top of page

Yuk, Main 5 Game Ini Bareng Keluarga Saat Staycation!

Siapa yang tidak mendambakan waktu luang bersama keluarga di akhir pekan atau waktu liburan? Setelah lelah melakukan aktivitas sehari-hari di kantor atau sekolah, momen kebersamaan keluarga merupakan hal yang pastinya telah ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga. Beberapa masyarakat mungkin lebih memilih beristirahat di rumah dan menyiapkan diri untuk kembali beraktivitas di awal minggu. Namun, beberapa masyarakat lainnya memilih untuk tak menyia-nyiakan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Banyak cara untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Masyarakat Indonesia biasa menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan dengan cara jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, menonton film di bioskop, hingga berlibur singkat ke luar kota. Selain itu, staycation juga merupakan salah satu preferensi bagi beberapa masyarakat Indonesia.




Staycation

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu staycation? Staycation adalah kegiatan rehat sejenak atau berlibur namun dengan tujuan yang berada dekat dari rumah. Bukan tanpa sebab, berlibur ke tempat yang dekat dari rumah memiliki tujuan antara lain agar dapat menekan budget atau pengeluaran transportasi yang mungkin muncul saat berlibur. Lalu, mengapa akhir-akhir ini istilah staycation semakin populer dan digemari oleh masyarakat? Jawabannya adalah karena budget staycation terbilang cukup ramah di kantong. Selain itu, alasan mengapa satycation semakin populer dan digemari oleh masyarakat adalah karena staycation tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga, staycation dapat dilakukan kapanpun kamu mau, termasuk di akhir pekan. Meskipun konsep dari staycation adalah berlibur ke destinasi yang cukup dekat dari rumah, tetapi banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk membuat momen bersama keluarga lebih menyenangkan. Apa saja ide kegiatan seru saat staycation? Yuk, simak di bawah ini!


Ide Kegiatan Saat Staycation

Saat staycation, mungkin kamu dan keluarga akan merasa bosan. Pasalnya, destinasi yang dituju ialah destinasi yang telah kamu ketahui sebelumnya. Namun jangan khawatir, Villa Bango punya beberapa rekomendasi ide kegiatan saat staycation. Yang pertama, kamu bisa eksplorasi tempat-tempat di daerah staycationmu untuk kunjungi. Meskipun kamu sudah familiar dengan daerahnya, carilah beberapa spot yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kedua, kamu bisa memanfaatkan momen bersama keluarga dengan bermain permainan atau game keluarga. Banyak game keluarga yang dapat kamu lakukan dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (outdoor). Berikut Villa Bango beri rekomendasi 5 game keluarga yang dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin staycation bersama keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan.


Rekomendasi 5 Game Keluarga Saat Staycation


1. Bola Voli

Bola voli mungkin tidak terdengar asing lagi bagi kamu yang gemar berolahraga. Pasalnya, permainan ini juga termasuk cabang olahraga yang sering ada dalam perlombaan antar kota, provinsi, bahkan negara. Di Indonesia sendiri, cabang olahraga ini memiliki federasi yang akrab disebut PBVSI, yaitu singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Untuk memainkannya, kamu perlu membentuk dua kelompok dari anggota keluarga. Kemudian, tugas utama tiap kelompok adalah mencetak poin. Untuk mencetak poin, kelompok tersebut harus memukul bola secerdik mungkin untuk melewati net yang membatasi wilayah bertahan kelompok sendiri dan kelompok lawan. Setelah melewati net, bola tersebut harus jatuh tepat di daerah pertahanan lawan. Apabila berhasil, maka kelompok tersebut lah yang mendapatkan poin. Game akan selesai dengan kelompok terbanyak yang mencetak poin akan menjadi pemenang.


2. Bola Basket

Sama halnya seperti bola voli, bola basket juga merupakan salah satu olahraga yang terkenal di Indonesia. Tak hanya penggemarnya, namun pemain basket di Indonesia pun cukup banyak jumlahnya. Apabila bola voli memiliki federasi yang bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), maka federasi bola basket di Indonesia juga dikenal dengan nama Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi). Cara bermain bola basket pun tak jauh beda dengan cara bermain bola voli, yaitu ada dua kelompok atau regu dalam satu permainan. Tugas utama kedua regu tersebut ialah untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring lawan. Regu dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang dalam game yang bisa dimainkan bersama keluarga ini.


3. Layangan

Meski terdengar cukup jadul atau jaman dulu, bermain laying-layang atau lebih populer dengan istilah layangan masih tetap menjadi salah satu permainan yang menambah keseruan dalam setiap momen bersama keluarga. Pasalnya, dengan bermain layangan, anggota keluarga yang pada saat kecil gemar bermain layangan akan bernostalgia masa kecilnya. Hal ini membuat kesan hangat dengan keluarga akan semakin terasa dengan bermain game bersama keluarga. Cara bermainnya tidak sama seperti bola voli dan bola basket karena dalam game keluarga ini tidak memerlukan mencetak poin. Sehingga, game keluarga ini bisa dibilang bukan game yang kompetitif. Maka dari itu, cara bermain layangan hanyalah dengan menerbangkan laying-layang dan mengaturnya sebaik mungkin agar tidak jatuh atau lepas.


4. Board Games

Beralih dari game keluarga outdoor, sekarang Villa Bango kasih rekomendasi game keluarga yang dapat dimainkan di dalam ruangan atau indoor. Permainan yang dapat kamu mainkan di dalam ruangan kali ini adalah board games. Apa saja sih, yang termasuk dalam permainan board games? Permainan board games antara lain yaitu scrabble atau menyusun kata, ular tangga, monopoli, hingga catur. Semua permainan ini membutuhkan media permainan yang mudah didapatkan untuk kamu bawa ke tempat staycation bersama keluarga. Eits, jangan lupa ya setiap main board games, pastikan untuk selalu berkonsentrasi karena mayoritas game keluarga ini membutuhkan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi.


5. Petak Umpet

Setelah game keluarga outdoor dan indoor, Villa Bango kembali merekomendasi game keluarga yang cocok untuk kamu mainkan bersama keluarga saat staycation. Game keluarga kali ini dapat kamu mainkan di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor). Petak umpet adalah permainan yang membutuhkan ketelitian dalam bermain. Cara bermainnya yaitu satu pemain diharuskan jaga dan pemain lainnya diharuskan mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah menghitung beberapa saat, pemain yang jaga harus mencari pemain yang bersembunyi di seluruh area yang telah disepakati.



Itulah 5 rekomendasi game keluarga yang dapat kamu mainkan bersama keluarga saat staycation. Agar staycationmu bersama keluarga semakin berkesan, yuk staycation di Villa Bango! Villa keluarga di Puncak yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Kapasitasnya besar, fasilitas pun lengkap. Ingin tau lebih lanjut? Hubungi kami sekarang dengan klik link di sini.

bottom of page