top of page

Kebun Raya Bogor: Destinasi Wisata Terbaik Bogor yang Wajib Dikunjungi


bagian dari kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah destinasi wisata Kota Bogor yang terbilang cukup populer di kalangan wisatawan. Bagaimana tidak, selain tempatnya yang Instagrammable, Kebun Raya Bogor juga memberikan banyak pengetahuan mengenai fauna yang dipamerkan. Namun, daya tarik Kebun Raya Bogor tak hanya sampai situ saja. Masih banyak daya tarik Kebun Raya Bogor lainnya yang akan dibahas oleh Villa Bango di bawah ini.



Kebun Raya Bogor: Sejarah dan Fakta Menariknya

Berdiri dari zaman Hindia-Belanda, Kebun Raya Bogor awalnya menjadi kebun percobaan untuk memamerkan tanaman perkebunan. Namun seiring berjalannya waktu, Kebun Raya Bogor berubah menjadi tempat penelitian untuk para ilmuwan khususnya di bidang perkebunan. Lebih luas lagi, Kebun Raya Bogor kini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang kaya akan ilmu pengetahuan.


Menariknya, Kebun Raya Bogor tak hanya menjadi tempat penelitian para ilmuwan dalam bidang perkebunan dan destinasi wisata, namun Kebun Raya Bogor juga melahirkan beberapa institusi ilmu pengetahuan. Kebun Raya Bogor juga menawarkan kelas edukasi bagi pengunjung yang tertarik untuk belajar mengenai tanaman hingga perkebunan.



Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika mengunjungi destinasi wisata yang bersejarah serta kaya akan ilmu pengetahuan. Di antaranya, kamu bisa menikmati Tour De Kebun Raya, Study Tour, serta Kelas Edukasi. Bagi kamu yang berminat, simak penjelasannya di bawah ini, ya!


1. Tour De Kebun Raya

Berjalan-jalan di area Kebun Raya Bogor memang asyik, tapi kamu bisa memaksimalkan pengalaman wisatamu di Kebun Raya Bogor dengan Tour De Kebun Raya, kegiatan mengelilingi Kebun Raya Bogor yang dipandu oleh tour guide agar kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai Kebun Raya Bogor dan koleksi tumbuhan di dalamnya.


Ada tiga pilihan rute Tour De Kebun Raya yang bisa kamu pilih. Masing-masing rute dapat mencakup 10 wisatawan yang akan dipandu oleh tour guide yang interaktif dan ramah. Rute yang bisa kamu pilih antara lain Historical Site, Interesting Collection, dan Eco Tree. Untuk mengikuti Tour De Kebun Raya, kamu diharuskan membayar tiket sebesar Rp 35.000 per orang yang belum termasuk tiket masuk dengan jadwal tour setiap hari pukul 09.00 hingga 15.00.


2. Study Tour

Selain Tour de Kebun Raya yang menawarkan pengalaman wisata Kebun Raya Bogor bersama tour guide, Kebun Raya Bogor juga menawarkan fasilitas Study Tour yang ditargetkan kepada rombongan yang lebih besar. Mulai dari rombongan SD, SMP, hingga SMA bisa menikmati fasilitas Study Tour yang ditawarkan oleh Kebun Raya Bogor ini.


Study Tour Kebun Raya bogor juga memberikan beberapa fasilitas yang sudah termasuk dalam harga Study Tour tersebut, yaitu tour guide, modul, dan air mineral bagi paket Study Tour yang kurang dari 50 peserta dengan harga Rp 40.000 per orang dan paket lebih dari 50 peserta Rp 35.000. Namun, ada juga paket Study Tour + Praktik Menanam Benih by Olive Store yang memberikan fasilitas tour guide, planting kit, kegiatan praktik menanam benih, dan air mineral dengan harga Rp 55.000 per orangnya.


3. Kelas Edukasi

Ada beberapa Kelas Edukasi yang ditawarkan oleh Kebun Raya Bogor yaitu Kelas Edukasi Araceae + Kelas Dasar Berkebun yang dibuka untuk umum, Kelas Edukasi Kokedama yang dibuka untuk umum, Kelas Edukasi Terrarium yang dibuka untuk umum, Kelas Edukasi Anggrek yang juga dibuka untuk umum. Namun, ada juga Kelas Edukasi yang dibuka untuk Pelajar atau Sekolah yaitu Kelas Edukasi Propagasi Tumbuhan dan Kelas Edukasi Kompos.


Harga kelas yang dibuka untuk umum berkisar dari Rp 250.000 hingga Rp 400.000, sedangkan harga kelas yang dibuka untuk Pelajar atau Sekolah berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 120.000. Semua fasilitas Kelas Edukasi sudah termasuk ke dalam harga yang ditawarkan oleh Kebun Raya Bogor.



Lokasi Terbaik Menikmati Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki banyak taman yang bisa kamu kunjungi dengan berbagai jenis tanaman yang indah. Berikut daftar koleksi taman di Kebun Raya Bogor sebagai referensi lokasi terbaik untuk menikmati Kebun Raya Bogor

  • Taman Meksiko

  • Taman Kopi

  • Taman Akuatik

  • Taman Durian

  • Griya Anggrek

  • Ecodome

  • Taman Astrid

  • Taman Anggrek Hitam

  • Taman Bambu

  • Museum Zoologi

  • Dan masih banyak lagi


Jam Operasional Kebun Raya Bogor

Untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor, jangan lupa perhatikan jam operasional Kebun Raya Bogor di bawah ini:

Senin - Jumat 08.00 - 16.00

Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional 07.00 - 16.00


Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Untuk memasuki Kebun Raya Bogor, direkomendasikan melalui Pintu 1 dan Pintu 3. Sedangkan harga tiket masuk Kebun Raya Bogor bervariasi dari Rp 15.000 hingga Rp 25.500 dengan detail sebagai berikut:


Senin - Jumat

Wisatawan Domestik : Rp. 15.500

Wisatawan Asing : Rp. 15.500


Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional

Domestik : Rp 25.500

Wisatawan Asing : Rp 25.500


Tiket Parkir

Mobil : Rp. 50.000

Motor : Rp. 5.000



Itu dia beberapa penjelasan mengenai Kebun Raya Bogor untuk kamu yang berminat mengunjungi salah satu kebun raya yang bersejarah di Indonesia.

Dengan rekomendasi tersebut, rencana liburanmu ke Kota Hujan, Bogor, akan lebih mengasyikkan. Jangan lupa untuk booking Villa Bango untuk tempat istirahat ternyamanmu di Bogor dengan klik di sini.


bottom of page