top of page

Tips Road Trip yang Aman Bareng Keluarga

Setelah satu tahun beraktivitas dan bekerja keras, akhir tahun kerap digunakan oleh banyak orang untuk menghilangkan stres dan berlibur bersama keluarga. Ada beberapa orang yang melakukan persiapan dari awal tahun, mulai dari memesan tiket pesawat hingga melakukan alokasi anggaran, ada juga tipe yang mendadak pergi ke suatu tempat yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.



Tentunya tidak ada yang salah dari kedua hal ini, cara yang pertama lebih fokus kepada destinasi wisata, sementara cara yang kedua fokus kepada pengalaman perjalanan.



Road trip sendiri merupakan salah satu praktek yang sering dilakukan oleh banyak orang yang cenderung ingin mengunjungi beberapa tempat dan biasanya memilih lokasi di berbagai kota. Namun, akhir tahun dengan jumlah orang liburan yang tinggi membuat opsi untuk road trip bukan ide yang bagus, namun, jika kamu berencana untuk road trip di awal tahun atau mungkin ingin road trip sebelum tanggal liburan, berikut beberapa tips untuk road trip di akhir tahun.


Tentukan tanggal


Ini penting jika kamu melakukan road trip di akhir tahun. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tanggal keberangkatan dan kalau bisa hindari akhir bulan Desember karena sudah pasti semua jalanan akan padat akan perayaan tahun baru.


Meskipun pada akhirnya kamu memutuskan untuk road trip di awal Desember, namun bukan berarti sensasi liburan akhir tahunnya hilang. Justru berangkat lebih awal akan membuat jalanan lebih lancar dan mudah untuk ditempuh


Sisihkan waktu tidur


Baik menggunakan roda dua atau roda empat, road trip selalu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi ini termasuk menyiapkan waktu tidur yang cukup sebelum keberangkatan. Usahakan seminggu sebelum tanggal keberangkatan, kamu sudah mulai memperbaiki pola tidur dan menjaga pola makan, karena pola tidur yang cukup bukan hanya akan berpengaruh pada saat keberangkatan, tapi juga menjaga kesehatan sebelum keberangkatan.


Buku audio


Tips yang ketiga mungkin terdengar baru bagi kamu, namun tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini. Mendengarkan lagu ketika melakukan road trip mungkin adalah salah satu agenda yang umum dilakukan oleh banyak keluarga, namun tidak ada salahnya juga untuk mendengarkan buku audio atau audio books.


Apalagi jika kamu melakukan road trip bersama keluarga dan masih memiliki balita, maka buku audio selama road trip mungkin bisa menjadi pilihan kamu untuk mengenalkan pengetahuan baru/memperdengarkan dongeng kepada si kecil.


Selain untuk si kecil, buku audio juga bisa diperdengarkan untuk berbagai anggota keluarga lainnya, ayah bisa menikmati buku audio tentang bisnis atau investasi, sementara buku audio untuk ibu bisa tentang tips parenting.


Tetap terhidrasi


Meskipun kamu memutuskan untuk melakukan road trip di awal bulan November, potensi untuk terjebak kemacetan tetaplah ada, apalagi jika kamu melalui jalur puncak yang memang terkenal macet di akhir tahun.


Itulah kenapa, terlepas dari apapun kendaraan yang kamu gunakan, baik mobil pribadi, motor atau penyewaan minibus, kamu harus menyediakan air supaya anggota keluarga kamu tetap terhidrasi dengan baik. Kamu bisa menyiapkan air mineral berbagai ukuran, mulai dari ukuran besar hingga ukuran yang kecil supaya masih mudah untuk dikonsumsi dengan ruang yang terbatas.



Pikirkan tentang tempat beristirahat


Salah satu pola pikir yang juga harus dipahami ketika melakukan road trip bersama keluarga adalah tempat beristirahat. Jika kamu menyukai sunday morning ride atau lebih dikenal dengan nama sunmori bersama komunitas motor kamu, maka kamu mungkin sudah terbiasa dengan mencari tempat beristirahat.


