top of page

Tips Work from Villa yang Produktif

Updated: Dec 18, 2022

Dalam dua tahun terakhir dan karena efek pandemi, mulai bermunculan banyak tren-tren baru bekerja. Salah satu tren tersebut, dan yang masih sering digunakan hingga kini adalah WFH atau work from home, sebuah tren atau regulasi dari banyak perusahaan di seluruh dunia yang mengharuskan para karyawannya bekerja dari rumah dengan tujuan utama untuk menekan angka peningkatan covid-19.




Seiring berjalannya waktu, tren WFH mulai bergeser, dengan salah satu yang mungkin paling sering diingat dan banyak diaplikasikan oleh para karyawan di kota-kota besar di Indonesia, adalah work from Bali. Banyak karyawan di seluruh Indonesia menggunakan kesempatan ini bukan hanya untuk menambah pundi-pundi uang, tapi juga untuk berlibur.



Meskipun sekarang tren work from Bali sudah menurun, namun regulasi work from home masih banyak diaplikasikan oleh berbagai perusahaan. Jika kamu adalah salah satunya, mungkin kamu bisa meningkatkan pengalaman work from home dengan mengunjungi tempat menginap terdekat–salah satunya Villa Bango–dan membuat tren baru yaitu WFV atau work from villa,


Jika kamu tertarik untuk mencoba wfh dari villa, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar work from villa kamu bisa berjalan dengan lancar.


Batasi Aktivitas di Media Sosial


Tips yang pertama ini lumayan sering terjadi bagi orang yang suka work from home yaitu godaan untuk sering update di media sosial pribadi. Hal ini juga bisa terjadi jika kamu memutuskan untuk work from villa, apalagi jika kamu memilih menginap di Villa Bango yang menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menginap secara privat, maka rasa ingin update di media sosial terkadang tak bisa dihindarkan.


Ini harus bisa kamu hindari karena justru ini akan mengurangi produktivitas kamu. Sebaiknya, buat jadwal saat work from villa, termasuk di dalamnya jadwal rinci seperti kapan waktu bermain media sosial selama seharian supaya kamu tidak berakhir procrastinating dan menurunkan kualitas pekerjaan kamu.


Pastikan ruangan tetap terang


Asupan cahaya saat bekerja juga menjadi salah satu faktor penentu kamu bekerja produktif dengan tidak. Jika asupan cahaya yang masuk sedikit, maka tubuh akan cenderung menjadi lebih malas dan mata bisa sedikit lebih sayu. Sebaliknya, jika kamu memiliki asupan cahaya yang cukup saat bekerja, maka work from villa kamu mungkin akan jauh lebih produktif.


Itulah kenapa penting bagi kamu untuk memilih villa privat dan memiliki desain dan juga jumlah ruangan yang banyak, kedua hal yang bisa kamu dapatkan jika memilih bekerja dari Villa Bango.


Coffee Nap


Tips yang ketiga mungkin baru pertama kali kamu dengar, yaitu coffee nap. Banyak karyawan yang terbiasa dengan rutinitas work from home sehingga terkadang rasa kantuk datang lebih cepat. Nah, coffee nap ini adalah salah satu cara untuk menangkal kantuk ketika kamu sedang work from home atau work from villa. Esensinya adalah meminum secangkir kopi sebelum kamu tidur siang supaya ketika nanti kamu bangun tidur, kamu bisa merasa lebih enerjik dan produktif, apalagi jika kamu bekerja dari villa dengan pemandangan yang indah.


Buat Ruang Kerja Sendiri


Ini penting bagi kamu yang ingin tetap memisahkan kepentingan bekerja dengan liburan atau menikmati waktu sendiri. Dengan menciptakan ‘kantor’ kamu sendiri maka kamu bukan hanya mendapatkan tempat yang bisa membuat kamu lebih fokus bekerja, tapi juga bisa tetap menikmati berbagai fasilitas yang diberikan oleh villa, termasuk jika kamu memilih menginap di Villa Bango.



Jangan Lupakan Waktu Istirahat



Memang ketika kamu memutuskan untuk work from villa, tentunya sangat disayangkan jika kamu tidak memasukkan agenda bersenang-senang di dalamnya. Namun, satu hal yang pasti, meskipun kamu work from villa, jangan lupa untuk juga membagi rutinitas kamu, termasuk di dalamnya adalah menggunakan waktu untuk istirahat. Waktu istirahat penting bukan hanya karena kamu akan mendapatkan energi tambahan, tapi juga bisa membuat produktivitas pekerjaan kamu selama work from villa lebih produktif.


Dengarkan Lagu Kesukaanmu


Kita semua tahu betapa besar kekuatan sebuah lagu dalam banyak hal, termasuk memberikan motivasi ketika kamu bekerja. Lagu juga bisa sangat berpengaruh terhadap mood kamu saat bekerja, baik itu bekerja di kantor maupun saat work from villa. Jika kamu memilih menginap di Villa Bango, maka kamu akan memiliki villa secara privat, sehingga kamu bisa mendengarkan lagu kesukaanmu sepuasnya. Namun, perlu digarisbawahi juga, jangan terlalu larut dalam menikmati lagu karena tujuan utama kamu tentunya untuk menyelesaikan pekerjaan.


Bentuk Rutinitas Pagi


Salah satu tips work from villa yang juga bisa membuat kamu menjadi produktif adalah membentuk rutinitas pagi. Perlu dicatat bahwa hal ini bisa terjadi jika kamu menginap lebih dari satu hari di sebuah villa.


Jika kamu menginap dengan konsep villa yang minimalis, maka kamu bisa membuat rutinitas kecil seperti dimulai dengan pemanasan otot-otot selama 15-30 menit di awal pagi. Namun, jika kamu menginap di villa yang luas dan memiliki fasilitas yang lengkap, maka kamu mungkin bisa memulai work from villa kamu dengan aktivitas olahraga yang sedikit lebih berat, seperti jogging atau senam pagi.


Jadwal Kerja


Ini sebenarnya merupakan salah satu pilar penting, baik ketika kamu work from home atau work from villa. Membuat jadwal kerja secara teratur dan detail bukan hanya akan menguntungkan kamu, terutama untuk lebih produktif, namun juga membuat kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Ini tentunya penting jika kamu work from villa bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Sehingga mereka tetap bisa merasakan liburan dan di sisi lain kamu tetap bisa menyelesaikan kewajiban.


Nah, itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti dalam waktu dekat jika kamu berencana untuk work from villa dalam waktu dekat. Terutama jika kamu merupakan salah satu karyawan yang secara penuh bekerja dari rumah atau work from home.


Work from villa juga bisa menjadi penyegaran kamu yang selama ini sudah terlalu bosan untuk bekerja dari rumah dan ingin mencari suasana baru namun yang tidak terlalu jauh dari rumah dan sangat mudah dijangkau, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga yang bisa kamu alihkan untuk menjadi lebih produktif saat work from villa.


Jika work from villa menjadi salah satu agenda kamu dalam waktu dekat dan kamu ingin menikmati fasilitas lengkap, maka Villa Bango bisa menjadi pilihan kamu. Fasilitas yang lengkap, jarang yang mudah ditempuh hingga staf yang ramah seharusnya lebih dari cukup bagi kamu untuk menjatuhkan pilihan ke Villa Bango.


Jika kamu ingin menikmati hal-hal di atas, kamu bisa melakukan pemesanan untuk kamar di Villa Bango secara privat lewat link di sini ya!


bottom of page