top of page

8 Wisata Puncak Bogor Kekinian yang Wajib Kamu Kunjungi


sunset diwisata puncak tepatnya vila bango

Puncak Bogor adalah destinasi wisata yang sudah umum bagi warga Jabodetabek. Selain karena tempatnya yang berada di dataran tinggi dan udaranya yang sejuk, Puncak Bogor juga memiliki destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata keluarga, wisata alam, hingga wisata kuliner yang terus bervariasi setiap tahunnya. Kali ini, Villa Bango akan membahas 9 wisata Puncak Bogor yang wajib kamu kunjungi tahun ini. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!



1. Taman Safari Indonesia

gambar taman safari indonesia
Sumber: The Jakarta Post

Salah satu wisata Puncak Bogor yang sudah melegenda adalah Taman Safari Indonesia. Terletak di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Taman Safari Indonesia memberikan pengalaman kebun binatang yang berbeda dari biasanya. Pasalnya, Taman Safari Indonesia memiliki 2.500 koleksi satwa serta fasilitas rekreasi yang beragam. Harga tiket masuk Taman Safari Indonesia juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 250.000.


Jam operasional Taman Safari Indonesia ialah jam 08.30 sampai 17.00 WIB. Jika kamu mau berkunjung ke Taman Safari Indonesia, jangan lupa untuk datang 1 jam setelah buka dan 1 jam sebelum tutup agar kunjunganmu lebih maksimal karena atraksi dan wisata yang sudah siap.


2. Kebun Raya Cibodas

Kebun raya cibodas
Sumber: Tribunnewsbogor

Jika kamu menyukai wisata alam dengan berbagai jenis flora, maka Kebun Raya Cibodas sangat cocok untuk kamu kunjungi. Kebun Raya Cibodas memiliki jenis flora lokal maupun internasional yang dapat kamu nikmati setiap jam 08.00-16.00 pada hari Senin-Jumat, dan 07.00-16.00 pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.


Kebun Raya Cibodas berada di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas dengan harga tiket masuk Rp 5.000 hingga Rp 35.000.


Agar liburanmu di Kebun Raya Cibodas semakin memorable, jangan lupa untuk membawa snack serta peralatan piknik ya. Serta jangan lupa untuk siapkan pose andalanamu untuk mengabadikan kunjunganmu di Kebun Raya Cibodas.


3. Kebun Teh Puncak Pass

Bagi pecinta pemandangan kebun teh, Kebun Teh Puncak Pass merupakan destinasi wisata Puncak Bogor yang cocok untukmu karena pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata dengan harga tiket masuk yang ramah di kantong. Untuk masuk ke Kebun Teh Puncak Pass, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang.


Dengan harga tiket yang terbilang murah, kamu sudah bisa mendapatkan view kebun teh terbaik dan fasilitas rekreasi lainnya.


Kebun Teh Puncak Pass bisa kamu kunjungi setiap hari Senin-Jumat jam 07.00-20.00. Jangan lupa padu padan outfit terbaikmu agar foto-fotomu di Kebun Teh Puncak Pass akan semakin indah!


4. Taman Bunga Nusantara

Taman bunga nusantara
Sumber: Tiket.com

Destinasi Puncak Bogor selanjutnya ialah Taman Bunga Nusantara, wisata keluarga dengan sentuhan edukasi mengenai ratusan jenis bunga yang ditampilkan.


Berdiri di atas lahan seluas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara memiliki taman air, taman mediterania, taman palem, taman gaya jepang, taman mawar, taman perancis, taman rahasia atau labirin, taman bali, dan lainnya untuk kamu nikmati dengan harga tiket masuk yang berkisar antara Rp 44.000 - Rp 53.000.


Kamu bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara setiap hari Senin sampai Jumat jam 09.00-17.00 WIB, serta hari Sabtu, Minggu, dan hari libur jam 06.00-17.00.


5. Istana Cipanas Bogor

istana kepresidenan cipanas
Sumber: indonesia.go.id

Destinasi wisata satu ini cocok untuk kamu yang menyukai wisata yang kental dengan sejarah. Awalnya, istana ini difungsikan sebagai tempat singgah bagi presiden dan tamu penting. Namun seiring berjalannya waktu, Istana Cipanas dapat dikunjungi oleh masyarakat dengan penambahan beberapa fasilitas seperti air mancur, kolam renang air panas dan dingin, juga kolam pancing.


Untuk berkunjung ke Istana Cipanas Bogor, kamu perlu mengetahui hari dan jam operasional yang berlaku. Pasalnya, ada 2 hari dalam seminggu di mana Istana Cipanas Bogor akan tutup untuk pengunjung.


Hari tersebut ialah hari Senin dan Jumat. Sedangkan hari Selasa, Rabu, dan Kamis, Istana Cipanas Bogor dapat kamu kunjungi pada jam 08.00-15.00. Pada hari libur, Sabtu, dan Minggu, Istana Cipanas Bogor beroperasi dari jam 09.00-13.00 WIB.



6. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata matahari
Sumber: Inews ID

Bukan hanya rekreasi dan wisata, tapi kamu juga bisa mendapatkan sentuhan edukasi di Taman Wisata Matahari yang dikawinkan dengan pemandangan alam khas Puncak Bogor. Rekreasi yang dapat kamu nikmati di sini antara lain adalah waterboom, piknik di antara pepohonan rindang, ATV, flying fox, dan masih banyak lagi.


Agar tidak salah jadwal, jangan lupa untuk perhatikan jam operasional Taman Wisata Matahari ya! Kamu bisa berkunjung ke Taman Wisata Matahari setiap hari Senin-Minggu jam 08.00-16.00 WIB. Jika beruntung, kamu juga akan mendapatkan es krim gratis setiap pembelian tiket.


7. Gunung Gede Pangrango

Gunung gede pangrango

Bagi kamu yang menyukai tantangan dan eksplorasi wisata alam, sangat cocok untuk berkunjung ke Gunung Gede Pangrango yang terletak di daerah Cibodas. Liburanmu akan semakin seru jika dilengkapi dengan short-track ke Gunung Gede Pangrango bersama teman atau keluarga.


Tips untuk kamu yang berencana ke Gunung Gede Pangrango, jangan lupa untuk siapkan fisik dan perbekalan yang cukup agar wisatamu semakin nyaman dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Serta jangan lupa untuk mencari tahu budaya sekitar agar tetap menghargai kebiasaan masyarakat di sana.


8. Air Terjun Pelangi

air terjun pelangi
Sumber: Wisatahits.blog

Selain Gunung Gede Pangrango, Air Terjun Pelangi juga wajib kamu kunjungi jika kamu menyukai eksplorasi alam. Pasalnya, pemandangan yang ada di Air Terjun Pelangi akan memanjakanmu dengan beberapa pelangi yang muncul dari bias cahaya dan air dari air terjun tersebut. Air Terjun Pelangi beroperasi setiap hari Senin-Minggu jam 08.00-16.30 dengan harga tiket masuk yang juga terjangkau, mulai dari Rp 5.000 per orang.

Itu dia 8 wisata puncak bogor kekinian yang wajib kamu kunjungi tahun ini. Jangan lupa untuk memilih penginapan yang nyaman untuk tempat istirahatmu setelah berwisata di sekitar Puncak Bogor. Villa Bango bisa menjadi jawabanmu untuk singgah dan beristirahat bersama keluarga atau teman terdekat. Tertarik? Klik di sini.


bottom of page