top of page

Puncak Bogor: Surga Kuliner dengan Makanan Khas yang Menggugah Selera



Puncak adalah surga tersembunyi yang terletak di dataran tinggi Jawa Barat. Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, Puncak juga terkenal dengan kelezatan kuliner yang khas dan menggugah selera.


Makanan khas Puncak tidak hanya memanjakan lidah dan memuaskan perut, namun juga menjadi sebuah media bagi setiap yang mencicipinya untuk eksplorasi perjalanan rasa yang tak terlupakan. Untuk itu, inilah beberapa rekomendasi hidangan lezat yang terkenal dan menjadi kebanggaan dari daerah Puncak.



1. Nasi Liwet Kebon Raya

Rekomendasi pertama adalah Nasi Liwet Kebon Raya, yaitu salah satu hidangan khas Puncak yang wajib kamu coba.


Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Indonesia, yang kemudian disajikan bersama lauk-pauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, serta dilengkapi oleh sambal terasi yang pedas dan menggugah selera. Kenikmatan nasi liwet bukan hanya berasal dari bumbu rempah-rempahnya, namun juga suasana alam Puncak yang menambah pengalaman wisata kulinermu bersama keluarga dan orang terdekat.



2. Mie Kocok Puncak

Selain nasi liwet, Puncak juga terkenal akan varian mie kocok yang khas dan lezat. Ciri khas dan highlight utama dari mie kocok Puncak adalah kuah kaldunya yang kental dan gurih.


Mie yang disajikan juga memiliki tekstur kenyal sehingga membuat rasa mie kocok Puncak semakin tidak terlupakan. Mie kocok Puncak juga disajikan dengan daging sapi serta sayuran segar yang dijamin akan memanjakan lidahmu terutama di udara sejuk khas dataran tinggi Puncak.



3. Pisang Molen

Selain rekomendasi menu utama yang populer di daerah Puncak, Villa Bango juga memiliki camilan manis yang cukup populer dan banyak ditemukan di daerahnya yaitu pisang molen.


Pisang molen adalah pisang yang dibalut dengan kulit lumpia tipis kemudian digoreng hingga golden brown dan crispy. Hasilnya adalah kulit yang renyah di luar dengan pisang yang lembut di dalam. Camilan manis dari Puncak ini kerap kali menjadi teman setia ketika bersantai dan menikmati pemandangan Puncak yang menakjubkan.


4. Sate Kelapa

Rekomendasi lainnya untuk masakan khas Puncak ialah sate kelapa yang menjadi sajian unik dan menggoda. Yang membuat sate kelapa berbeda dari sate di berbagai daerah lainnya ialah daging yang ditusuk dan dipanggang dengan balutan kelapa parut memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari sate lainnya.


Sate kelapa Puncak menjadi pilihan yang tak terlupakan bagi pecinta kuliner karena bumbu rempah-rempahnya yang meresap dikombinasikan dengan kelapa yang gurih.


5. Kue Pukis di Pasar Cisarua

Bagi wisatawan Puncak, Pasar Cisarua mungkin bukan hanya terkenal dengan keragaman produk lokalnya. Namun juga destinasi wisata kuliner dan jajanan. Salah satu jajanan yang sering ditemukan di Pasar Cisarua adalah kue pukis khas Puncak.


Kue tradisional ini dibuat dari adonan yang berbahan dasar tepung beras serta kelapa parut yang dipanggang. Rasa yang dihasilkan oleh kue pukis adalah manis serta lembut di setiap gigitannya, membuatnya selalu laris di pasar tradisional Puncak.


6. Jagung Bakar Pasar Cisarua

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Puncak, Pasar Cisarua adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi untuk mencicipi jagung bakarnya. Bukan tanpa sebab, jagung bakar yang dijual di Pasar Cisarua dijamin berbeda dari tempat lainnya karena pengalaman makan jagung bakar dengan suasana Cisarua akan menambah kesan hangat dan menyenangkan bagi wisatawan.


Jagung yang disediakan dipanggang dengan api dari arang sehingga menambah aroma khas yang tak terlupakan. Setelah dipanggang, jagung dapat ditambahkan dengan bumbu keju, saus pedas, mentega, atau bumbu BBQ sesuai dengan seleramu.


Camilan ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati hangatnya momen bersama keluarga dan orang terdekat sembari menikmati udara sejuk khas Puncak.


7. Kopi Puncak: The Lake House


Kopi Puncak tidak hanya sekadar minuman, tetapi juga pengalaman cita rasa yang menghanyutkan. Seperti kopi yang disajikan di The Lake House Puncak, tak hanya cita rasanya yang menggugah selera, namun juga tempat yang nyaman untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga atau orang terdekat. Range harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per menu. Untuk mengunjungi The Lake House, catat alamatnya di bawah ini:


Jl. Taman Safari No.101. C, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750


Baca juga: Cara Mencapai Puncak Bogor dari Jakarta dengan Kendaraan Umum


Itulah daftar hidangan khas Puncak yang beragam untuk referensimu ketika mengunjungi dataran tinggi di bilangan Bogor itu. Tak hanya nikmatnya kuliner lokal yang autentik dan menggugah selera, Puncak juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa dan dapat kamu nikmati dari Villa Bango. Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi kami dengan klik di sini.

KUNJUNGI VILLA BANGO

Jl. Jogjogan No.121, Cilember, Kec. Cisarua

Bogor - Jawa Barat 16750

 

WA Admin  : +62 812 8788 8239

Follow Villa Bango

  • Facebook
  • Instagram
bottom of page