Satu hal yang berbeda jika kamu melakukan road trip dengan keluarga adalah kamu mesti mempertimbangkan beberapa faktor, bukan sekadar hanya tempat istirahat saja, namun juga fasilitas toilet, restoran hingga nursery room jika kamu bepergian bersama balita.


Siapkan aroma yang bisa bikin segar


Ketika melakukan road trip, selain hidrasi dan juga cukup tidur, sepanjang perjalanan kamu juga bisa menyiapkan beberapa hal lainnya untuk menjaga konsentrasi. Bisa dengan buku audio yang disinggung di atas, ada juga yang menggunakan hal-hal lainnya, salah satunya adalah aroma mint yang ada di minyak aromaterapi yang tentunya juga bisa membuat kamu segar ketika berkendara.


Dudukan Kursi


Tips road trip yang ini memang khusus untuk kamu yang pergi dengan keluarga menggunakan kendaraan pribadi. Sandaran kursi sopir juga menentukan nyaman atau tidaknya road trip kamu, karena jika sandaran kursi terlalu turun, maka jalanan yang ada di hadapan kamu mungkin tidak terlalu jelas, sebaliknya, jika sandaran kursi terlalu tegak, malah bisa juga membuat leher kamu pegal, jadi sesuaikan dudukan kursi sopir sesuai dengan tinggi badan kamu supaya kamu bisa menyetir dengan nyaman dan penuh dengan konsentrasi hingga sampai ke tujuan.



Hiburan untuk ‘penumpang’


Berangkat dengan unit keluarga juga berarti bahwa kamu akan membawa anak-anak, yang umumnya akan lebih rewel ketika melakukan perjalanan jauh. Terkadang anak yang rewel bisa mengganggu sopir atau ayah yang letih, sehingga penting bagi kamu untuk menyiapkan hiburan yang mudah dibawa seperti misalnya buku cerita, buku mewarnai atau mainan kecil yang bisa dimainkan sebagai pengalih perhatian, ini tentunya mainan yang berbeda yang kamu bawa untuk si kecil ketika sampai di tempat tujuan, jadi pastikan bahwa kamu memisahkan mainan si kecil untuk di tempat tujuan dengan mainan yang memang berfungsi sebagai pengalih perhatian seperti yang sudah disebutkan di atas.


Road trip merupakan sebuah aktivitas yang memang membutuhkan banyak tenaga, waktu dan konsentrasi jika dibandingkan liburan ‘biasa’. Terutama jika kamu melakukan road trip di akhir tahun, yang memiliki potensi kemacetan lebih besar dan perubahan regulasi lalu lintas yang lebih besar.


Maka jika kamu ingin road trip di akhir tahun, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Pertama, tentu perubahan tanggal untuk menghindari tanggal-tanggal yang padat, yang justru bisa menghilangkan esensi road trip kamu dan keluarga, serta penentuan lokasi yang bisa memengaruhi jalur perjalanan yang kamu pilih.


Untuk yang terakhir, lokasi yang dekat dan fasilitas yang lengkap adalah dua faktor yang harus kamu pertimbangakan untuk kenyamanan keluarga. Untungnya, Villa Bango yang memiliki sistem sewa privat memilik dua faktor ini, berlokasi di puncak dan berbagai fasilitas mulai dari olahraga hingga katering yang bisa membuat liburan akhir tahun kamu menyenangkan.


Dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan oleh Villa Bango, kamu juga tidak perlu repot membawa berbagai alat tambahan ketika road trip, mulai dari alat masak, hingga berbagai keperluan olahraga sudah disiapkan oleh Villa Bango, atau jika kamu tiba-tiba ingin menikmati fasilitas seperti barbekyu yang juga sudah disediakan oleh pihak vila. Nah, karena ini sudah akhir tahun, kamu bisa mulai pesan vila privat ini melalui link satu ini ya.





Comments


bottom of page