin keamanan.


Beritahu teman atau sahabat tentang kegiatan kamu. Tips ini bisa menjadi opsi karena dengan memberitahu orang-orang terdekat kamu, maka mereka bisa memprediksi kapan jadlwal kamu pulang dan sebagainya.


Pisahkan dompet tunai dan kartu atm. Ini bisa menjadi opsi ketika kamu memang bertujuan untuk mengunjungi banyak tempat. Ada beberapa destinasi wisata yang tidak menerima uang tunai, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, kamu bisa memisahkan dua hal ini supaya tidak repot.


Siapkan salinan paspor. Ini berlaku jika kamu berperrgian keluar negeri. Berikan salinan paspor kepada orang tersayang dan juga salinan yang kamu bawa pergi. Ketika kamu berpergian ke luar hotel, kamu hanya membawa salinan paspor saat berlibur, sementara paspor asli bisa kamu tinggal di hotel


Dengan melakukan persiapan matang saat berlibur, kamu bukan hanya membuat perjalanan kamu aman dan nyaman untuk keluarga, namun juga orang-orang lainnya seperti tetangga atau sahabat-sahabat kamu. Saat akhir tahun, tentunya tetap ada potensi tindakan kriminal seperti pencurian, maka dari itu meninggalkan rumah juga harus banyak pertimbangan.


Selain itu, perjalanan akhir tahun juga membuat kamu berpotensi untuk berinteraksi dengan orang lain atau pergi ke tempat-tempat yang padat, sehingga penting juga untuk membuat nyaman seluruh anggota keluarga terlepas dari jenjang umur ataupun prefeensi.


Namun, jika kamu tipe yang lebih menyukai liburan berkualitas di satu tempat, maka kamu bisa memilih tempat tinggal sementara yang mempunyai sistem privat, seperti Villa Bango yang bisa menampung mencapai 30 orang, kapasitas yang lebih dari cukup jika kamu bepergian bersama keluarga inti maupun keluarga besar. Dengan luas tanah yang juga besar, kamu bisa membuat liburan yang juga lebih berkesan dengan permainan atau aktivitas yang menyenangkan, dan juga jangan khawatir untuk konsumsi, karena Villa Bango juga menawarkan paket katering yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Dengan semua fitur ini, tidak heran jika Villa Bango menjadi destinasi liburan akhir tahun banyak orang. Untuk pemesanan kamar di Villa Bango, kamu bisa mengontak link satu ini




bottom of page